Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

10 Biaya Kuliah Kedokteran 2021 : Perguruan Tinggi Negeri & Swasta

biaya kuliah kedokteran

Biaya Kuliah Kedokteran – mengupas secara tuntas mengenai kisaran biaya studi kedokteran di seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Dengan begitu, kamu yang menginginkan kuliah di jurusan kedokteran bisa lebih dulu tahu biaya pendidikan sebelum memilih kampus.

Kuliah di jurusan kedokteran merupakan suatu hal luar biasa. Kamu pun harus mempersiapkan diri dengan baik. Terlebih memilih di perguruan tinggi negeri, tentu tingkat persaingannya sangat tinggi.

Tidak hanya itu, kamu pun harus mempersiapkan dana kuliah.Walaupun biaya kuliah di Indonesia masih tergolong rendah dibanding dengan negara lain. Namun hal itu, kita tetap harus mempersiapkan biaya kuliah dengan matang.

Di artikel ini, Kursiguru telah merangkum dari banyak sumber mengenai kisaran biaya studi di jurusan kedokteran di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik dengan jurusan kedokteran, kamu bisa mencatat setiap biaya studi ini.

Daftar Kampus Kedokteran Terbaik

Dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta yang memiliki jurusan kedokteran, beberapa telah menjadi pilihan terbaik bagi calon mahasiswa baru. Di bawah ini, Kursiguru telah merangkum daftar kampus yang memiliki jurusan kedokteran terbaik.

1. Universitas Indonesia (UI)

Dari deretan kampus yang memiliki jurusan kedokteran terbaik, Universitas Indonesia masih menjadi urutan pertama. Sampai saat ini pun, jurusan kedokteran UI berada di posisi 251 dari 300 kampus di seluruh dunia. Tidak hanya itu, jurusan tersebut telah memiliki banyak capaian prestasi akademik. Prestasi tersebut menjadi tolok ukur peminat. Jika kamu berminat, kamu bisa mengunjungi laman resmi https://penerimaan.ui.ac.id/.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada menjadi urutan kedua dengan jurusan kedokteran terbaik. Di dunia, fakultas Kedokteran UGM menduduki posisi 401. Dari prestasi akademik UI dan UGM hanya berselisih sedikit. Informasi mengenai penerimaan kamu bisa mengunjungi laman resmi https://ugm.ac.id/id/pendaftaran.

3. Universitas Airlangga (UNAIR)

Urutan ketiga diperoleh Universitas Airlangga dengan jurusan kedokteran terbaik setelah UI dan UGM. Fakultas Kedokteran UNAIR pun berada di posisi 551 di dunia. Jurusan Kedokteran di kampus tersebut bisa pilihan kamu untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Silakan kunjungi lama resmi http://www.ppmb.unair.ac.id/ apabila berminat.

4. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Pilihan lain jurusan kedokteran kamu selanjutnya adalah di Universitas Padjadjaran. Dari prestasi, UNPAD bersaing dengan UNAIR. Di dunia, fakultas Kedokteran UNPAD berada setara dengan UNAIR. UNAIR menjadi alternatif pilihan kamu. Jika kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi laman resmi dari http://smup.unpad.ac.id/.

5. Universitas Brawijaya

Pilihan jurusan kedokteran lainnya adalah Universitas Brawijaya. Walaupun belum masuk penilaian dunia, namun jurusan kedokteran di Universitas Brawijaya telah memiliki banyak prestasi hingga prestasi internasional. Kampus yang berada di Kota Malang ini menjadi pilihan. Informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru kamu bisa mengunjungi laman resmi https://ub.ac.id/id/academic/admission/.

6. Universitas Atma Jaya

Selain perguruan tinggi negeri, Kursiguru juga sudah menyediakan pilihan jurusan kedokteran yang berada di perguruan tinggi swasta. Pertama yaitu di Universitas Atma Jaya. Atma Jaya menjadi salah pilihan kamu dalam memilih jurusan kedokteran. Walaupun kampus swasta, namun jurusan kedokteran di Atma Jaya telah memiliki banyak prestasi. Silakan kunjungi lama resmi https://atmajaya.ac.id/ untuk mengetahui informasi PPMB.

7. Universitas Andalas

Pilihan jurusan kedokteran di kampus swasta lainnya adalah Universitas Andalas. Tidak jauh berbeda dengan Atma Jaya, Universitas Andalas bisa menjadi pilihan kamu mendaftar jurusan kedokteran di kampus tersebut. Jika kamu tertarik mendaftar, kamu bisa mengunjungi laman resmi https://pmb.unand.ac.id/.

8. Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utama juga dikenal dengan fakultas kedokteran yang cukup bagus. Fakultas kedokteran di kampus tersebut pun telah meraih beberapa prestasi bidang kedokteran tingkat nasional. Kamu bisa mengunjungi laman resmi https://penerimaan.usu.ac.id/.

9. Universitas Hasanuddin

Selain itu, kampus swasta lainnya adalah Universitas Hassanudin. UNHAS memiliki fakultas kedokteran yang telah memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Tidak hanya itu, UNHAS telah memiliki banyak prestasi di bidang kedokteran. Kunjungi website resmi https://med.unhas.ac.id/ agar mendapatkan informasi lebih lanjut.

10. Universitas Sriwijaya

Urutan terakhir dari rangkuman Kursiguru adalah Universitas Sriwijaya. Universitas ini, memiliki fakultas kedokteran dengan akreditasi A. Sampai saat ini, fakultas kedokteran di Universitas Sriwijaya masih memiliki banyak peminat. Apabila kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi website resmi https://reg.unsri.ac.id/.

Jenis Biaya Kuliah Kedokteran

Setelah mengetahui daftar kampus jurusan kedokteran terbaik, kamu juga perlu mengetahui jenis biaya studi di jurusan kedokteran. Setiap kampus sendiri memiliki sistem biaya kuliah. Contohnya, di perguruan tinggi negeri menerapkan sistem biaya UKT, sedangkan di perguruan tinggi swasta tidak menerapkan sistem UKT. Berikut jenis biaya

1. UKT

UKT adalah singkatan dari Uang Kuliah Tunggal. Jenis biaya kuliah ini ditanggung oleh mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonomi. UKT lebih diterapkan di perguruan tinggi negeri.

2. SPP

Jenis biaya kuliah berikutnya adalah SPP. Berbeda dengan UKT, biaya ini ditanggung oleh mahasiswa di perguruan tinggi swasta. SPP meliputi beberapa pembayaran seperti SKS, dana pengembangan, dan biaya gedung.

3. Biaya Laboratorium

Biaya laboratorium adalah biaya khusus bagi mahasiswa kedokteran. Biaya itu digunakan sebagai aktivitas mahasiswa selama di laboratorium. Biasanya biaya ini diterapkan di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

4. Biaya Praktikum

Hampir sama dengan biaya laboratorium, hanya saja biaya ini digunakan untuk aktivitas di luar kampus. Biaya ini juga termasuk biaya tambahan.

5. BOP

BOP adalah biaya berdasarkan pembagian ranah ilmu setiap jurusan kedokteran. Setiap jurusan akan dihitung dengan keperluan mahasiswa.

Rincian Biaya Kuliah Kedokteran

Berikut Kursiguru menyajikan rincian biaya kuliah di jurusan kedokteran di beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Rincian biaya di bawah ini merupakan estimasi biaya kuliah setiap semester.

KampusJurusanEstimasi Biaya Per Semester
Universitas IndonesiaPendidikan DokterRp. 40.000.000
Kedokteran GigiRp. 75.000.000
ProfesiRp. 40.000.000
Universitas Gadjah MadaKedokteranRp. 26.000.000
Kedokteran GigiRp. 26.000.000
Kedokteran HewanRp. 26.000.000
Universitas AirlanggaKedokteranRp. 25.000.000
Kedokteran GigiRp. 22.500.000
Kedokteran HewanRp. 15.000.000
Universitas PadjajaranPendidikan KedokteranRp. 13.000.000
Kedokteran HewanRp. 7.200.000
Universitas BrawijayaKedokteranRp. 23.450.000
Pendidikan Kedokteran GigiRp. 21.600.000
Universitas Atma JayaKedokteranRp. 42.500.000
Univeristas AndalasPendidikan DokterRp. 70.000.000
Kedokteran GigiRp. 50.000.000
KebidananRp. 15.000.000
Universitas HasanudinPendidikan DokterRp. 20.000.000
Pendidikan Dokter GigiRp. 10.000.000
Universitas SriwijayaPendidikan DokterRp. 45.000.000
Pendidikan Dokter GigiRp. 13.200.000
Ilmu KeperawatanRp. 9.900.000
PsikologiRp. 12.000.000

Perkiraan biaya kuliah Kedokteran di atas bisa berubah sesuai ketentuan terbaru pihak kampus.

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai biaya kuliah di jurusan kedokteran seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang dapat Kursiguru berikan. Semoga artikel ini memberi informasi paling tepat bagi yang sedang ingin melanjutkan studi di jurusan kedokteran.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *