Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Contoh Soal Elastisitas Untuk SMA Word [Download]

soal elastisitas

Contoh soal elastisitas akan Kursiguru hadirkan dan berikan di kesempatan kali ini. Contoh soal di bawah ini merupakan penyusunan dari berbagai sumber seperti buku dan internet. Jika kamu sedang duduk di kelas XI sekolah menengah atas, artikel ini akan membantu kamu untuk mencari contoh soal elastisitas. Tapi, sebelum Kursiguru memberikan contoh soalnya, kita bahas dulu mengenai apa itu elastisitas.

Pada dasarnya, semua benda di bumi dapat mengalami perubahan bentuk apabila diberi gaya. Kita bisa mencari contoh dari alat-alat di sekitar kita. Contohnya karet gelang, jika karet ditarik maka karet akan kembali ke bentuk semula. Proses menarik itulah yang dinamakan dengan gaya.

Proses kembalinya kondisi awal saat gaya diterima oleh benda tersebut itulah yang dinamakan elastisitas. Selain karet gelang, benda lainnya pun bisa temui di kehidupan sehari-hari. Contohnya pegas, per, dan lain-lain. Benda-benda tersebut semuanya termasuk benda yang memiliki sifat elastisitas.

Di pembelajaran sekolah, elastisitas merupakan materi yang dipelajari peserta didik kelas XI. Lebih tepatnya elastisitas terdapat pada mata pelajaran fisika. Materi ini antara lain mempelajari mengenai elastisitas dan hukum hooke.

Contoh Soal Elastisitas

Pengertian Elastisitas

Di dunia fisika, elastisitas dapat diartikan sebagai kegiatan kecenderungan suatu bahan padat kembali pada bentuk semula ketika menerima gaya. Gaya yang diperoleh akan membuat benda padat akan mengalami deformasi. Jika benda tersebut elastis, maka akan kembali ke bentuk dan ukuran pertama ketika gaya dihilangkan.

Ilmu fisika mempunyai alasan untuk melakukan elastis dengan benda berbeda untuk bahan berbeda. Seperti contoh benda logam akan berubah ukuran dan bentuknya ketika diaplikasikan dengan energi pada sistem. Saat gaya hilang, logam kembali pada keadaan energi yang lebih rendah. Berbeda dengan karet gelang, proses elastisitas disebabkan karena adanya peregangan.

Baca  5 Contoh Soal Medan Listrik Rumus & Jawabannya

Rumus Besaran Elastisitas Fisika

Adapun rumus besaran-besaran yang terdapat pada elastisitas fisika. Antara lain di bawah ini:

1. Tegangan (stress)

Tegangan adalah besar gaya saat proses kerja elastisitas dilakukan pada suatu permukaan benda persatuan luas. Rumuas tegangan:

rumus elastis 1

2. Regangan (strain)

Di dalam materi elastisitas, regangan adalah pertambahan panjang pada benda yang diberi gaya luar pada saat benda itu belum menerima gaya luar bekerja. Rumus regangan:

rumus elastis 2 1

3. Mampatan

Hampir sama dengan regangan, mampatan terjadi ketika diberikan gaya yang membuat molekul benda masuk ke dalam. Sedang regangan terjadi karena adanya gaya tarik mendorong molekul benda terdorong keluar. Adapun rumusnya:

 

4. Modulus Elastis (Modulus Young)

Modulus dalam elastisitas merupakan suatu perbandingan antara tegangan dengan regangan. Rumus modulus elastis adalah:

rumus elastis 4

Download Contoh Soal Elastis

Di sini Kursiguru juga akan membagikan contoh soal elastisitas untuk kamu semua yang membutuhkannya. Kursiguru menyusun soal ini melalui beberapa referensi dari beberapa sumber seperti buku dan internet. File soal berbentuk word sehingga kamu bisa mencoba latihan mengerjakan soal-soal. Tentu file contoh soal di bawah ini bisa kamu donwload atau unduh secara mudah dan tentunya gratis. Selain itu, jika merasa butuh hardcopy nya, contoh soal di bawah ini bisa kamu print menggunakan kertas ukuran A4 secara langsung menggunakan printer umum seperti biasa.

Download Soal Elastisitas

Itulah artikel mengenai contoh soal elastisitas yang bisa Kursiguru berikan. Adanya soal di atas, semoga bisa memberikan referensi kamu dalam mempelajari ilmu fisika secara mendalam. Selain itu, contoh soal di atas jangan lupa diskusikan atau tanyakan dengan teman atau guru di sekolah. Dengan demikian, untuk memahami materi elastisitas bisa berjalan dengan baik.

Baca  6 Contoh Soal AKM Kelas 9 2021 (Jawaban & Pembahasan)
Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *