Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

5 Contoh Soal Medan Listrik Rumus & Jawabannya

Contoh Soal Medan Listrik

Contoh Soal Medan Listrik – akan membahas mengenai soal fisika tentang materi medan listrik. Dimana materi medan listrik dipelajari melalui ilmu fisika ketika seorang siswa berada pada jenjang SMP/MTs kelas 9 serta di jenjang SMA/MA kelas 12.

Advertisements

Mempelajari ilmu fisika secara mendalam sudah diajarkan kepada para siswa di Indonesia sejak berada di tingkat sekolah menengah. Dimana fisika seringkali menjadi salah satu momok ketika para pelajar tersebut mengikuti ujian harian, PTS (UTS) bahkan PAS (UAS).

Satu dari beberapa materi fisika paling rumit adalah tentang medan listrik karena tidak dapat secara langsung dilihat melalui mata. Oleh karena itu, mempelajari medan listrik dari soal sangatlah diperlukan agar pemahaman murid terkait medan listrik terus meningkat.

Advertisements

Maka pada kesempatan kali ini, Kursiguru akan menjelaskan mengenai contoh soal medan listrik beserta gambaran sekilas materi dan rumus hitung medan listrik. Untuk memahami contoh persoalan medan listrik, silakan simak uraian berikut ini.

Gambaran Materi Medan Listrik

Sebelum mengulas seputar contoh soalnya, di sini penulis akan memberikan pembahasan seputar gambaran serta ringkasan materi medan listrik terlebih dulu. Dimana medan listrik memiliki pengertian sebagai ruang atau area disekitar objek bermuatan listrik.

Efek dari adanya medan listrik dari sebuah muatan akan berpengaruh terhadap muatan listrik lainnya. Pengaruh medan listrik dari setidaknya dua buah muatan listrik yang berdekatan sering disebut sebagai gaya listrik (elektrostatik).

Baca  √ 12 Contoh Soal Perbandingan Umur Matematika [Download] 2021

Perlu diketahui juga bahwa sama seperti medan magnet, medan listrik dapat digambar menggunakan garis khayal. Garis khayal medan listrik itu memiliki istilah garis medan listrik / garis gaya listrik.

Medan Listrik Berdasarkan Muatan

Sejatinya sebuah benda dapat mempunyai 2 (dua) jenis yakni :

  • muatan listrik positif (+) : arah garis medan listrik ke luar dari benda
  • muatan listrik negatif (-) : arah garis medan listrik masuk ke dalam benda

Dimana ketika objek bermuatan listrik berbeda berdekatan akan ada gaya listrik tarik menarik. Sebaliknya, bila muatan listrik dalam benda adalah sama akan terjadi gaya listrik tolak menolak.

Hukum Coulomb dalam Medan Listrik

Seperti sudah disinggung di atas bahwa dua benda yang mempunyai muatan listrik akan menimbulkan gaya listrik. Dimana hukum Coulomb adalah sebuah hukum fisika terkait penjelasan besarnya gaya listrik dua muatan dalam medan listrik.

Dalam hukum Coulomb, besarnya gaya listrik akan dipengaruhi nilai masing-masing muatan objek serta jarak diantara keduanya.

Rumus Soal Medan Listrik

Untuk memudahkan kamu semua dalam memahami sebuah soal medan listrik dan cara mencari jawabannya, di sini penulis akan membagikan informasi seputar rumus soal medan listrik. Berdasarkan uraian di atas, rumus hitung medan listrik diantaranya adalah :

Rumus Medan Listrik

Contoh Soal Medan Listrik

Berikutnya adalah bahasan utama dari penulis mengenai contoh soal medan listrik beserta jawabannya. Simaklah secara seksama beberapa contoh persoalan di bawah agar kamu memahami bagaimana cara menjawab pertanyaan medan listrik.

Contoh Soal Medan Listrik (1)

Franky meneliti besaran medan listrik pada dua benda bermuatan 5μC serta -4μC terpisah dalam jarak 20 cm (0,2m). Hitunglah besar gaya listrik pada penelitian Franky tersebut!

Advertisements

Baca  10 Contoh Soal Kurs Valuta Asing : Rumus, Jawaban & Download PDF
Jawaban Soal Medan Listrik 1

Contoh Soal (2)

Di hari berikutnya setelah penelitian pertama, Franky memutuskan untuk menghitung besarnya kuat medan listrik pada muatan listrik 5μC dari jarak 10 cm (0,1). Berapakah nilai hasil perhitungan Franky?

Jawaban 2

Contoh Soal (3)

Dr. Vegapunk memiliki sebuah partikel bermuatan -12μC. Berapakah nilai kuat medan listrik partikel Dr. Vegapunk bila ditinjau dari titik sejauh 30 cm?

Jawaban 3

Contoh Soal (4)

Berdasarkan contoh soal nomor 3, bila Dr. Vegapunk memutuskan untuk mendekatkan partikel lain (-10μC) sejauh 40 cm, apakah reaksi yang akan terjadi serta berapakah nilai gaya Coulomb nya?

Jawaban 4

Contoh Soal (5)

Berdasar contoh soal nomor 4, hitunglah nilai gayanya bila nilai jarak antara kedua partikel Dr. Vegapunk diubah menjadi 80 cm!

Jawaban Soal Medan Listrik 5

Download Contoh Soal Medan Listrik

Sebagai pelengkap bahan belajar kamu semua, di sini penulis juga hendak memberikan file PDF berisi contoh soal medan listrik yang sudah disertai jawabannya.

Akhir Kata

Demikian bahasan Kursiguru seputar contoh soal medan listrik beserta ringkasan materi, rumus dan jawaban soalnya. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi pencerahan bagi para murid ketika belajar soal medan listrik serta mampu menjadi bahan acuan bagi para guru fisika.

Advertisements

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *