Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 20 Contoh Soal Faktorial : Pembahasan & Penjelasannya Lengkap 2021

Contoh Soal Faktorial

Contoh Soal Faktorial dalam artikel kursiguru kali ini akan membahas seputar pengertiannya hingga penerapannya sebagai ilmu penyederhanaan matematika. Faktorial sendiri bisa dipahami sebagai satu dari banyak jenis simbol dalam perhitungan angka.

Setelah mempelajari materi matematika dari sekolah dasar, kamu pasti sudah sering melihat bagaimana mapel ini mengubah sebuah perhitungan menjadi bentuk simbol. Fungsi pemakaian simbol itu adalah mempermudah dan mengurangi penulisan.

Matematika sendiri merupakan ilmu pasti, jadi pemakaian simbol tidaklah mengubah arti dari proses penghitungan. Salah satu penyingkatan paling signifikan adalah faktorial, karena mampu menyingkat dengan baik dan mudah untuk diterapkan ke berbagai materi lanjutan lain.

Jika tidak menggunakan faktorial, maka ketika mengerjakan sebuah soal seperti permutasi dan kombinasi peluang akan menjadi sulit. Agar mendapatkan gambaran lebih lengkap mengenai faktorial, langsung saja kamu simak pembahasan dari kursiguru berikut ini.

Contoh Soal Faktorial : Pembahasan & Penyelesaiannya

Pembahasan mengenai faktorial ini cukup sama dengan materi sebelumnya. Seperti pada pembahasan soal SPLDV, disini kursiguru juga akan membahas soal faktorial secara menyeluruh.

Pembahasan Contoh Soal Faktorial

Sebelum menuju contoh soalnya, kamu harus paham dulu apa itu faktorial, bagaimana memakainya, dan kapan harus dipakai. Lalu apa sebenarnya faktorial itu? Jika sudah pernah menuliskan perkalian angka berurutan maka pastinya kamu mempunyai gambaran kesulitannya. Saat angkanya kecil tentu tak sulit, lalu semakin besar akan semakin sulit dituliskan.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut dibuatlah sistem bernama faktorial. Sistem faktorial sendiri dituliskan dengan simbol (n!), dimana (n) adalah angka terbesar atau jumlah angka yang wajib dihitung. Sebagai contoh sederhana misalkan gurumu memberi soal bertuliskan 13! maka perhitungannya adalah:

Baca  √ 50 Contoh Soal Permutasi dan Kombinasi & Pembahasannya PDF 2021

Notasi faktorial dari contoh sederhana itu akan menjadi 13! =  6.227.020.800.

Kaidah Faktorial Matematika

  • Perkalian angka pada faktorial pasti berurutan dari terbesar ke terkecil.
  • Khusus untuk faktorial nol (0!) nilainya sudah pasti 1, jadi ketika menghitung tidak perlu dituliskan kecuali memang itulah soalnya.
  • Gunakan faktorial hanya ketika perkaliannya sudah jelas berurutan.

Itulah 3 (tiga) kaidah faktorial yang wajib diketahui olehmu. Selanjutnya langsung perhatikan bagaimana

Soal Faktorial & Penyelesaiannya

Berikut kursiguru sajikan beberapa contoh soal cerita menggunakan notasi faktorial.

Soal Notasi Faktorial 1

Suatu hari Anang menemukan secarik kertas hitungan biaya pembangunan kandang ayam ukuran sedang. Di kertas itu tertulis perkiraan besarnya biaya membangun sebuah kandang ayam akan memakan biaya sebesar sekitar Rp. 10! Hitunglah besar perkiraan biaya tersebut.

Untuk mengerjakannya langsung saja tulis:

Biaya pembuatan kandang ayam = 10! = 10 x 9 x 8 x 7 x 6 x 5 x 4 x 2 x 1 = Rp. 3.628.800.

Jadi besar perkiraan biaya pembuatan kandang ayam pada kertas tersebut adalah Rp. 3.628.800.

Soal Notasi Faktorial 2

Hari ini Fadli ingin mengunjungi rumah temannya. Jarak rumah fadli ke rumah temannya adalah 6!/4! km. Berapa jarak sebenarnya dari kedua rumah itu?

Contoh persoalan faktorial nomor 2 ini dikerjakan seperti berikut.

Jarak rumah = 6!/4!
Jarak rumah = (6.5.4!) / 4! = 6.5 = 30 km

Maka jawaban soal faktorial sederhana di atas adalah 30 kilometer. Jika melihat penyelesaian soal di atas sudah dapat dipahami bahwa bila ada pembagian faktorial yang sama bisa langsung dicoret saja. Selain itu, dari kedua soal bisa diketahui bahwa jika sebuah soal dinyatakan dalam notasi faktorial akan meningkatkan efisiensi penulisannya.

Download Contoh Soal Faktorial

Sebelum mengakhiri pembahasan kali ini, kursiguru akan memberikan kumpulan soal terkait materi faktorial. File kumpulan soal faktorial dapat didownload secara langsung serta tanpa biaya. Berikut adalah link untuk download file contoh soal faktorial.

Baca  √ 12 Contoh Soal Perbandingan Umur Matematika [Download] 2021

Download Contoh Soal Faktorial

Demikian bahasan mengenai soal faktorial serta pembahasan & penjelasannya. Silakan pakai file soal faktorial di atas untuk belajar sendiri atau bersama temanmu. Materi pada artikel contoh soal faktorial, kursiguru dapatkan dari berbagai sumber seperti buku, internet, serta pengetahuan pribadi penulis.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *