Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

20 Contoh Soal Psikotes Kerja 2020 : Download Word & PDF

Contoh Soal Psikotes Kerja

Contoh Soal Psikotes Kerja – dimana psikotes sendiri merupakan jenis tes pengecekan kepribadian seseorang. Psikotes umumnya dipakai dalam dunia kerja, sekolah, hingga pengecekan psikologi seseorang dalam ranah hukum.

Psikotes berasal dari kata psikologi dan juga tes, bisa diartikan bahwa psikotes akan mengecek kondisi kepribadian. Dalam dunia kerja, psikotes dijadikan acuan kecocokan pribadi terhadap pekerjaan yang dilamar. Jadi meskipun hasil ujian lainnya bagus, bisa jadi kamu dianggap tidak cocok mengemban tanggung jawab pekerjaan itu.

Psikotes mempunyai istilah lain tes psikologi. Beberapa sampel dari tes psikologi ini yaitu fungsi kognitif dan emosional. Ilmu dasar tes psikologi adalah Psikometrik. Seorang psikolog akan mengamati bagaimana kamu mengerjakan tugas atau dalam hal ini soal. Hasil pengerjaan soal psikotes umumnya berupa nilai seperti pada ujian lain.

Karena begitu banyak orang membutuhkan informasi seputar soal psikotes, maka Kursiguru akan memberikannya secara gratis atau tanpa biaya. Untuk mempersingkat waktu, silakan simak penjelasan serta file contoh soal psikotes  di bawah ini.

Contoh Soal Psikotes Kerja Terbaru

Sebagian besar perusahaan sekarang telah memasukkan psikotes dalam rangkaian ujian pelamar kerja. Tujuannya tidak lain adalah memastikan bahwa pelamar siap untuk diberi tanggung jawab sesuai job desk (bidang kerja).

Jenis Psikotes di Ranah Kerja

Macam jenis psikotes di dunia kerja sendiri terdiri dari 5 (lima) jenis, yaitu:

1. Psikotes Kemampuan Verbal (Verbal Ability)

Soal psikotes kemampuan verbal akan menilai bagaimana cara kamu memahami sesuatu. Bentuk soalnya psikotes jenis verbal menggunakan kata sebagai pokok utamanya, baik itu kata sifat, benda ataupun kata kerja. Tes psikotes verbal ability terbagi ke dalam beberapa bagian, yaitu:

  • Psikotes persamaan kata (sinonim).
  • Psikotes lawan kata (antonim).
  • Psikotes acak kata.
  • Psikotes analogi.
  • Psikotes pengelompokan kata.

Terkadang tidak semua bagian psikotes verbal masuk ke dalam soal. Sebagai contoh, misal soal psikotes lamaran kerja perusahaan A hanya terdiri dari antonim, sinonim, dan analogi.

2. Psikotes Kemampuan Numerikal (Numerical Ability)

Soal psikotes numerikal berisikan angka, matematis dan logika. Biasanya psikotes numerikal ini terdiri dari soal berbentuk deret angka & aritmatika. Ciri khas contoh soal dari psikotes jenis ini yaitu, hanya menyajikan angka saja.

3. Psikotes Kemampuan Penalaran ( Reasoning Ability)

Soal psikotes kemampuan penalaran termasuk dalam daftar jenis tes psikotes kerja. Penalaran di sini akan menguji kemampuanmu mencari hubungan suatu hal dengan hal lainnya. Jika lebih diterangkan, contoh soal penalaran menguji caramu membuat asumsi, menjelaskan sebuah ide serta caramu menarik kesimpulan.

4. Psikotes Kemampuan Spasial (Spacial Ability)

Soal psikotes spasial saat ujian masuk kerja/sekolah seringkali terdiri dari atas soal gambar shape (bentuk tertentu), kubus, lingkaran, dan balok. Tapi tenang saja, karena soal dari perusahaan tempat kamu melamar kerja tidak akan menyuruhmu menggambarnya.

5. Psikotes Paper and Pencil (Kertas & Pensil)

Jika mengacu pada namanya, sudah jelas bahwa soal psikotes kerja jenis ini akan menggunakan kedua benda tersebut. Ketika menghadapi contoh soal paper and pencil, kamu harus siap menggambar. Saat melamar kerja, kamu akan menemui contoh soal psikotes kertas & pensil seperti soal Wartegg, Kraepelin-pauli (tes koran), Draw A Man (DAM) / Draw A Person (DAP), House Tree Person test (HTP) serta Tes BAUM tree.

Download Contoh Soal Psikotes Kerja

Mempelajari soal psikotes kerja tentu sangat sulit bila tidak memiliki contoh soalnya. Untuk itu, kursiguru ingin berbagi soal psikotes kerja itu kepada kamu semua. Di sini sudah tersedia contoh soal dalam bentuk file PDF dan Word. Selain itu, sama seperti ketika mendownload CONTOH SOAL LOGIKA MATEMATIKA, soal-soal psikotes kerja dari kursiguru bisa didownload langsung. Kamu hanya menekan tulisannya saja.

Download Soal Psikotes Kerja Word

Download Soal Psikotes Kerja [DOCX]

Download Soal Psikotes Kerja PDF

Download Soal Psikotes Kerja [PDF]

Sekiranya itulah contoh soal psikotes yang bisa kursiguru berikan. Jika sudah mendownload, jangan lupa dipelajari dan dikerjakan. Karena tanpa dipelajari, tentu saja file soal psikotes kerja tersebut hanyalah barang tidak berguna. Jika kesulitan untuk belajar lewat file digital, kamu bisa mencetak file word/pdf di atas melalui printer biasa.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.