Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

6 Biaya Kuliah Unpam 2022 & Akreditasi Jurusan D3 D4 S1

Biaya Kuliah UNPAM
Advertisements

Biaya Kuliah Unpam – memberikan ulasan mengenai besarnya biaya bagi seorang mahasiswa atau peserta didik baru di Universitas Pamulang. Dimana besarnya biaya kuliah Unpam tahun ajaran 2022/2023 dibedakan berdasar kelas mahasiswa.

Universitas Pamulang atau sering disebut sebagai Unpam merupakan sebuah perguruan tinggi swasta (PTS) ternama di provinsi Banten, tepatnya di kota Tangerang. Didirikan lebih dari 20 tahun lalu oleh Yayasan Prima Jaya, kini Unpam telah mampu mendapatkan akreditasi kampus dengan nilai B.

Semakin meningkatnya kualitas akademik di Unpam membuat jumlah peminat yang hendak mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Universitas Pamulang makin bertambah. Hal ini tentunya perlu diiringi dengan penyediaan informasi terkait Unpam, termasuk seputar biaya kuliah terbarunya.

Advertisements

Oleh karena itu, di sini Kursiguru akan memberikan penjelasan mengenai besaran biaya kuliah Unpam beserta data akreditasi tiap jurusan didalamnya. Ulasan lengkap seputar biaya kuliah Unpam beserta akreditasi masing-masing program studinya bisa kamu simak pada bahasan berikut.

Akreditasi Jurusan Unpam

Sebelum menuju ke pembahasan utama seputar biaya kuliah Unpam, di sini penulis akan membagikan info tentang akreditasi masing-masing program studi atau jurusan yang ada di Unpam terlebih dulu. Dimana data akreditasi tiap jurusan Unpam jenjang D3, D4 serta S1 bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Jurusan Kuliah UnpamJenjangAkreditasi
AkuntansiD3B
SekretariD3B
Akuntansi PerpajakanD4
AkuntansiS1B
Ilmu HukumS1B
ManajemenS1B
MatematikaS1B
Pendidikan EkonomiS1B
Pendidikan Pancasila Dan KewarganegaraanS1B
Sastra IndonesiaS1B
Sastra InggrisS1B
Teknik ElektroS1B
Teknik IndustriS1B
Teknik InformatikaS1B
Teknik MesinS1B
Teknik KimiaS1C
Sistem InformasiS1
Advertisements

Dari tabel di atas bisa diketahui bahwa kualitas Unpam tidak buruk dalam hal akademik, karena hampir sebagian besar jurusan telah mendapat akreditasi B. Meski demikian, bila dibandingkan dengan PTS daerah Tangerang lainnya seperti Universitas Esa Unggul maka akreditasi Unpam masih berada dibawah.

Baca  10 Biaya Kuliah Kedokteran 2022 : Perguruan Tinggi Negeri & Swasta

Jenis Biaya Kuliah Unpam

Selanjutnya penulis akan menjelaskan mengenai jenis biaya kuliah apa saja yang perlu dibayarkan oleh para mahasiswa Universitas Pamulang kepada pihak kampus. Dimana berdasarkan ketentuan pihak Unpam, setidaknya ada 6 (enam) jenis bea kuliah, yaitu:

1. Biaya Formulir Pendaftaran

Biaya Unpam pertama adalah biaya formulir pendaftaran, dimana kamu harus membayarnya terlebih dahulu agar dapat mengikuti proses seleksi penerimaan mahasiswa baru Unpam. Dimana besarnya biaya formulir pendaftaran kuliah Unpam sama untuk semua fakultas yaitu sebesar Rp. 100.000.

2. Biaya Registrasi Awal Semester

Sesuai namanya, biaya registrasi awal semester merupakan biaya yang perlu dibayar setiap mahasiswa Unpam ketika akan memasuki semester baru. Dimana besarnya biaya registrasi awal semester semua jurusan Unpam adalah sama yakni sebesar Rp. 150.000.

3. Biaya Kuliah Per Semester

Biaya per semester di Unpam sendiri sering disebut sebagai biaya SKS, besarnya nominal biaya per semester yang dibedakan berdasarkan pada kelas yakni kelas reguler A, B atau C. Dimana perbedaan utama dari kelas-kelas tersebut adalah waktu proses pembelajarannya.

Kelebihan dari biaya kuliah SKS per semester Universitas Pamulang adalah bisa dibayarkan menggunakan sistem cicilan 6 kali pembayaran. Artinya cicilan uang kuliah Unpam bisa dibayar setiap bulan selama satu semester.

4. Biaya Kuliah UTS & UAS

Karena Unpam merupakan kampus swasta, maka untuk urusan ujian baik itu UTS maupun UAS terdapat biaya khusus tersendiri. Besarnya biaya UTS serta UAS Unpam berkisar antara Rp. 250.000 – Rp. 350.000 tergantung kelas yang kamu pilih.

5. Biaya Jaket Almamater & KTM

Biaya jaket almamater & Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Unpam merupakan jenis biaya kuliah satu kali bayar. Artinya setiap peserta didik di Unpam hanya perlu membayar ketika masih menjadi maba. Besarnya biaya jaket almamater & KTM Unpam adalah sebesar Rp. 200.000.

Baca  6 Biaya Kuliah Universitas Prasetiya Mulya 2022 & Akreditasi Jurusan

6. Biaya Iuran Kesehatan Unpam

Biaya kuliah berupa iuran kesehatan di Unpam nantinya akan digunakan sebagai penyediaan pelayanan kesehatan bagi seluruh mahasiswa Universitas Pamulang. Nominal biaya iuran kesehatan Unpam sendiri sebesar Rp. 50.000 dan harus dibayarkan setiap semester.

Biaya Kuliah Unpam

Setelah memahami penjelasan di atas maka kamu perlu mengetahui rincian biaya perkuliahan Unpam. Dimana rincian biaya kuliah Unpam untuk tingkatan D3, D4 serta S1 bisa disimak secara langsung pada tabel di bawah ini.

Jenis Biaya Kuliah UnpamFakultas TeknikFakultas Non Teknik
Biaya Formulir PendaftaranRp. 100.000Rp. 100.000
Biaya Registrasi Awal SemesterRp. 150.000Rp. 150.000
Biaya Kuliah Per SemesterReguler A & B : Rp. 1.300.000
Reguler C : Rp. 1.950.000
Reguler A & B : Rp. 1.200.000
Reguler C : Rp. 1.800.000
Biaya UTS/UASReguler A & B : Rp. 250.000
Reguler C : Rp. 350.000
Reguler A & B : Rp. 250.000
Reguler C : Rp. 350.000
Biaya Jaket Almamater & KTMRp. 200.000Rp. 200.000
Iuran KesehatanRp. 50.000Rp. 50.000
Total Biaya Kuliah SMT 1Rp. 2.200.000 – Rp. 2.800.000Rp. 2.100.000 – Rp. 2.650.000

Call Center Unpam

Bila kamu masih mempunyai pertanyaan seputar biaya Unpam ataupun terkait informasi pendaftaran masuknya, silakan hubungi langsung pihak Universitas Pamulang melalui call center. Dimana call center Unpam bisa dihubungi melalui kontak berikut.

  • Nomor Telepon : 021-7412566
  • Email : admin@unpam.ac.id

Akhir Kata

Demikian ulasan Kursiguru seputar biaya kuliah Unpam beserta penjelasan singkat mengenai pendaftaran masuknya. Semoga bisa menjadi bahan acuan bagi para calon pendaftar di Universitas Pamulang, dan juga dapat menambah pengetahuan terkait kampus swasta Indonesia.

Advertisements
Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.