Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 10 Contoh Soal Hukum Faraday Elektrolisis Kimia Kelas 12 SMA [2021]

Contoh Soal Hukum Faraday

Contoh Soal Hukum Faraday akan dibahas secara lengkap dan ringkas oleh kursiguru pada kesempatan kali ini. Dimana hukum Faraday merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran kimia di kelas 12 sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat.

Jika mencari nama Michael Faraday tentu kamu akan langsung menemukan ilmuwan asal eropa yang ahli dalam bidang fisika dan kimia. Dimana hingga kini penemuannya masih banyak digunakan, terutama temuan seputar elektrokimia dan juga elektromagnet.

Karena itu namanya juga digunakan sebagai nama hukum temuannya, yaitu Faraday’s Laws atau jika diartikan langsung ke bahasa Indonesia menjadi Hukum Faraday. Salah satu penerapan hukum Faraday bisa kamu jumpai pada materi kimia SMA seputar elektrolisis.

Tentu saja kamu memerlukan contoh soal agar memahami penerapan hukum Faraday tersebut. Karena itulah, di sini Kursiguru akan membagikan sedikit soal beserta materi seputar hukum Faraday di mata pelajaran kimia. Untuk mempersingkat waktu, langsung saja simak penjelasan hukum Faraday dari kursiguru berikut ini.

Contoh Soal Hukum Faraday Mapel Kimia

Hukum Faraday

Hukum Faraday sendiri ada 2 (dua), yaitu hukum Faraday 1 dan hukum Faraday 2. Kutipan di bawah ini adalah bunyi dari masing-masing hukum Faraday itu.

Hukum Faraday 1

Hukum Faraday 1 Kursiguru

Hukum Faraday 2

Hukum Faraday 2 Kursiguru

Hubungan Hukum Faraday dan Elektrolisis

Bukannya hukum Faraday itu mengenai elektromagnetik ya? Ya, betul sekali. Awalnya bapak Faraday berhasil membuat sebuah penemuan dalam bidang fisika, tapi kemudian penemuan tersebut diterapkan ke dalam ilmu kimia. Penerapan itu kemudian menghasilkan sebuah proses bernama Elektrolisis.

Hukum Faraday dalam kimia dirumuskan menjadi seperti berikut.

Rumus Faraday 1

Kemudian rumus Faraday itu dihubungkan dengan jumlah massa logam di katoda sehingga menjadi:

Rumus Faraday 2

Persamaan/rumus ini dipakai pada proses elektrolisis tunggal, artinya jika melakukan proses lebih dari satu maka persamaannya akan berbeda. Dimana persamaan elektrolisis seri adalah:

Rumus Faraday 3

Contoh Penerapan Hukum Faraday

Pada kehidupan nyata terutama dunia kerja, hukum Faraday digunakan dalam berbagai hal. Beberapa contoh penerapan nyata hukum Faraday (elektrolisis) diantaranya adalah:

  • Metode pembuatan bermacam gas dilaboratorium, contoh : oksigen, hidrogel, klorin.
  • Dipakai untuk menyepuh logam mulia, contoh : nikel, perak, emas.
  • Dipakai untuk memurnikan logam kotor dengan cara memposisikan logam kotor pada bagian Anoda, sedangkan logam murninya pada bagian Katoda.

Itulah beberapa contoh penerapan nyata dari pemakaian hukum Faraday. Meskipun kamu masih belum melihatnya secara langsung tapi biasanya guru kimia-mu akan mencontohkannya pada praktikum. Tapi jangan lakukan praktik tanpa pengawasan ya, karena cukup berbahaya.

Contoh Soal Hukum Faraday

Seperti telah kursiguru janjikan di awal, kali ini kamu juga bisa langsung mendownload contoh soal materi kimia kelas 12. Contoh soal ini memberikan gambaran mengenai soal-soal terkait Faraday’s Laws yang nantinya bisa kamu temukan ketika ujian sekolah ataupun ulangan di kelas. Silakan langsung saja klik link download soal hukum Faraday di bawah ini.

Download Contoh Soal Hukum Faraday Kimia Kelas 12

File contoh soal-soal hukum Faraday dari kursiguru tersebut berbentuk PDF, jadi bisa langsung dicetak tanpa perlu di edit terlebih dahulu. Contoh soal itu dibuat berdasarkan data dari berbagai buku dan internet. Kamu tak perlu ragu mendownload contoh soal ini karena tanpa biaya (gratis).

Demikian pembahasan seputar hukum Faraday dari kursiguru. Manfaatkanlah sebaik mungkin contoh soal tersebut sebagai media belajar mandiri. Karena sebaik-baiknya siswa adalah siswa yang mau belajar, bukan hanya di sekolah tapi dimanapun tempat ilmu berada.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.