Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 17 Contoh Soal Fluks Magnetik : Rumus & Pembahasan [2021]

contoh soal fluks magnetik

Contoh Soal Fluks Magnetik akan kamu butuhkan ketika mulai mempelajari materi magnet di mapel fisika kelas 12 semester pertama. Mempelajari fluks magnetik diperlukan, karena semakin banyak pengguna barang elektronik yang tentu saja menghasilkan fluks magnetik.

Perlu diketahui bahwa sosok ilmuwan dibalik materi mapel fisika kelas 12 ini adalah Michael Faraday. Bapak Faraday memang tidak hanya menemukan HUKUM FARADAY, salah satu penemuan lainnya adalah fluks magnetik yang ternyata seiring perkembangan zaman, fluks magnetik semakin perlu dipelajari.

Meskipun begitu, tak dapat dipungkiri bahwa terkadang masih sulit memahami apa isi pelajaran fluks magnetik jika hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Oleh karena itu, kamu harus berlatih mengerjakan soal fluks magnetik atau magnetic flux.

Untuk memenuhi kebutuhan informasi contoh soal magnetic flux tersebut, di sini kursiguru akan membagikannya secara cuma-cuma (gratis). Demi mempersingkat waktu, langsung saja kamu cek penjelasan seputar fluks magnetik berikut.

Pengertian Fluks Magnetik

Apabila dilihat secara sekilas, kata fluks memiliki kemiripan dengan kata fluktuasi dalam bahasa Indonesia, dimana fluktuasi mempunyai arti perubahan naik turun suatu hal. Tapi tentu saja berbeda, karena fluks sendiri mempunyai arti sebagai besaran medan magnet yang melewati suatu penampang dalam bentuk kerapatan.

Jika terdapat sebuah penampang/bidang berada di antara 2 (dua) medan magnet, maka besarnya fluks magnetik adalah pengurangan medan besar terhadap lainnya. Namun jika medan magnetnya searah, besarnya fluks magnetik diperoleh dari perkalian keduanya.

Contoh Penerapan Fluks Magnetik

Kita dapat menemukan beberapa benda yang memiliki sifat fluks magnetik di sekitar kehidupan kita. Seperti alat-alat elektronik di bawah ini:

Baca  10 Contoh Soal Faktorial Pecahan : Jawaban , Rumus & Download PDF

1. Generator Listrik

Generator listrik merupakan sebuah alat untuk mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Alat tersebut memiliki prinsip kerja dengan mengaplikasikan konsep fluks magnetik. Medan magnet pada generator dan kumparan jika dihidupkan akan menghasilkan perubahan fluks magnetik. Dari perubahan tersebut makan muncul arus listrik yang dapat digunakan sebagai alat elektronik.

2. Motor Listrik

Motor listrik menjadi benda kebutuhan manusia untuk kehidupan sehari-hari. Proses bekerja motor listrik adalah mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Energi yang didapat dari PLN menjadikan perubahan fluks magnetik yang kemudian menggerakan turbin motor.

Contoh lainnya bisa kita temukan seperti kipas angin listrik, dinamo tamia, rotor mesin mainan anak-anak, dan lain sebagainya.

Daftar Rumus Fluks Magnetik

Dari pembahasan di atas, maka kita bisa menemukan rumus untuk bisa kita pelajari bersama-sama. Ada beberapa persamaan yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan fluks magnetik.

Rumus Fluks Magnetik

rumus fluks 1

Rumus GGL Induksi

rumus fluks 2

Contoh Soal Fluks Magnetik

Setelah memahami beberapa materi fluks magnetik di atas, Kursiguru akan membagikan contoh soal fluks magnetik. Contoh soal berikut sebagai bahan belajar kita untuk menguji pemahaman kita. Kamu bisa dengan mudah dan tentunya gratis mengunduh file contoh di bawah ini. Selain itu, kamu juga bisa mengeditnya.

Download Contoh Soal Fluks Magnetik

Itulah pembahasan yang bisa Kursiguru berikan mengenai contoh soal fluks magnetik. Semoga memberi pendalaman materi sehingga bisa mengerjakan soal-soal di kelas atau di mana pun. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-temanmu.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *