Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

8 Contoh Soal Nusantara Sehat 2021 : Jenis & Jawaban

Contoh Soal Nusantara Sehat

Contoh Soal Nusantara Sehat – merupakan uraian tentang pertanyaan dalam rangkaian tes seleksi Nusantara Sehat. Dimana Nusantara Sehat sendiri merupakan program pemerintah dalam rangka meningkatkan tenaga kerja kesehatan di DTPK serta DBK.

Program Nusantara Sehat dapat dikatakan sebagai salah satu langkah untuk menjaring tenaga kesehatan kompeten serta mau mengabdi di area tertinggal (pelosok) Indonesia. Nantinya peserta atau tenaga kesehatan (Nakes) yang lolos seleksi Nusantara Sehat akan mendapatkan poin khusus jika melakukan pendaftaran CPNS.

Karena nantinya alumni Nusantara Sehat mendapatkan prioritas dalam tes CPNS, maka persyaratan seleksinya juga tidak jauh berbeda dari tes penerimaan CPNS. Rangkaian proses seleksi Nusantara Sehat akan terdiri dari seleksi administrasi, psikotes, FGD, hingga wawancara.

Pada kesempatan kali ini, Kursiguru akan sedikit menggambarkan bentuk contoh soal Nusantara Sehat yakni pada bagian psikotes. Karena untuk FGD serta wawancara Nusantara Sehat, kamu tidak perlu terpaku pada contoh persoalan melainkan lebih kepada persiapan mental saja.

Tahapan Nusantara Sehat

Seperti telah dijelaskan di atas bahwa rangkaian ujian Nusantara sehat terdiri dari 5 (lima) langkah seleksi. Dimana kelimanya terbagi lagi menjadi 2 (dua) tahapan, yakni:

Nusantara Sehat Tahap 1

Ujian Nusantara Sehat tahap pertama mengukur kemampuan serta kecakapan peserta sesuai dengan bidangnya masing-masing. Pada tahap ini kamu hanya perlu mengirimkan berkas administrasi sesuai syarat dari pihak Kemenkes. Jika lolos dari kedua proses seleksi di atas, selanjutnya kamu wajib mengikuti rangkaian ujian tahap 2.

Nusantara Sehat Tahap 2

Sementara untuk ujian Nusantara Sehat tahap kedua dibagi menjadi 3 (tiga) proses yaitu psikotes, wawancara serta Focus Group Discussion (FGD). Dengan kata lain hanya psikotes saja yang memiliki proses tes tertulis. Jadi bila berhasil lolos tahap pertama, kamu perlu mempelajari contoh soal terkait psikologi.

Jenis Soal Nusantara Sehat

Berdasarkan pembahasan di atas, bisa diketahui bahwa soal Nusantara Sehat menguji karakter pribadi seseorang dari sudut pandang potensi akademik serta psikologi. Artinya jenis soal psikotes Nusantara Sehat akan terdiri atas soal pilihan ganda serta soal essay.

  • Kemampuan Verbal : sinonim, antonim, analogi.
  • Kemampuan Numerik : deret aritmetika dan geometri.
  • Test Pauli : menuliskan angka belakang hasil penjumlahan bilangan cacah.
  • Test Wartegg : menggambar berdasarkan pola garis ataupun titik.
  • Baum Test : menggambar pohon.
  • Draw A Person : menggambar seorang individu.
  • Tes Deret Gambar : menganalisa urutan gambar tertentu.
  • Edwards Personal Preference Schedule (EPPS) : memilih 1 (satu) dari 2 (dua) pilihan pernyataan.

Contoh Soal Nusantara Sehat

Berikut adalah beberapa contoh soal Nusantara Sehat yang berhasil penulis rangkum dari berbagai sumber.

Contoh Soal (1)

Ring : Petinju = …
a. Kapal : Masinis
b. Keamanan : Polisi
c. Musik : Konduktor
d. Bengkel : Montir
e. Perpustakaan : Guru

Jawaban : (d.)
Ring tempat petinju bertarung, sedangkan bengkel tempat montir menyervis kendaraan bermotor.

Contoh Soal (2)

1, 4, 7, 10, 13,16, ….
a. 17
b. 21
c. 18
d. 20
e. 19

Jawaban : (e.)
Karena bilangan terus mengalami penambahan nilai sebesar 3.

Contoh Soal (3)

62
33
62
20
95
59
09
27
80
87
Tes Koran Pauli/Kraeplin

Jawaban :

62
6+3 = 92+3 = 5
33
3+6 = 93+2 = 5
62
6+2 = 82+0 = 2
20
 2+9 = 10+5 = 5
95
9+5 = 45+9 = 4
59
5+0 = 59+9 = 8
09
0+2 = 29+7 = 6
27
2+8 = 07+0 = 7
80
8+8 = 60+7 = 7
87

Contoh Soal (4)

Contoh Soal Nusantara Sehat 4

Jawaban :

Jawaban Contoh Soal NS 4

Contoh Soal (5)

Gambarlah pohon sesuai imajinasimu!

Jawaban :

Jawaban Contoh Soal Nusantara Sehat 5

Contoh Soal (6)

Contoh DAP Test:

Jawaban DAP Test NS

Contoh Soal (7)

Soal NS 7

Jawaban : (8)

Contoh Soal (8)

Contoh Soal NS 8

Itulah gambaran beberapa gambaran soal Nusantara sehat yang sebenarnya tidak jauh berbeda dari Soal Psikotes Kerja pada umumnya. Sementara untuk FGD dan wawancara bisa dipelajari dengan cara berlatih diskusi bersama teman seperjuangan.

Akhir Kata

Sekian bahasan Kursiguru tentang contoh soal dalam proses pendaftaran Nusantara Sehat. Ingatlah bahwa program Nusantara Sehat ini memberikan banyak manfaat bagimu, baik dari segi pengalaman serta bagi jenjang karir di kemudian hari (CPNS).

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.