Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

60 Contoh Soal Tes Bawaslu Kecamatan, Kabupaten, dan Provinsi

Contoh Soal Tes Bawaslu

Contoh Soal Tes Bawaslu – Dua tahun lagi, masyarakat Indonesia akan merayakan pesta rakyat demokrasi. Salah satunya memilih Presiden Indonesia berikutnya. Sebagai persiapan, maka pemerintah membuka tes Bawaslu untuk mengawasi pemilu yang nantinya akan dilaksanakan di tahun 2024.

Tentunya adanya tes tersebut, para anak muda menginginkan sekali untuk bisa menjadi bagian dari Bawaslu. Sebagai persiapan tes, Kursiguru akan mengajak kalian semua untuk membahas contoh soal tes Bawaslu.

Perlu dipahami bahwa pelaksanaan tes Bawaslu ini akan dilaksanakan di tingkat kecamatan, kabupaten, dan daerah. Waktu pelaksanaannya pun berbeda. Namun, untuk materinya sama.

Agar teman-teman bisa mendapatkan hasil dalam tes Bawaslu tersebut, maka di artikel ini, Kursiguru akan memberikan kumpulan contoh soal tes Bawaslu. Jadi, ayo kita sama-sama membahas bentuk soal dan gambaran materi dari pembahasan artikel berikut.

Apa Itu Bawaslu

Bawaslu atau kepanjangan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum merupakan sebuah lembaga pelaksana pemilu. Adapun tugas dari Bawaslu sendiri adalah mengawasi pelaksanaan pemilu di seluruh wilayah Indonesia. Badan Pengawas Pemilihan Umum ditetapkan dalam Undang-Undang Bab IV nomor 15 tahun 2011 mengenai pelaksanaan pemilihan umum.

Setiap tim Bawaslu terdapat 5 orang. Dari kelima orang tersebut adalah orang-orang profesional dengan pilihan terbaik. Selain itu juga harus memiliki kemampuan mengawasi dengan baik.

Syarat Mengikuti Tes Bawaslu

Adapun sebelum pelaksanaan tes terdapat persyaratan yang harus diikuti oleh para peserta tes. Secara umum, terdapat lima belas persyaratan untuk bisa menjadi anggota Bawaslu. Apabila kamu berminat, simak syarat-syarat berikut.

  • Warga Negara Indonesia dibuktikan dengan melampirikan KTP;
  • Usia paling renda 35 tahun pada saat mendaftar;
  • Menjunjung Pancasila, UUD RI 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945;
  • Memiliki integritas, jujur, pribadi kuat, dan adil;
  • Memiliki kemampuan dalam pelaksanaan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan pemilu;
  • Pendidikan terakhir S1;
  • Domisili di wilayah bersangkutan, dibuktikan dengan KTP;
  • Sehat jasmani, rohani, serta terbebas dari Narkoba;
  • Telah mengundurkan diri dari anggota partai, sekurang-kurang lima tahun sebelum pelaksanaan pendaftaran;
  • Telah mengundurkan diri dari politik/BUMN/BUMD;
  • Bersedia mengundurkan diri dari organisasi masyarakat berbadan hukum, apabila lolos tes, dibuktikan dengan surat pernyataan;
  • Tidak dipidana kurangan lima tahun atau lebih;
  • Bersedia bekerja secara penuh waktu;
  • Tidak memiliki ikatan perkawinan sesama Bawaslu;
  • Bagi pegawai negeri sipil harus menyertakan surat izin dari PPK.
Baca  30 Contoh Soal ANBK Kelas 5 Numerasi 2022 Terbaru

Gambaran Materi Soal Tes Bawaslu

Setelah mengetahui dan memahami pengertian Bawaslu dan persyaratan tes Bawaslu, selanjutnya kamu harus tahu dan paham materi yang terdapat dalam soal tes Bawaslu. Berikut gambaran materi soal diambil dari pedoman kerja tim penerimaan calon anggota Badan Pengawas Pemilu.

Pengetahuan Dasar-Dasar Negara

Setiap peserta harus memiliki kemampuan pengetahuan dari setiap dasar negara. Baik itu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UDD 45, dan NKRI. Perlu pengetahun yang memadai untuk mengerjakan soal-soal dengan materi tersebut.

Pengetahuan Tentang Pemilu dan Pengawasan

Selain itu, sebelum menjadi anggota dari Badan Pengawas Pemilu harus paham tentang jalannya pemilu dan pengawasan pelaksanaan pemilu. Kamu bisa belajar materi ini dari laman Bawaslu.

Tes Psikologi

Terakhir, menjadi anggota Bawaslu harus memiliki psikologi baik. Materi tes psikologi mulai dari intelegensi, sikap kerja, kepribadian, kepemimpian, serta psikometri. Adapun dari tes psikologi ini tidak hanya tertulis, namun juga wawancara.

Kumpulan Contoh Soal Tes Bawaslu

Dari pembahasan di atas, setidaknya kita sedikit paham dengan proses dan pelaksanaan tes Badan Pengawas Pemilu. Agar lebih paham, Kursiguru telah menyediakan kumpulan contoh soal tes Bawaslu. Kumpulan contoh soal ini merupakan tes tertulis.

Contoh Soal Bawaslu 1

Pancasila memiliki kedudukan sebagai dasar negara Indonesia, hal tersebut tercantum dalam…
a. TAP MPR
b. Isi UUD 45
c. Pembukan UUD 45 alinea ketiga
d. Pembukaan UUD 45 alinea keempat
e. Pembukaan UUD 45 alinea kedua
Jawaban : D

Contoh Soal Bawaslu 2

Seluruh aturan dalam negara Indonesia semuanya bersumber dari Pancasila, karena Pancasila adalah….
a. Dasar negara
b. Cita-cita negara
c. Falsafah negara
d. Ideologi negara
e. Instrumen negara
Jawaban : C

Baca  80 Contoh Soal SKB Administrasi Akademik Umum PDF

Contoh Soal Bawaslu 3

Berikut makna prinsip dalam penyelanggaran pemilu adalah…
a. Langsung
b. Rahasia
c. Umum
d. Bebas
e. Jurdil
Jawaban : D

Download Contoh Soal Tes Bawaslu

Di atas hanyalah beberapa contoh soal yang ditampilkan oleh Kursiguru. Contoh soal lainnya telah Kursiguru sediakan dalam bentuk PDF. Kamu bisa mendownload file PDF ini dengan sangat mudah. Berikut link download contoh soal Bawaslu dalam bentuk PDF.

Download Contoh Soal Tes Bawaslu

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai contoh soal tes Bawaslu yang bisa Kursiguru berikan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan referensi belajar, sebelum nantinya pelaksanaan hari H tes Bawaslu dan kamu bisa diterima menjadi Badan Pengawas Pemilu baik di kecamatan maupun daerah.

Sumber Gambar : Bawaslu.go.id

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *