Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

150 Contoh Soal Tes Perangkat Desa Kunci Jawaban PDF

Contoh Soal Tes Perangkat Desa

Contoh Soal Tes Perangkat Desa – Hampir semua orang pastinya menginginkan mengabdi di desa tempat lahirnya. Salah satu bentuk pengabdian ke desa bisa menjadi perangkat desa. Tidak jarang, masyarakat berbondong-bondong mengikuti tes masuk perangkat desa. Kali ini, Kursiguru akan membagikan contoh soal tes perangkat desa yang disertai kunci jawaban.

Pada tahun ini, pemerintah desa telah membuka lowongan perangkat desa secara besar-besaran. Hal ini dikarenakan banyak sekali perangkat desa yang akan purna tugas. Perekrutan yang berlangsung pun merata. Boleh dari lulusan SMA/SMK atau sarjana.

Sebelumnya telah kita bahas mengenai contoh soal value BUMN. Sama halnya dengan pemerintah desa, pemerintah pusat pun juga sedang membuka lowongan pekerjaan menjadi pegawai BUMN. Dari SMA/SMK maupun sarjana bisa mendaftar.

Pada kesempatan kali ini, Kursiguru akan membahas tentang contoh soal tes perangkat desa. Pembahasan mulai dari gambaran materi yang keluar di soal. Bagi kamu yang sedang berjuang mengikuti tes perangkat desa, simak artikel ini sampai selesai yaa.

Gambaran Materi Soal Tes Perangkat Desa

Adapun di setiap soal tes terdapat gambaran materi yang bisa dipelajari oleh calon perangkat. Kursiguru telah merangkum gambaran materi dari berbagai contoh soal yang sebelumnya telah diujikan. Berikut beberapa gambaran materi yang terdapat dalam contoh soal tes perangkat desa.

Pancasila & UUD 1945

Pada awal soal, peserta tes akan menerima soal mengenai pancasila dan UUD 1945. Dari soal ini, pemerintah ingin mengetahui kemampuan peserta dalam mengamalkan pancasia dan undang-undang di kehidupan sehari-hari.

tisu murah
Baca  √ 5 Contoh Soal Kartu Pesanan & Perhitungan Lengkapnya [PDF] 2022

Nasionalisme

Materi soal kedua adalah tentang nasionalisme. Di materi ini peserta tes akan dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Dan peserta harus bisa memberikan pendapatnya.

Pengetahuan Umum

Selain materi tes di atas, peserta juga akan diberi soal mengenai pengetahuan umum. Materi ini mencoba mengukur pengetahuan umum para peserta. Pengetahuan umum bisa meliputi matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan lain-lain.

Kepemerintahan

Materi selanjutnya adalah tentang kepemerintahan. Para peserta tes diusahakan bisa mengerti tentang sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia. Jadi setelah lolos bisa langsung ditempatkan di bidang yang sesuai.

Administrasi Perkantoran

Selain sistem kepemerintahan, peserta juga akan di tes tentang bagaimana sistem administrasi perkantoran dalam pemerintah desa. Seperti proses dalam mengurus KTP, akta, surat keterangan nikah, dan lain-lain harus diketahui oleh para calon perangkat desa.

Kepemimpinan

Materi terakhir yaitu tentang kepemimpinan. Materi ini diujikan tidak lain untuk mengetahui jiwa kepemimpinan para peserta. Sehingga ketika ditempatkan di desa bisa berbaur dengan rekan kerja.

Kumpulan Contoh Soal Tes Perangkat Desa

Nah, dari penjelesan gambaran materi soal tes masuk pegawai desa di atas, Kursiguru akan mengajak kalian untuk mempelajari contoh soal. Simak beberapa contoh soal yang sudah disertai dengan kunci jawaban.

Contoh Soal Tes 1

Contoh pengamalan Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari adalah…
a. Kehidupan bermasyarakat dan bernegara
b. Kehidupan antar masyarakat sesama suku
c. Kehidupan dengan rekan sejawat
d. Hubungan antar rekan kerja
e. Kehidupan antar keluarga
Jawaban: a

Contoh Soal Tes 2

Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum. Hal tersebut mengandung konsekuensi…
a. Pancasila adalah jati diri bangsa Indonesia.
b. Pancasila adalah kepribadian bangsa Indonesia.
c. Seluruh aturan di undang-undangan tidak diperkenankan menyalahi Pancasila.
d. Beberapa aturan tertentu yang memiliki nilai-nilai Pancasila.
e. Pancasila sebagai falsafah bangsa.
Jawaban: c

Baca  50 Contoh Konjungsi Kronologis: Lengkap dengan Contoh Kalimat

Contoh Soal Tes 3

Dalam proses penetapan gubernur dan bupati diadakan secara….
a. Pemilihan langsung
b. Usulan dari DPRD
c. Pemilihan oleh parpol mayoritas
d. Demokratis
e. Penujukan
Jawaban: d

Contoh Soal Tes 4

Sesuatu yang membedakan antara Pancasila dan agama adalah ….
a. Tidak menghormati orang lain
b. Tidak menghormati orang tua
c. Tidak menajarkan cara menyembah Tuhan Yang Maha Esa
d. Tidak memberi perilaku hidup tidak boros
e. Tidak mengajarkan cara hidup dalam beragama
Jawaban: c

Contoh Soal Tes 5

Poin kelima Pancasila, dilambangkan dengan ….
a. Padi memiliki warna hijau dan kapas memiliki warna merah-putih
b. Padi memiliki warna emas dan kapas memiliki warna Kuning -putih
c. Padi memiliki warna emas dan kapas memiliki warna merah-putih
d. Padi memiliki warna kuning emas dan kapas memiliki warna hitam-putih
e. Padi memiliki warna emas dan kapas memiliki warna hijau -putih
Jawaban: e

Download Contoh Soal Tes Perangkat Desa

Contoh soal di atas merupakan sample untuk kita pelajari di artikel ini. Kursiguru telah menyediakan keseluruhan contoh soal tes perangkat desa, di bawah ini. Kumpulan contoh soal di bawah ini bisa kamu download secara mudah dan tentunya gratis. Silakan langsung download file contoh soal yang sudah disertai kunci jawaban.

Download Contoh Soal Tes Perangkat Desa

Download Kisi-kisi

Akhir Kata

Melalui artikel ini, akhirnya kita bisa mempelajari contoh soal tes perangkat desa dengan baik. Harapan dari Kursiguru, kalian yang sedang berjuang masuk perangkat desa bisa lolos dan menjadi perangkat desa terbaik. Jangan lupa selalu membaca artikel Kursiguru tentang dunia pendidikan.

Sumber Gambar : Ayosemarang.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.