Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 40 Contoh Soal Induksi Magnetik & Pembahasannya Download [2021]

Contoh Soal Induksi Magnetik

Contoh Soal Induksi Magnetik jika dilihat dari namanya saja maka sudah jelas terlihat bahwa ini adalah materi mapel fisika. Dimana induksi magnetik sendiri merupakan induksi karena adanya gaya magnet disekitar kawat penghantar beraliran listrik.

Awalnya manusia hanya menggunakan gaya magnet alami, namun setelah ditemukannya teknologi pembangkit dan penghantar listrik muncul magnet dari sumber tersebut. Penemuan mengenai gaya magnetik penghantar listrik pertama kali dilakukan oleh seorang ilmuwan H.C. Oersted. Dimana penunjukan arah jarum kompas terganggu ketika mendekati penghantar listrik.

Selanjutnya, penemuan itu menjadi dasar penelitian oleh ilmuwan lain sehingga kini diketahui bahwa terdapat beberapa macam jenis induksi magnetik. Beberapa contoh jenis induksi magnetik adalah induksi di area kawat lurus, kawat melingkar, solenoida serta toroida.

Di sini kursiguru akan membahas contoh soal beserta jawaban seputar materi induksi magnetik tersebut. Dimana materi dan contoh soal ini diambil dari berbagai sumber seperti buku, internet, hingga dari pengetahuan penulis selama bersekolah dulu.

Contoh Soal Induksi Magnetik & Pembahasannya

Pada kesempatan ini, kursiguru akan membahas satu persatu mengenai dasar induksi magnetik dan tiap jenis induksi magnetik.

Dasar Induksi Magnetik

Dasar ilmu mengenai induksi magnetik menggambarkan bahwa medan magnet disekitar kawat terhantar listrik terbentuk sebagai vektor melingkar yang sejalan dengan arus listriknya. Di sekolah, umumnya guru mengajarkan cara memahami arah induksi magnetik menggunakan genggaman telapak tangan dan ibu jari. Karena arah induksi magnetik bisa masuk bidang (dot) atau keluar bidang (cross). Simbol dot = (•), simbol cross = (×).

Jenis Induksi Magnetik

Setelah banyak ilmuwan melakukan riset/penelitian terhadap ilmu kemagnetan ini, ditempukan beberapa jenis induksi magnetik. Dimana masing-masing didasarkan kepada bentuk dari belitan kawatnya. Sekarang ini, jenis induksi magnetik yang umum diajarkan di sekolah diantaranya adalah:

  • Induksi Magnetik Kawat Lurus.
  • Induksi Magnetik Kawat Melingkar.
  • Induksi Magnetik Solenoida.
  • Induksi Magnetik Toroida.

Rumus dasar dari masing-masing jenis induksi magnetik di atas adalah:

Rumus Induksi Magnetik 1

Jumlah lilitan pada kawat melingkar bisa juga digantikan oleh sudut, sehingga N = θ/360º.

Rumus Induksi Magnetik 2Rumus Induksi Magnetik 3

Gaya Lorentz

Gaya Lorentz sendiri tak akan pernah terpisahkan dari ilmu induksi magnetik, karena gaya Lorentz akan timbul apabila ada 2 (dua) medan magnet yang berinteraksi satu sama lain. Efeknya adalah bila ada sebuah benda ditengah medan magnetik tersebut, maka benda itu akan menerima gaya dari keduanya.

Rumus Gaya Lorentz Magnetik

Contoh Soal Induksi Magnetik

Contoh soal kali ini di ambil dari salah satu soal ujian nasional. Namun penulis melakukan modifikasi sehingga kamu lebih mudah memahaminya.

Contoh:
Razor mempunyai sebuah kawat penghantar melingkar dengan jari-jari kelengkungan sebesar 4π centimeter dan membentuk sudut sebesar 120°. Jika Razor mengalirkan listrik sebesar 16 Ampere, hitunglah besar induksi magnetik pada titik P!

Maka jawaban untuk contoh soal kawat Razor adalah:

Jawaban Soal Razor

Download Soal Induksi Magnetik

Agar kamu semua lebih mudah mempelajari materi induksi magnetik, di sini kursiguru juga akan menyediakan file kumpulan contoh soal induksi magnetik. Seperti SOAL GERAK PARABOLA, contoh soal kali ini juga kursiguru sediakan secara gratis. File kumpulan contoh soal mapel fisika kali ini bisa langsung didownload melalui link berikut ini.

Download Contoh Soal Induksi Magnetik

Gunakan contoh soal induksi magnet dari kursiguru di atas secara bijak. Bila memungkinkan belajarlah secara mandiri ataupun bersama teman. Jika mengalami kesulitan barulah tanyakan ke gurumu. Sebagai informasi tambahan, materi induksi magnetik ini harus kamu pahami jika nantinya ingin berkuliah atau bekerja di bidang elektro.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.