Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

10 Contoh Soal UKG Kemenag 2020 : Download & PDF

UK KEMENAG

Contoh soal UKG Kemenag akan Kursiguru bagikan di artikel ini. Soal UKG diperuntukkan bagi guru-guru yang dinaungi oleh Kementerian Agama. Contoh soal bisa dijadikan sebagai bahan latihan. Sebelum itu, Kursiguru akan lebih dulu membahas mengenai soal UKG Kemenag. Agar kita tahu apa dan untuk apa soal UKG tersebut.

Setelah menaungi satuan pendidikan Islam di seluruh penjuru di Indonesia, Kemenag memiliki tanggung jawab untuk mengusahakan mencerdaskan kehidupan anak bangsa sesuai dengan dasar hukum yaitu Undang-undang Dasar Republik Indonesia.

Demi mencerdaskan bangsa, maka yang harus disiapkan terlebih dulu adalah kualitas gurunya. Dalam hal ini, Kemenag bertanggung jawab atas itu semua. Naka dari itu, Kemenag mencoba untuk menguji guru supaya dapat mengetahui kompetensi guru yang dimiliki. Pengujian ini dinamakan dengan Uji Kompetensi Guru atau disingkat UKG. UKG ini dirasa dapat membangun mutu kompetensi guru baik dari profesionalis maupun kemampuan pedagogik.

UKG merupakan singkatan dari Uji Kompetensi Guru yang artinya sebuah kegiatan untuk menguji kompetensi dasar bidang studi dan pedagogik dari seorang guru. Guru yang mengikuti uji ini merupakan guru yang sudah bersertifikasi pendidik. Materi pedagogik yang diujikan adalah proses pembelajaran bidang studi di dalam kelas.

UKG Kemenag sendiri merupakan uji kompetensi guru yang diujikan bagi guru-guru yang dinaungi oleh Kemenag. Kemampuan yang diujikan sama saja dengan UKG  lainnya, hanya saja isi materinya berbeda. Peserta yang mengikuti UKG Kemenag pun sama harus guru yang sudah bersertifikasi pendidik.

Pelaksanaan UKG Kemenag pun sudah memiliki dasar hukum sebagai acuan. Sekitar ada 9 acuan yang didasarkan sebagai pelaksanaan uji kompetensi. Salah satu acuan yang sangat kuat adalah peraturan Menterti Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 mengenai standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Dengan acuan tersebut, maka jelas seorang guru harus memiliki standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru.

Guru merupakan seorang pendidik yang profesional dari tugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didiknya. Guru dituntut agar bisa mengkondisikan situasi di dalam kelas supaya proses pembelajaran. Dari tuntutan itu, maka dilakukan uji kompotensi guru. Uji yang dilakukan supaya guru bisa melaksanakan proses pembelajaran di kelas dengan baik.

Dalam hal ini, alasan Kemenag melaksanakan UKG adalah dalam rangkan untuk mengembangkan keprofesian bagi guru. UKG dirasa penting untuk dilakukan sebagai bahan pemetaan kompetensi agar bisa menggambarkan kualitas seorang guru. Selain itu, UKG memiliki tujuan untuk memperkuat kompetensi guru.

Contoh Soal UKG Kemenag

Nah sudah paham ya mengenai apa dan untuk apa itu UKG. Sesuai dengan judul artikel ini, Kursiguru akan membagikan contoh soal UKG Kemenag. Contoh soal ini diperuntukkan bagi guru yang berada dinaungan Kementerian Agama. Contoh soal di bawah ini bisa kamu unduh atau download secara mudah dan tentunya gratis. Berikut contoh soal UKG Kemenang.

Daftar Soal UKG Kemenag

Download Soal Kepribadian

Download Soal Pedagogik 1

Download Soal Pedagogik 2

Download Soal Pengembangan Guru

Download Soal Media Pembelajaran Guru

Download Soal Undang-undang

Di atas adalah beberapa mengenai contoh soal UKG Kemenag yang bisa Kursiguru berikan. Semua contoh soal berasal dari berbagai sumber yang telah dirangkum. Bentuk file di atas berupa PDF. Kami sertakan juga kunci jawaban di dalam soal tersebut yang bisa kamu pelajari. Mungkin ada beberapa kekurangan di semua contoh soal di atas, kamu bisa memilahnya dengan teliti supaya bisa mempelajarinya dengan mudah.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.