Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

10 Contoh Soal Fungsi Komposisi dan Invers Beserta Jawabannya PDF

Contoh Soal Fungsi Komposisi dan Invers

Contoh Soal Fungsi Komposisi dan Invers – mengulas mengenai contoh persoalan matematika terkait materi operasi penggabungan fungsi dan fungsi kebalikan. Dimana fungsi komposisi dan invers mulai dipelajari siswa kelas 10 SMA serta MA di seluruh Indonesia.

Advertisements

Seperti sudah dibahas sebelumnya bahwa fungsi atau pemetaan merupakan sebuah jenis relasi khusus dimana notasi penulisannya dapat dilakukan menggunakan aljabar. Ketika menginjak jenjang SMA, kamu akan menemukan materi matematika mengenai berbagai operasi fungsi tersebut.

Contoh operasi fungsi dalam matematika yang nantinya perlu dipelajari para siswa adalah fungsi komposisi dan invers. Dimana tujuan utama fungsi komposisi yakni menyederhanakan fungsi berurutan, sedangkan fungsi invers mencari nilai kebalikan sebuah fungsi.

Advertisements

Pada kesempatan ini, Kursiguru hendak membahas mengenai contoh soal fungsi komposisi dan invers serta gambaran materi hingga jawaban setiap soalnya. Pembahasan lengkap terkait soal fungsi komposisi dan invers bisa kamu simak langsung di uraian berikut ini.

Gambaran Materi Fungsi Komposisi dan Invers

Terkait contoh persoalan fungsi komposisi, penulis hendak memberikan gambaran materi terlebih dahulu. Dimana fungsi komposisi mempunyai pengertian sebagai operasi pembentukan dua atau lebih fungsi berurutan menjadi sebuah fungsi baru.

Notasi operasi matematika dari sebuah fungsi komposisi dinyatakan menggunakan lambang “ο”. Untuk lebih mudah dalam memahami bagaimana proses pengerjaan fungsi komposisi dari dua buah fungsi simaklah gambar di bawah ini.

Gambaran Sederhana Fungsi Komposisi

Berdasar gambar di atas bisa diketahui bahwa domain x memiliki kodomain g(x), di saat bersamaan g(x) juga menjadi domain fungsi f(g(x)). Sehingga contoh di atas merupakan fungsi komposisi yang bisa dituliskan menjadi notasi fungsi yakni (f ο g)(x).

Apabila terdapat lebih dari dua fungsi, maka pengerjaan soal fungsi komposisi harus dilakukan secara berurutan.

Sifat Dasar Fungsi Komposisi

Karena fungsi komposisi merupakan sebuah metode pengerjaan matematika, maka fungsi komposisi juga mempunyai beberapa sifat dasar. Dimana fungsi komposisi memiliki setidaknya 3 (tiga) sifat dasar seperti :

Baca  √ 50 Contoh Soal Permutasi dan Kombinasi & Pembahasannya PDF 2021

1. Sifat Non-Komutatif Fungsi Komposisi

Sifat fungsi komposisi pertama adalah non komutatif atau tidak bisa dikerjakan secara komutatif. Artinya bila terdapat fungsi komposisi (f ο g)(x) akan berbeda sepenuhnya dengan fungsi komposisi (g ο f)(x). Karena fungsi komposisi dari (g ο f)(x) hanya akan bernilai sama dengan g(f(x)).

2. Sifat Asosiatif Fungsi Komposisi

Sifat asosiatif fungsi komposisi artinya penggeseran tanda kurung dalam fungsi komposisi yang tersusun lebih dari 2 fungsi tidak akan mengubah hasil. Contoh penerapan sifat asosiatif fungsi komposisi [(f ο g) ο h(x)] = [f ο (g ο h)(x)]

3. Sifat Identitas Fungsi Komposisi

Sifat identitas fungsi komposisi memiliki pengertian bahwa jika salah satu penyusun sebuah fungsi komposisi adalah fungsi identitas, maka hasilnya akan tetap sama. Sebagai contoh, bila k(x) merupakan fungsi identitas maka (f ο k)(x) hasilnya tetap menjadi f(x).

Gambaran Materi Fungsi Invers

Sesuai namanya, fungsi invers merupakan proses merubah sebuah fungsi menjadi bernilai kebalikan dari fungsi asal. Fungsi invers dapat dituliskan menggunakan penulisan sederhana yakni f-1(x). Selain itu, perlu dicatat bahwa fungsi invers hanya terdapat pada sebuah fungsi satu-satu serta fungsi bijektif.

Berbeda dengan operasi fungsi komposisi, fungsi invers tidak mempunyai sifat khusus. Namun fungsi invers punya ketentuan khusus terkait rumus pengerjaan. Dimana rumus fungsi invers terbagi untuk setiap bentuk mulai dari fungsi linear, pecahan, akar pangkat, eksponen, logaritma hingga fungsi kuadrat.

Rumus Fungsi Invers

Contoh Soal Fungsi Komposisi dan Invers

Bila sudah mulai memahami uraian di atas, maka kamu bisa melanjutkan proses belajar fungsi komposisi dan invers lewat contoh soal. Berikut adalah beberapa contoh soal terkait materi fungsi komposisi dan invers matematika SMA beserta jawabannya.

Baca  10 Contoh Soal AKM SMP Kelas 8 Numerasi & Literasi PDF 2021
Advertisements

Contoh Soal Fungsi Komposisi (1)

Contoh Soal Fungsi Komposisi dan Invers 1

Contoh Soal Fungsi Komposisi (2)

Contoh Soal Fungsi Komposisi dan Invers 2

Contoh Soal Fungsi Komposisi (3)

Contoh Soal Fungsi Komposisi dan Invers 3

Contoh Soal Fungsi Komposisi (4)

Contoh Soal Fungsi Komposisi dan Invers 4

Contoh Soal Fungsi Komposisi (5)

image 24

Contoh Soal Fungsi Komposisi (6)

image 25

Contoh Soal Fungsi Komposisi (7)

image 26

Contoh Soal Fungsi Komposisi (8)

image 27

Contoh Soal Fungsi Invers (9)

image 30

Contoh Soal Fungsi Invers (10)

image 29

Apabila merasa kesulitan dalam memahami contoh soal fungsi komposisi dan fungsi invers karena belum memahami pengertian dasar sebuah fungsi, ada baiknya kamu mempelajari lebih dulu tentang Contoh Soal Relasi dan Fungsi.

Download Contoh Soal Fungsi Komposisi dan Invers PDF

Sebagai pelengkap, kali ini penulis hendak membagikan file PDF berisi kumpulan soal latihan seputar fungsi komposisi yang sudah ada jawabannya. Silakan download langsung file soal latihan fungsi komposisi di bawah dengan cara klik tombol unduh.

Akhir Kata

Demikian bahasan Kursiguru seputar contoh soal fungsi komposisi dan fungsi invers serta jawaban tiap soalya. Semoga setelah membaca ulasan soal-soal fungsi komposisi serta invers di atas membuat kamu lebih mudah percaya diri ketika harus mengerjakan soal fungsi komposisi dan invers.

Advertisements

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *