Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

90 Contoh Majas Simile : Pengertian, Ciri-ciri, & Contohnya

Contoh Majas Simile

Contoh Majas Simile – Ketika kita membaca sebuah karya sastra, kita akan menemukan kalimat yang disebut majas simile. Sering kali penyair maupun penulis karya sastra menciptkan kalimat menggunakan majas simile. Lalu, apa yang disebut itu majas simile, ciri-cirinya, dan contohnya. Kursiguru akan mencoba membahas di artikel ini.

Bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa dari banyaknya bahasa di Indonesia yang memiliki banyak kiasan dalam sebuah kalimat. Tidak jarang kita menemukan kata-kata indah di dalamnya. Kemudian kita ikut merasakan suasana di setiap kalimatnya.

Ada banyak sekali ragam majas, salah satunya majas ironi yang sudah Kursiguru tulis sebelumnya. Di mana fungsi dari semua majas tersebut digunakan untuk menciptakan kesenangan imajinatif.

Di kesempatan kali ini, Kursiguru akan mengajak kamu semua untuk membahas seluk beluk mengenai contoh majas simile. Yuk, simak artikel ini secara lengkap dengan membaca keseluruhan materi ini.

Apa Itu Majas Simile

Majas itu sendiri sering disebut sebagai gaya bahasa atau bahasa kiasan. Sedangkan simile dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai bahasa kiasan dengan cara menyamakan sesuatu hal dengan hal lain. Karena menyamakan dengan hal lain, majas simile disebut juga gaya bahasa perumpamaan.

Untuk mengetahui adanya gaya bahasa simile dalam kalimat, kita menemukan adanya pilihan kata yang beragam. Selain itu menggunakan kata hubung atau konjungsi seperti, bagai, umpama, bagaikan, bak, semisal, dan sebagainya selalu digunakan dalam majas tersebut.

Baca  10 Contoh Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 & Jawaban

Ciri-ciri Majas Simile

Adapan dalam penciptaan majas simile terdapat ciri-ciri. Di bawah ini, Kursiguru telah merangkum ciri-ciri majas perumpamaan sebagai pembeda dari majas lainnya. Berikut ciri-ciri dari gaya bahasa simile.

Menggunakan Konjungsi Perbandingan

Dalam majas perbandingan, tentunya menggunakan konjungsi perbandingan. Konjungsi perbandingan sendiri terdiri dari ibarat, bagaikan, laksana, seperti, layaknya, dan lain sebagainya.

Menggunakan Kalimat Pembanding

Selain itu, penggunaan kalimat pun membandingan dengan suatu hal atau peristiwa lain yang hampir sama dengan apa yang ingin disampaikan. Perlu pemahaman peristiwa di luar untuk menciptakan kalimat perbandingan ini.

Disampaikan Secara Eksplisit/Jelas

Kemudian, majas simile juga harus disampaikan secara jelas. Sehingga pembaca bisa mengerti maksud dari tulisan kita.

Kumpulan Contoh Majas Simile

Setelah kita mengetahui majas perumpamaan, kita mencoba menulis contoh dalam kalimat bahasa Indonesia. Di bawah ini penulis telah menyediakan beberapa contoh yang bisa dijadikan sebagai bahan latihan kamu menulis. Berikut kumpulan contoh majas perumpaan dalam kalimat.

  • Ibu bagaikan bintang, selalu menyinari di setiap kegelapan.
  • Pipimu kulit bak putihnya salju.
  • Bercita-citalah seperti berenang di samudera paling luas.
  • Tingkah laku anak itu lucu seperti badut.
  • Ayah bak laksana raja.
  • Wajahmu bersinar bagaikan pertama paling indah.
  • Patah hati ini bagaikan ditusuk pedang panjang.
  • Hati ini kosong seperti rumah ditinggal pemiliknya.
  • Bayi itu menangis seperti suara kucing.
  • Rambutmu lembut bagaikan kain sutra.
  • Dia meneteskan air mata seperti induk kucing kehilangan anaknya.
  • Ruang kelas ini dingin sekali, bagaikan berasa di kutub utara.
  • Kakek semaki membaik, sudah terlihat segar seperti sedia kala.
  • Andi dan Ayu selalu bertengkar seperti kucing dan tikus.
  • Kita adalah sepasang kekasih yang utuh bagaikan bunga mawar lengkap.
  • Kita selalu bertemu di bumi ini yang seperti daun kelor.
  • Kepala sekolah itu tetap kokoh pada pendiriannya, seperti gedung-gedung yang kokoh.
Baca  Materi Seni Budaya Kelas X/10 SMA/SMK : Konsep Seni [2022]

Download Buku Tentang Majas Simile

Nah, dari semua penjelasan di atas, akhirnya kita sudah tahu dan paham paham mengenai majas simile atau majas perumpamaan. Agar kamu mendapatkan lebih materi ini, Kursiguru telah menyediakan buku materi tentang majas. Kamu bisa memiliki buku tersebut dengan cara mendownloadnya. Langsung saja download file buku PDF di bawah ini.

Download Buku Tentang Majas Simile

Akhir Kata

Itulah pembahasan di atas mengenai majas simile, mulai dari definisi, ciri-ciri, hingga contoh dalam kalimat bahasa Indonesia. Semoga tulisan Kursiguru ini dapat memberi kemudahan dalam mempelajari materi jenis-jenis majas bahasa Indonesia.

Ingin lebih banyak tahu mengenai materi dalam dunia pendidikan, langsung saja klik link Kursiguru untuk mendapatkan semua materi yang ada di pendidikan di Indonesia.

Sumber Gambar : Dialektis.co

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *