Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 10 Contoh Soal SPLDV : Metode Subtitusi Eliminasi & Campuran [2021]

Contoh Soal SPLDV Matematika Kelas 8

Contoh Soal SPLDV merupakan gambaran mengenai salah satu materi mapel matematika kelas 8 atau dengan kata lain akan kamu pelajari ketika menginjak di pertengahan SMP atau MTs. Dimana SPLDV adalah ilmu dasar untuk berbagai materi matematika lainnya.

SPLDV adalah penyingkatan dari Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Two Variable Linear Equation System/TVLES). Dimana jika sebuah persamaan SPLDV digambarkan dalam diagram kartesian maka akan menghasilkan sebuah garis lurus yang memotong di sumbu x serta sumbu y pada nilai tertentu.

SPLDV tidak hanya kamu temui saat belajar di sekolahan saja lho, karena pada dasarnya SPLDV adalah penggambaran kejadian yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Itulah sebabnya soal SPLDV biasanya berbentuk sebuah soal cerita dengan kalimat yang cukup panjang.

Untuk menyingkat data serta mempermudah proses pengerjaan soal SPLDV, maka digunakanlah aljabar matematika. Nah, bila kamu ingin belajar secara mandiri tentang contoh soal SPLDV silakan baca artikel Kursiguru ini hingga selesai.

Contoh Soal SPLDV : Pembahasan Menggunakan 4 Metode

Metode Pengerjaan SPLDV

Sebelum menuju ke pembahasan contoh soal, ada baiknya untuk membahas mengenai beberapa cara atau metode yang tersedia untuk mengerjakan sebuah contoh persoalan SPLDV. Dimana lebih tepatnya terdapat 4 (empat) buah metode untuk menyelesaikan sebuah soal SPLDV, yaitu:

1. Eliminasi

Metode pertama adalah eliminasi SPLDV, dimana kamu harus mengeliminasi salah satu variabel agar mendapatkan nilai pasti variabel lainnya. Cara ini tergolong mudah serta efektif, karena hanya memerlukan pemahaman mengenai KPK (kelipatan persekutuan terkecil).

2. Subtitusi

Metode atau cara pengerjaan mudah lainnya adalah menggunakan subtitusi. Namun jika menggunakan cara subtitusi, kamu harus benar-benar teliti dalam mengalikannya. Selain itu sebelum melakukan subtitusi SPLDV, biasanya perlu dilakukan pengubahan bentuk salah satu persamaannya.

3. Campuran

Sesuai namanya, pengerjaan soal SPLDV memakai metode campuran adalah menggabungkan kedua cara di atas. Karena mengkombinasikan dua jenis cara (eliminasi+subtitusi), metode campuran merupakan metode paling mudah dan efektif untuk mengerjakan contoh persoalan SPLDV.

4. Grafik

Cara paling dasar untuk mengerjakan contoh soal SPLDV adalah melalui metode grafik. Karena dasar ilmu SPLDV menggunakan kordinat kartesian, maka menyelesaikan soal SPLDV bisa melalui grafik kartesian tersebut. Kursiguru tidak menyarankan menggunakan cara ini untuk ketika menyelesaikan suatu contoh soal TVLES kecuali memang diharuskan oleh soal. Hal ini karena metode grafik cukup merepotkan.

Contoh Soal SPLDV & Pembahasan

Perhatikan contoh soal serta pembahasan yang telah kursiguru rangkum berikut ini.

Jika 200t + 500r = 3000 sedangkan 300r – 200t = 1000, berapakah masing-masing nilai r dan t?

1. Contoh Pengerjaan SPLDV (Eliminasi)

Contoh Soal SPLDV Metode Eliminasi

2. Contoh Pengerjaan SPLDV (Subtitusi)

Contoh Soal SPLDV Subtitusi

3. Contoh Pengerjaan SPLDV (Campuran)

Contoh Soal SPLDV Campuran

4. Contoh Pengerjaan SPLDV (Grafik)

Contoh Perhitungan Metode Grafik

Jika sudah seperti di atas, gambarlah grafik dari kedua persamaan linier tersebut hingga keduanya bersinggungan pada satu titik koordinat. Nah, pada titik temu itulah nilai dari masing-masing variabel soal SPLDV di atas bisa kamu peroleh. Cara ini cukup merepotkan bukan?

CATATAN PENTING

Kursiguru memberikan contoh soal memakai notasi huruf (t,r), namun pada soal persamaan linear biasanya menggunakan notasi (x,y). Hal ini tidak mengubah kaedah penulisan dalam koordinat kartesiannya.

Download Contoh Soal SPLDV

Agar kamu bisa mempelajari SPLDV secara mandiri maka kursiguru juga menyediakan contoh soal-soal SPLDV yang bisa langsung didownload. Jangan khawatir, karena contoh file soal-soal SPLDV bisa didownload tanpa memerlukan biaya (free). File contoh soal-soal SPLDV dari kursiguru berbentuk PDF, jadi siap dicetak jika memang menginginkan hardcopy nya.

Download Contoh Soal SPLDV [PDF]

Persamaan linear memang tak dapat lepas dari koordinat kartesian, namun dalam perhitungannya tidak harus selalu bersama-sama. Selain itu, pastikan kamu mengerjakan soal SPLDV sesuai dengan perintah pemakaian metode dalam soal. Jika tidak ada perintahnya barulah pilih saja metode termudah bagimu.

Sekiranya itulah pembahasan terkait materi dan soal SPLDV yang bisa kursiguru berikan. Kalau kamu adalah murid MTs, silakan cek juga CONTOH SOAL KSM MATEMATIKA MTS dari kursiguru. Karena mempelajari contoh soal-soal kompetisi juga akan menunjang pengetahuan dasar mapel matematikamu.

 

 

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.