Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

7 Contoh Soal Bunga Majemuk dan Tunggal : Rumus & Jawaban 2021

Contoh Soal Bunga Majemuk

Contoh Soal Bunga Majemuk – Mata pelajaran terkait suku bunga biasanya mulai diajarkan pada siswa sekolah menengah atas kelas 12 SMA maupun SMK, baik di kelas ekonomi maupun akuntansi. Dimana suku bunga majemuk serta bunga tunggal umumnya digunakan pada penghitungan hasil tabungan seorang nasabah bank.

Seorang siswa SD ataupun SMP di Indonesia pasti sudah pernah mendengar istilah bunga tabungan di bank, bahkan mungkin sudah pernah mengerjakan soal tentang bunga tersebut. Namun biasanya pengenalan ilmu bunga perbankan pada siswa diawali dengan memperkenalkan bunga tunggal.

Artinya seorang peserta didik belum diajarkan tentang cara menghitung bunga majemuk. Padahal pada kenyataannya sebuah bank lebih sering menggunakan bunga majemuk. Oleh karena itu, ketika peserta didik memilih untuk fokus belajar akuntansi atau ekonomi pastinya akan menemui bunga majemuk.

Pada kesempatan kali ini, Kursiguru akan membahas mengenai bunga majemuk dan tunggal mulai dari pengertian, rumus, contoh persoalan hingga jawaban beserta pembahasannya. Untuk mempersingkat waktu, silakan langsung simak bahasan Kursiguru berikut ini.

Pengertian Bunga Majemuk – Tunggal

Sebelum menuju ke contoh persoalan, akan lebih baik jika seorang siswa memahami pengertian bunga majemuk serta bunga tunggal. Dimana kedua jenis bunga perbankan tersebut mempunyai penjelasan seperti di bawah ini.

Bunga Majemuk

Bunga majemuk atau dalam istilah asingnya Intrayear Compounding merupakan pemberian bunga dari pihak bank dalam kurun waktu tertentu. Artinya bunga majemuk mungkin saja diberikan lebih dari satu kali dalam setahun tergantung periode pemberian bunga majemuk. Bunga majemuk sendiri memberikan pendapatan lebih besar daripada bunga tunggal, karena bunga majemuk menghitung penambahan bunga berdasarkan jumlah tabungan setiap memasuki periode baru.

Bunga Tunggal

Sementara untuk bunga tunggal adalah besaran bunga tabungan yang diberikan pihak bank kepada para nasabahnya setiap tahun. Artinya bunga tunggal akan memberikan penghasilan berdasarkan besaran tabungan saat pertama kali uang diterima bank. Dengan kata lain perhitungan bunga tunggal lebih mudah jika dibandingkan dengan bunga majemuk.

Rumus Bunga Majemuk dan Tunggal

Agar kamu bisa melakukan perhitungan bunga majemuk maupun bunga tunggal, penulis akan membagikan rumusnya. Rumus perhitungan kedua bunga tersebut diantaranya adalah:

Rumus Bunga Majemuk dan Tunggal

Contoh Soal Bunga Majemuk

Karena sangat tidak mungkin mempelajari ilmu terkait bunga tanpa soal, maka berikut Kursiguru bagikan beberapa contoh soal latihan terkait bunga perbankan. Dimana setiap soal di bawah disertai dengan jawaban serta bahasan cara mengerjakannya.

Contoh Soal Bunga Majemuk (1)

Usopp menabung uang miliknya sejumlah Rp. 50.000.000 dalam perbankan HimeHime. Dimana bank HimeHime mempunyai ketentuan rasio bunga sebesar 8% setiap 6 bulan. Berapa tabungan Usopp bila waktu sudah berjalan selama 3 tahun?

Jawaban :

Jawaban Contoh Soal Bunga Majemuk 1

Contoh Soal Bunga Majemuk (2)

Abraham telah menabung selama 6 tahun di perbankan swasta bernama BamBank. Bila ketentuan bunga majemuk BamBank adalah 5% setiap caturwulan (4 bulan) sedangkan saldo awal Abraham berjumlah Rp. 10.000.000, maka hitunglah saldo Abraham saat ini!

Jawaban :

2

Contoh Soal Bunga Majemuk (3)

Berdasarkan contoh (2) di atas, bila ketentuan bunga majemuk BamBank adalah 5% setiap 3 bulan sekali, maka berapakah total bunga yang diterima Abraham?

Jawaban :

3

Contoh Soal Bunga Majemuk (4)

Demi memenuhi impiannya, Sanji berusaha berinvestasi dalam bentuk tabungan. Sanji telah menabung uang sebesar Rp. 1.000.000.000 miliknya dalam BloomBank. Apabila BloomBank memberi bunga majemuk sebesar 16% setiap tahun, sedangkan lamanya periode tersebut adalah 3 bulan, maka berapa total tabungan Sanji setelah 5 tahun?

Jawaban :

4

Contoh Soal Bunga Majemuk (5)

Berdasarkan informasi contoh soal (4), jika saldo awal Sanji hanya Rp. 500.000.000 maka berapakah total saldo akhirnya?

Jawaban :

5

Contoh Soal Bunga Tunggal (6)

Berdasarkan contoh soal (4), hitunglah tabungan akhir milik Sanji bila ketentuan dari BloomBank ternyata berupa bunga tunggal.

Jawaban :

6

Contoh Soal Bunga Tunggal (7)

7

Nami menginvestasikan uang hasil kerja kerasnya sejumlah Rp. 3.000.000.000 menjadi tabungan dalam perbankan AntiBimBank. Jika Nami berencana mengambil tabungannya setelah 3 tahun sedangkan AntiBimBank memberikan bunga sebesar 10% tiap tahun, berapakah uang yang akan diterima AntiBimBank?

Jawaban :

Dari gambaran soal di atas dapat diketahui bahwa perhitungan bunga majemuk memiliki kesamaan dengan materi matematika yakni Pertumbuhan dan Peluruhan. Namun pada Contoh Soal Pertumbuhan dan Peluruhan tidaklah menghitung uang, melainkan hal seperti bahan radioaktif hingga mahluk hidup.

Download Contoh Soal Bunga Majemuk

Selanjutnya penulis akan membagikan file kumpulan soal bunga majemuk yang bisa didownload secara langsung. File PDF kumpulan soal bunga majemuk di bawah ini bisa kamu download tanpa mengeluarkan biaya alias gratis.

Akhir Kata

Demikian uraian Kursiguru terkait contoh soal bunga majemuk serta bunga tunggal. Ingatlah bahwa seperti pada cabang ilmu ekonomi lainnya kamu juga memerlukan ketelitian dalam menghitung bunga majemuk. Jadi tetaplah semangat dan fokus dalam belajar agar mendapatkan hasil terbaik.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.