Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

60 Contoh Majas Metafora : Pengertian, Ciri-ciri, dan Jenis-jenis

Contoh Majas Metafora

Contoh Majas Metafora – Ketika kita membuat sebuah puisi, tentunya menggunakan gaya bahasa. Hal ini untuk menunjukkan keindahan dalam setiap bait puisi. Gaya bahasa sendiri disebut juga majas. Banyak sekali jenis-jenis majas, salah satunya majas metafora.

Nah, di kesempatan kali ini Kursiguru akan mengajak kalian untuk membahas contoh majas metafora dalam sebuah puisi. Tentunya materi ini sangat penting kita ketahui, mengingat puisi adalah sebuah karya fiksi yang harus memiliki unsur keindahan.

Sebelumnya, Kursgiuru telah membahas mengenai contoh majas asosiasi. Di materi tersebut membahas mengenai bagaimana terbentuknya majas asosiasi. Bagi teman-teman yang belum mempelajari materi tersebut, bisa langsung membukannya.

Pembahasan materi ini meliputi pengertian, ciri-ciri, jenis-jenis, dan contoh majas metafora. Selain itu, seperti biasa Kursiguru akan membagikan sebuah buku di akhir artike ini. Jadi bagi kamu yang sedang mempelajari materi ini bisa simak artikel ini sampai selesai.

Pengertian Majas Metafora

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, majas sendiri diartikan sebagai cara menggambarkan suatu benda dengan menyamakan suatu hal yang dibicarakan. Sedangkan metafora diartikan sebagai penggunakan kata atau diksi atau sekelompok kata bukan dari makna yang sesungguhnya. Jadi, majas metafora merupakan penggunaan kata bukan sesungguhnya dengan cara menggambarkan suatu benda dengan suatu hal lainnya.

Majas metafora sendiri sering kali digunakan dalam puisi. Namun bisa juga digunakan dalam tulisan apapun, tergantung penulisnya dan konteks. Gaya bahasa ini digunakan untuk membuat kesan lebih merasakan emosional.

Baca  3 Materi Tes Intelegensi Umum TIU CPNS & Download PDF

Ciri-ciri Majas Metafora

Majas metafora sendiri memiliki ciri-ciri untuk membedakan dengan majas lainnya. Terdapat 3 ciri yang perlu kita ketahui. Berikut penjelasan dari masing-masing ciri tersebut.

Bermakna Kias

Ciri yang pertama yaitu memiliki makna kias. Makna ini adalah sebagai persamaan atau perbandingan dengan sesuatu hal.

Penggunaan Perbandingan

Ciri kedua adalah terdapat penggunaan kata perbandingan. Adapun kata-kata yang digunakan adalah bak, seperti, laksana, bagaikan, dan kaya. Kata-kata tersebut bisa kita gunakan ketika membandingan dengan suatu hal apapun.

Tidak Adanya Kata Hubung

Ciri terakhir yaitu tidak adanya kata hubung atau konjungsi. Hal ini dikarenakan majasnya hanya terdapat perbandingan atau persamaan. Tidak menjelaskan arti dari majas yang ditulis.

Jenis Majas Metafora

Adapun dari gaya bahasa metafora ini memiliki jenis-jenis. Terdapat 3 jenis majas yang sering ditemukan dalam sebuah teks baik itu puisi atau teks lainnya. Berikut penjelasan ketiga jenis tersebut.

Majas Metafora Eksplisit

Pada jenis pertama ini, penggunaan gaya bahasanya disampaikan secara terus terang. Tidak berbelit-belit. Keutamaan dalam jenis pertama ini membuat pembaca langsung memahami maksud dari teks yang ditulis.

Majas Metafora Implisit

Selain bisa disampaikan secara terus terang, majas metafora bisa disampaikan secara mutlak tanpa adanya ragu-ragu. Sama halnya dengan eksplisit, jenis ini supaya pembaca tidak merasa bingung.

Majas Metafora Usang

Selain kedua jenis di atas, terdapat jenis terakhir yaitu majas metafora usang. Artinya penggunaan kata-kata bisa menggunakan suatu hal yang sudah usang atau tidak lazim.

Contoh Majas Metafora

Nah, setelah mengetahui pengertian, ciri-ciri, dan jenis-jenis majas metafora, Kursiguru akan membagikan contoh majas metafora yang bisa kita gunakan dalam tulisan kamu. Berikut kumpulan contoh majas metafora.

  1. Tuhan bagaikan rongga dada paling dalam.
  2. Laki-laki itu bak pahlawan kesiangan.
  3. Dini seperti kembang desa.
  4. Ombak air laut itu bagaikan lipatan kain.
  5. Pejabat itu sudah seperti tikus-tikus berdasi.
  6. Matamu bersinar bak matahari di pagi hari.
  7. Prajurit itu berjuang layaknya singa marah.
  8. Anak itu merindukan ibunya layaknya anak rusa merindukan induknya.
Baca  2 Materi Sosiologi Kelas 11 Semester 2 K13 Revisi & File PDF 2022

Download Buku Tentang Majas Metafora

Sesuai janji di atas, Kursiguru bakal memberikan buku tentang majas metafora, di akhir artikel ini. Buku ini bisa kamu download dengan sangat mudah. Karena bentuknya berupa PDF, jadi kamu bisa menyimpan dengan mudah di laptop atau handphone mu.

Download Buku Tentang Majas Metafora

Akhir Kata

Kurang lebih pembahasan mengenai materi contoh majas metafora bersama Kursiguru. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan keringanan belajar kamu di sekolah maupun di rumah. Nantikan pembahasan lainnya bersama Kursiguru mengenai dunia pendidikan.

Sumber Gambar : Grid.ID

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *