Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 40 Contoh Soal Aritmatika Sosial & Cara Cepat Mengerjakannya 2021

Contoh Soal Aritmatika Sosial

Contoh Soal Aritmatika Sosial merupakan bentuk hitungan matematis untuk menyelesaikan persoalan untung-rugi, diskon, dan berat sebuah produk. Ragam soal aritmatika sosial kamu perlukan untuk menyiapkan diri saat masuk ke jenjang sekolah menengah pertama, karena akan kamu temui di proses pembelajaran.

Sebagai seorang siswa pastinya kamu sudah pernah mendengar istilah aritmatika di sekolah. Jika merasa belum, maka gurumu mungkin menjelaskannya dengan kata hitung-hitungan. Karena memang seperti itulah dasar ilmu aritmatika.

Jika ditarik ke bidang sosial, makna aritmatika adalah perhitungan terhadap kejadian atau peristiwa di dunia nyata. Secara garis besar, pembelajaran serta kumpulan soal seputar aritmatika sosial, membahas hitungan diskon, bunga tabungan, hingga rugi dan laba penjualan.

Seperti halnya materi AKM, mempelajari aritmatika sosial termasuk kebutuhan bagi siswa SMP, karena saat mengikuti ujian di kelas 7, sangat besar kemungkinan kamu menemui contoh soal jenis ini. Untuk menambah referensimu, kursiguru akan membahas contoh soal-soal aritmatika sosial di artikel kali ini.

Contoh Soal Aritmatika Sosial & Pembahasannya

Tipikal Soal Aritmatika Sosial

Seperti pada penjelasan di atas, bahasan soal aritmatika sosial menyangkut hal-hal terkait keuangan serta penjualan. Dimana ciri paling umum dari soal jenis ini adalah munculnya prosentase (%) di keterangan soal.

Rumus Soal Aritmatika Sosial

Untuk jenisnya, contoh soal-soal aritmatika sosial terbagi atas beberapa macam, yaitu:

1. Jenis Soal Laba-Rugi Penjualan

Laba (keuntungan) serta rugi di soal artimatika sosial biasanya dicontohkan dalam bentuk soal cerita. Laba-rugi merupakan satu kesatuan jenis soal namun terbagi menjadi 2 (dua) kondisi. Saat harga jual>harga beli artinya laba didapatkan, sebaliknya saat harga jual<harga beli maka rugi didapat. Rumus laba-rugi penjualan di sini adalah:

Besarnya untung atau rugi = Harga besar – harga kecil.

Persentase keuntungan atau kerugian =  (Besarnya untung atau rugi)/harga beli × 100%.

2. Jenis Soal Diskon

Diskon atau kerap disebut sebagai rabat merupakan besarnya potongan harga untuk pembelian sebuah produk (barang & jasa).

Besarnya diskon = Harga asli – harga baru = Persentase diskon × Harga asli.

Persentase diskon = (Besarnya diskon)/harga asli × 100%.

Contoh:

3. Jenis Soal Bunga Tabungan

Bunga tabungan merupakan tipe soal aritmatika sosial yang paling sering dijumpai ketika ujian dilakukan. Contoh soal biasanya menjelaskan mengenai tabungan seseorang, lalu kamu diharuskan menghitung besarnya bunga yang diperoleh untuk jangka waktu tertentu. Persentase bunga di dalam soal bisa berupa bunga bulanan, harian, ataupun tahunan.

Bunga tahunan (dalam persen) = i ; bulanan = i/12 ; harian = i/365.

Jangka waktu = n.

Jumlah tabungan mula-mula = p.

Jumlah bunga = i × n × p.

Contoh Soal Aritmatika Sosial

Contoh Soal (1) – Laba-Rugi

Setahun lalu Rose & Rosa masing-masing membeli mobil seharga Rp. 200.000.000. Tahun ini keduanya mereka berdua menjualnya, dimana Rose menjualnya seharga Rp. 190.000.000 (karena terdapat kerusakan), sementara Rosa mampu menjualnya seharga Rp. 205.000.000. Hitunglah keuntungan/kerugian mereka berdua!

Jawaban Contoh Soal 1 Laba Rugi

Contoh Soal (2) – Diskon

Zhongli berniat membeli 20 buah corlapis kepada seorang penjual di Liyue. Saat datang ke tokonya, ternyata sedang ada diskon untuk corlapis sebesar 15%. Jika corlapis dibanderol seharga Rp. 200.000 per buah, berapa total biaya pembelian corlapis Zhongli?

Jawaban Contoh Soal 2 Diskon

Contoh Soal (3) – Bunga Tabungan

Childe telah menabungkan uang miliknya sejumlah Rp. 60.000.000 di bank Liyue. Jika pihak bank memberikan bunga tahunan sebesar 12% per tahun, berapa jumlah tabungan Childe setelah 8 bulan dan dua tahun kemudian?

Jawaban Contoh Soal 3 Bunga Tabungan

Contoh Soal (4) – Bunga Tabungan

Organisasi bernama Fatui telah menabung selama 10 bulan di bank Liyue dengan bunga per tahunnya 12%. Jika sekarang Fatui memiliki total tabungan Rp. 2.200.000.000, berapakah jumlah awalnya?

Jawaban Contoh Soal 4 Bunga Tabungan

Download Contoh Soal Aritmatika Sosial

Untuk lebih memahami aritmatika sosial, silakan kerjakan kumpulan contoh soal kursiguru berikut ini. Kumpulan soal aritmatika dari kursiguru dapat didownload secara langsung serta gratis.

Download Contoh Soal Aritmatika Sosial

Itulah uraian seputar materi aritmatika sosial dari kursiguru. Semoga penjelasan di atas bisa membantu peroses belajarmu. Sebisa mungkin pahamilah cara mengerjakan soal aritmatika sosial, karena masih akan dipakai ketika mengerjakan soal tes lain, seperti SBMPTN dan CPNS.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.