Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

110+ Contoh Majas Asosiasi : Pengertian, Ciri, dan Fungsi

Contoh Majas Asosiasi

Contoh Majas Asosiasi – Membahas kembali seputar khasanah ilmu bahasa Indonesia. Kali ini, Kursiguru akan mengajak kalian untuk mempelajari materi tentang contoh majas asosiasi. Seperti biasa pembahasan di Kursiguru akan dibahas secara lengkap dan berasal dari sumber memadai. Sehingga, artikel ini layak dibaca kamu suatu saat nanti.

Materi tentang majas asosiasi selalu diajarkan di setiap jenjang sekolah. Mengapa selalu diajarkan? agar peserta didik betul-betul memahami materi tersebut. Kebanyakan, majas asosiasi ini digunakan dalam tulisan karya sastra. Seperti puisi, cerpen, novel, dan teks drama.

Sebelumnya Kursiguru telah membahas mengenai majas pleonasme. Di mana majas tersebut merupakan penggunaan kata yang berlebihan. Sedangkan majas asosiasi sendiri merupakan penggunaan kata yang membandingkan dengan dua hal berbeda. Bagi kamu yang belum membaca artikel tentang majas pleonasme, bisa membuka sebagai bahan ajar tambahan.

Pembahasan pada artikel ini meliputi pengertian, ciri-ciri, dan contoh majas asosiasi. Tidak hanya itu, di akhir artikel juga akan dibagikan buku mengenai majas. Nah, bagi kamu yang sedang mempelajari atau mendapatkan tugas materi ini, artikel ini bisa digunakan sebagai acuan. Mari kita bahas bersama-sama.

Pengertian Majas Asosiasi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, majas merupakan sebuah cara menggambarkan sesuatu dengan menyamakan sesuatu yang lain. Majas asosiasi sendiri merupakan penggunaan kata yang membandingkan dengan sesuatu yang sama atau mirip.

Seperti contoh, Andi memiliki sifat yang keras seperti batu, jadi susah untuk menasehatinya. Nah, kata yang dicetak miring dan tebal merupakan majas asosiasi. Di mana terdapat perbandingan dengan benda batu. Batu sendiri memiliki sifat yang keras.

tisu murah
Baca  150 Contoh Soal Tes Perangkat Desa Kunci Jawaban PDF

Ciri-ciri Majas Asosiasi

Adapun majas asosiasi memiliki beberapa ciri-ciri sebagai pembeda dengan majas lainnya. Majas ini memiliki tiga ciri. Berikut penjelas dari ketiga ciri tersebut.

Perbandingan dengan Objek

Di lihat dari pengertian di atas, sudah tentu majas asosiasi memiliki ciri membandingkan dengan objek. Perbandingan ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan konjungsi perumpamaan yang meliputi, seperti, bagaikan, bak, ibarat, semacam, seolah-olah, dan lain-lain.

Penjelasan Objek Lebih Implisit

Ciri-ciri yang kedua adalah penjelasan objek lebih implisit, maksudnya dinyatakan secara mutlak tanpa ada ragu-ragu atau secara tulus. Jadi, ketika kita menggunakan majas asosiasi harus secara tulus sesuai dengan kenyataan yang ada.

Penafsiran yang Berbeda-beda

Walaupun dinyatakan secara tulus tanpa ragu-ragu, namun biasanya pembaca bisa menafsirkan dengan hal yang berbeda. Nah, makanya harus ada penjelasan lebih lanjut ketika kita menggunakan majas asosiasi.

Fungsi Majas Asosiasi

Selain memiliki ciri-ciri di atas, majas asosiasi juga memiliki fungsi dalam teks bahasa Indonesia. Fungsi majas asosiasi sendiri untuk menyampaikan ide dan gagasan kepada pembaca melalui perumpamaan agar pembaca lebih terkesan membacanya. Selain itu juga memberikan nilai variatif dalam menyusun sebuah kalimat.

Contoh Majas Asosiasi

Saatnya kita mencoba menulis sebuah kalimat yang berisi majas asosiasi. Contoh di bawah ini bisa kamu modifikasi agar lebih menarik. Berikut beberapa contoh yang sudah dibuat oleh Kursiguru.

  • Andi memiliki sifat yang keras seperti batu, jadi susah untuk menasehatinya.
  • Jumlah hutangnya sangat banyak seperti air lautan, mungkin susah untuk bisa melunasinya.
  • Kepala sekolah sudah kehabisan akal layaknya telur diujung tanduk mengatasi para siswa yang bandel.
  • Rumah komedian Sule itu sangat besar dan mewah seperti istana kerajaan.
  • Andi tertidur pulas layaknya kerbau sedang tidur.
  • Cintaku bagaikan gunung dan luasnya lautan.
  • Andri berlari cepat bak mobil formula 1.
  • Para siswa berisik seperti tong kosong nyaring bunyinya.
  • Kulit bayi itu putih sekali seperti salju.
  • Bayu berbuat baik tidak seperti biasanya, layaknya pahlawan kesiangan.

Download Buku Tentang Majas Asosiasi

Penjelasan mulai dari pengertian, ciri-ciri, fungsi, hingga beberapa contoh majas asosiasi, tentunya kamu sudah memahami betul materi kita ini. Agar lebih paham dengan materi ini, Kursiguru akan membagikan buku rekomendasi yang berisi materi tentang majas asosiasi. Buku ini berbentuk file PDF, jadi kamu bisa memiliki secara permanen dan bisa digunakan sewaktu-waktu.

Baca  50 Contoh Konjungsi Kronologis: Lengkap dengan Contoh Kalimat

Download Buku Tentang Majas Asosiasi

Akhir Kata

Nah, itulah pembahasan mengenai majas asosiasi beserta contohnya bersama Kursiguru. Semoga dengan tayangnya artikel ini bisa memberikan tambahan materi bagi kamu yang sedang mempelajari majas asosiasi. Nantikan pembahasan lainnya bersama Kursiguru berkaitan dengan dunia pendidikan.

Sumber Gambar : Gramedia.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.