Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 22 Contoh Soal UKG Kemenag [2021] : MI, MTs & MA Download PDF

UK KEMENAG

Contoh soal UKG Kemenag diperuntukkan bagi guru yang dinaungi oleh Kementerian Agama atau biasa disingkat sebagai Kemenag. Kebijakan baru pemerintah mengenai diadakannya UKG adalah ingin mengetahui kemampuan guru, khususnya di jenjang pendidikan berbasis agama Islam (MI, MTs, MA).

Karena menaungi satuan pendidikan Islam di seluruh penjuru di Indonesia, Kemenag bertanggung jawab untuk mengusahakan mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Hal itu sesuai dengan dasar hukum NKRI yaitu Undang-undang Dasar Republik Indonesia.

Berdasarkan tujuan itu, Kemenag berusaha meningkatkan kualitas pendidikan di MI, MTs, serta MA. Langkah pertama Kemenag adalah menguji sejauh apa kompetensi guru madrasah saat ini. Hasilnya akan digunakan untuk membangun mutu kompetensi guru, baik dalam segi profesionalis (akademik) maupun kemampuan pedagogik.

Nama dari ujian kompetensi bagi tenaga pendidik madrasah tersebut dinamakan sebagai Ujian Kompetensi Guru (UKG). Pada artikel ini, kursiguru akan membahas mengenai UKG Kemenag beserta contoh soal di dalam ujian tersebut.

Informasi Seputar UKG Kemenag

UKG bisa diartikan sebagai sebuah kegiatan untuk menguji kompetensi bidang studi dan pedagogik dari seorang tenaga pengajar di madrasah. Agar tepat sasaran, tenaga pengajar yang mengikuti UKG ini merupakan guru bersertifikasi pendidik.

Kemampuan yang diujikan di UKG sama saja dengan uji kompetensi serupa lainnya, hanya saja isi materinya berbeda. Dimana materi soal UKG berisi pengetahuan literasi, numerasi, sains serta terkait proses pembelajaran di dalam kelas.

Pelaksanaan UKG Kemenag

Pelaksanaan UKG Kemenag sudah memiliki dasar hukum sebagai acuan. Paling tidak ada 9 acuan yang didasarkan sebagai pelaksanaan UKG, termasuk salah satunya adalah peraturan Menterti Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007, mengenai standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru.

Alasan utama Kemenag melaksanakan UKG adalah mengembangkan kompetensi keprofesian, kepribadian, aspek sosial, dan pedagogik seorang guru. UKG dirasa penting untuk dilakukan sebagai bahan pemetaan kompetensi agar bisa menggambarkan kondisi kualitas guru madrasah.

Pelaksanaan UKG sendiri ada 2 (dua) jenis, yaitu:

  • UKG berskala kabupaten (diadakan setiap tahun).
  • UKG berskala nasional (diadakan empat tahun sekali).

Meskipun dibagi menjadi dua jenis, namun standar soal kedua UKG tersebut tidak dibedakan.

Jenis Soal UKG Kemenag

Sesudah mengetahui informasi dasar di atas, kamu juga perlu tahu info terkait jenis soal yang akan diujikan. Pada tes UKG, jenis soalnya terbagi menjadi 4 (empat) yaitu soal pedagogik, literasi, numerasi, dan sains. Masing-masing jenis soal UKG memiliki karakteristik tersendiri.

Soal UKG Pedagogik

Soal pedagogik dalam asesmen atau ujian kompetensi guru akan mengetes keterampilan pengajar terkait proses belajar mengajar di kelas. Inti soalnya akan mencerminkan bagaimana sikapmu ketika berinteraski kepada peserta didik di sebuah kelas. Jika ternyata skor mu jelek, artinya kamu belum mampu melakukan interaksi guru-murid dengan benar.

Soal UKG Literasi

Meskipun kata literasi dapat diartikan kemampuan membaca, soal UKG jenis ini tak hanya menguji keterampilan membaca seorang guru madrasah, namun juga terkait penalaran berpikir berdasarkan ilmu bahasa. Sederhananya kamu harus mampu memahami serta memberikan analisis dari sebuah bacaan.

Soal UKG Numerasi

Jika sebuah hal sudah ada kata numerasinya pastinya akan membahas informasi terkait angka. Dimana dalam hal ini, soal UKG numerasi tentu saja berkaitan erat dengan angka. Ketika soal literasi menguji penalaran berbahasa, maka soal numerasi justru menguji keterampilan guru madrasah dalam penalaran berbasis angka. Singkatnya kamu akan menemui soal-soal perhitungan matematis di jenis UKG numerasi.

Soal UKG Sains

Segala hal terkait sains pastinya berhubungan dengan informasi yang ada di alam serta bersifat alamiah. Untuk jenis soal UKG sains, kemampuanmu dalam memahami materi perihal saintifik akan diuji. Umumnya soal sains juga membahas perkembangan teknologi terbaru.

Download Soal UKG Kemenag

Setelah tahu jenis soal UKG Kemenag, sekarang tugasmu adalah mempersiapkan diri agar hasil ujiannya maksimal. Untuk membantu proses persiapanmu, Kursiguru akan membagikan contoh soal UKG Kemenag. Contoh soal di bawah ini bisa kamu unduh atau download secara mudah dan tentunya gratis. Berikut contoh soal UKG Kemenang.

Daftar Soal UKG Kemenag

Download Contoh Soal Kepribadian Kemenag

Download Contoh Soal Pedagogik 1 Kemenag

Download Contoh Soal Pedagogik 2 Kemenag

Download Contoh Soal Pengembangan Guru Kemenag

Download Contoh Soal Media Pembelajaran Guru Kemenag

Download Contoh Soal Undang-undang Kemenag

Daftar Contoh Soal UKG Kemenag MI

Download Contoh Soal UKG Pedagogik MI

Download Contoh Soal UKG Literasi MI

Download Contoh Soal UKG Numerasi MI

Download Contoh Soal UKG Sains MI

Daftar Contoh Soal UKG Kemenag MTs

Download Contoh Soal UKG Pedagogik MTs

Download Contoh Soal UKG Numerasi MTs

Download Contoh Soal UKG Literasi-Bahasa Indonesia MTs

Download Contoh Soal UKG Literasi-Bahasa Inggris Mts

Daftar Contoh Soal UKG Kemenang MA

Download Contoh Soal UKG Pedagogik MA

Download Contoh Soal UKG Literasi Bahasa Indonesia MA

Download Contoh Soal UKG Literasi Bahasa Inggirs MA

Download Contoh Soal UKG Numerasi Ekonomi MA

Download Contoh Soal UKG Numerasi Matematika MA

Download Contoh Soal UKG Sains Biologi MA

Download Contoh Soal UKG Sains Fisika MA

Download Contoh Soal UKG Sains Kimia MA

Di atas adalah beberapa mengenai contoh soal UKG Kemenag yang bisa Kursiguru berikan. Semua contoh soal berasal dari berbagai sumber yang telah dirangkum. Bentuk file di atas berupa PDF. Kami sertakan juga kunci jawaban di dalam contoh soal tersebut.

Guru harus bisa mengkondisikan situasi di dalam kelas supaya proses pembelajaran. Oleh karena itu, anggaplah soal di atas sebagai media pendalaman karaktermu sebagai seorang guru madrasah.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *