Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

14 Contoh Kosakata Percakapan : Pengertian, Ciri-ciri, & Contoh

Contoh Kosakata Percakapan

Contoh Kosakata Percakapan – Salah satu bahasa Indonesia adalah sebagai alat komunikasi. Sudah barang tentu semua manusia di dunia memiliki bahasanya masing-masing. Nah, di kesempatan artikel ini akan dibahasa mengenai materi contoh kosakata percakapan dalam bahasa Indonesia.

Berdasarkan situasi, komunikasi dibagi menjadi komunikasi formal dan tidak formal. Kosakata percakapan sendiri masuk dalam kategori komunikasi tidak formal. Kosakata yang digunakan lebih sering menggunakan bahasa yang santai.

Materi ini tidak kalah penting dengan artikel contoh kalimat tidak langsung. Dikarenakan materi kosakata percakapan selalu diajarkan di jenjang pendidikan. Seperti halnya bermain peran, membaca karya sastra, dan lain sebagainya.

Nah, bagi kalian yang saat ini sedang mempelajari materi kosakata percakapan, silakan bisa mengikuti pembahasan bersama Kursiguru. Pembahasan meliputi pengertian, ciri-ciri, dan contoh. Berikut pembahasan dari Kursiguru.

Pengertian Kosakata Percakapan

Apabila membaca kamus besar bahasa Indonesia, kosakata diartikan sebagai perbendaharaan kata yang dimiliki bahasa Indonesia. Sedangkan percakapan merupakan suatu interaksi pembicaraan antara dua orang atau lebih. Dapat disimpulkan bahwa kosakata percakapan merupakan kosakata yang digunakan dalam interaksi pembicaraan antara dua orang atau lebih.

Ciri-ciri Kosakata Percakapan

Kosakata percakapan sendiri memiliki ciri-ciri yang membedakan dari kosakata lainnya. Terdapat 4 ciri yang sudah dirangkum oleh Kursiguru dari berbagai referensi. Berikut penjelasan dari keempat ciri tersebut.

tisu murah

Bentuk Kalimat Lebih Sederhana

Kalimat yang digunakan dalam percakapan terbilang sederhana. Sangat berbeda dengan komunikasi formal. Maksudnya sederhana adalah tidak berbelit-belit dan kalimat lebih sedikit jumlahnya. Selain itu,

Baca  Materi Matematika Kelas 5 Semester 2 : Kurikulum K13 & Download PDF

Kosakata yang Digunakan Kosakata Sehari-hari

Selain kalimat lebih sederhana, percakapan juga menggunakan kosakata sehari-hari. Seperti halnya percakapan di lingkungan masyarakat. Sering kali kita menemukan kosakata baru dalam percakapan masyarakat.

Menggunakan Kata Seru

Dalam percakapan sehari-sehari tentunya terdapat perasaan, baik itu marah, sedih, bahagia, atau senang. Selain itu bisa terdapat perasaan batin seperti kaget, terharu, sedih, kagum, dan lain sebagainya. Semua perasaan itu bisa tersampaikan dengan menggunakan kata seru. Antara lainnya seperti wah, sst, eh, oh, aduh, ih, dan lain-lain.

Terjadi Perubahan Leksikon

Leksikon adalah leksem yang terdapat dalam suatu bahasa. Perubahan leksikon dalam kosakata percakapan sendiri terjadi karena adanya situasi dan kondisi. Selain itu, perubahan leksikon juga bisa terjadi karena perkembangan zaman.

Contoh Kosakata Percakapan

Setelah mengetahui definisi dan ciri-ciri kosakata percakapan, Kursiguru akan memberikan beberapa contoh kosakata percakapan dalam kalimat bahasa Indonesia. Berikut beberapa contoh yang sudah disusun oleh Kursiguru.

  • Wah, bagus sekali bajumu, beli di mana? tanya Sandi kepada Iren
  • Waduh, sepertinya sore ini aku tidak bisa ikut les tambahan, terang Ryan
  • Eh, hari ini akan ada pertandingan sepak takraw, di desa sebelah.
  • Ih! di sumur itu kan katanya angker.
  • Wah, murung sekali penderitaanmu saat ini.
  • Nah, kalian tahu setiap masalah yang sudah saya jelaskan, yaa.
  • Wah, senang kali hidupmu di hutan yang tenang ini, kura-kura.
  • Ahaay, saya paham akal busuk dia selama ini.
  • Oalah, jadi polisi itu sudah menangkap pelaku kejahatan, malah itu.
  • Hei, mengapa kamu berdiam diri di sini, ayo kita ikut permainan di sana.
  • Bahh, kalian ini bisa saja menjadi siswa yang pintar.
  • Sudahlah, lebih baik kita diam saja dari permasalahan hari itu, ucap Andi
  • Ssst, diam dulu. Ada orang mengendap-ngendap ke rumah ini, lirih Surya
  • Huss, kamu ngawur. Dia itu sudah insaf, ucap Andi
Baca  150 Contoh Soal Tes Perangkat Desa Kunci Jawaban PDF

Download Buku Tentang Kosakata

Selain beberapa contoh di atas, Kursiguru juga telah menyediakan contoh dan materi tambahan dalam bentuk buku. Format buku ini berbetuk PDF. Kalian bisa mendownload file buku ini sebagai pegangan untuk mempelajari lebih dalam mengenai kosakata percakapan. Silakan download file buku di bawah ini dengan sangat mudah.

Download Buku Tentang Kosakata

Akhir Kata

Itulah pembahasan kita mengenai kosakata percakapan dalam bahasa Indonesia. Dengan adanya artikel ini, Kursiguru berharap bisa menambah wawasan kamu tentang kosakata dan tata bahasa Indonesia. Selain itu, bisa menerapkan contoh-contoh percakapan di atas sebagai referensi tulisanmu. Nantikan pembahasaan selanjutnya seputar dunia pendidikan bersama Kursiguru.

Sumber Gambar : Detik.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.