Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

10 Beasiswa Universitas Indonesia Semua Fakultas 2020 : S1 & S2

BEASISWA UI

Beasiswa Universitas Indonesia ini ditujukan bagi calon mahasiswa ataupun mahasiswa Universitas Indonesia. Mengingat banyak sekali teman-teman ingin mendaftarkan diri jadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri terbaik Indonesia yang berada di Jakarta tersebut.

Saat ini, Universitas Indonesia memiliki 14 fakultas dan 291 program studi. Banyaknya fakultas dan program studi, Universitas Indonesia menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Menjadi perguruan terbaik, tentu menjadikan UI sebagai impian para lulusan SMA/SMK untuk bisa kuliah di UI.

Dengan memiliki predikat sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, biaya kuliah di UI tentu tidak bisa dikatakan murah. Akan tetapi, bagi mahasiswa UI jangan khawatir dengan biaya kuliah di UI. UI telah memberi kesempatan mahasiswanya agar bisa mendapatkan beasiswa. Dengan adanya beasiswa, UI berusaha tidak mempersulit mahasiswanya.

Ada sepuluh daftar beasiswa Universitas Indonesia yang perlu teman-teman tahu. Kursiguru akan menjabarkan satu per satu dari ketiga beasiswa Universitas Indonesia. Selain itu, ada juga 5 Beasiswa S1 Perguruan Tinggi yang bisa Anda ketahui.

Daftar Beasiswa Universitas Indonesia Terbaru

Beasiswa Universitas Indonesia

1. Beasiswa Dari UI

Beasiswa dari UI merupakan jenis beasiswa yang langsung diberikan oleh Universitas. Beasiswa ini tidak memisahkan antara mahasiswa kurang mampu dan mahasiswa berprestasi. UI biasanya akan membuka pendaftaran dan calon penerima beasiswa harus memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan dari pihak UI.

Jadi, bagi teman-teman yang ingin mendaftar beasiswa dari UI harus mempersiapkan persyaratan yang diatur oleh pihak Universitas Indonesia.

2. Beasiswa Perusahaan

Beasiswa perusahaan merupakan beasiswa yang berasal dari perusahaan yang bekerja sama dengan UI. Setiap adanya program beasiswa dari perusahaan, UI akan membantu menyosialisasi informasi di akun resminya. Bagi yang berminat harus memenuhi persyaratan yang diinginkan oleh perusahaan.

Ada tiga jenis beasiswa yang diberikan perusahaan, seperti beasiswa prestasi, beasiswa mahasiswa kurang mampu, dan mahasiswa campuran.

3. Beasiswa Pemerintah

Beasiswa pemerintah merupakan beasiswa yang berasal dari pemerintah. Beasiswa pemerintah terbagi menjadi tiga golongan beasiswa, yaitu beasiswa prestasi, beasiswa kurang mampu, dan beasiswa campuran. Beasiswa prestasi ditujukan bagi mahasiswa yang mempunyai prestasi di bidang akademik atau non akademik. Dari prestasi seluruh mahasiswa, kemudian akan diseleksi. Beasiswa kurang mampu ditujukan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Mahasiswa dari keluarga kurang mampu harus menyiapkan persyaratan seperti surat keterangan kurang dari RT/RW. Beasiswa campuran merupakan beasiswa kurang mampu dan prestasi disatukan menjadi satu.

4. Beasiswa Kerja Paruh Waktu

Beasiswa ini akan menempatkan mahasiswa S1 di berbagai unit fasilitas di UI. Mahasiswa bisa mendapatkan pekerjaan paruh waktu sebesar 40 jam kerja setiap bulan. Bentuk yang diberikan adalah berupa upah kerja sebesar Rp. 300.000 per bulan. Beasiswa ini hanya ditujukkan bagi yang sudah berstatus mahasiswa S1.

5. Beasiswa Karya Salemba Empat

Universitas Indonesia merupakan salah satu dari perguruan tinggi yang bekerja sama dengan mitra beasiswa KSE. Karya Salemba Empat akan memberikan beasiswa bagi mahasiswa S1 kurang mampu, belum menikah, dan sedang tidak menerima beasiswa lain. Bentuk dari beasiswa KSE berupa uang saku sebesar Rp.600.000 per bulan. Selain itu, mahasiswa bisa mendapatkan uang saku tambahan sebesar Rp. 1.500.000 per semester selama satu tahun. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi antara lain seperti mahasiswa aktif dan mempunyai prestasi minimal satu tahun.

6. Beasiswa YBM BRI

Bagi mahasiswa S1 yang sudah mengikuti kuliah selama dua semester, Anda bisa mendapatkan beasiswa YBM BRI. Program ini merupakan bentuk kerja sama Universitas Indonesia dengan YBM BRI. Jika Anda mendapatkan beasiswa ini, Anda akan menerima bentuk beasiswa berupa tunjangan sebesar Rp.500.000 per bulan. Selama penerimaan, mahasiswa juga akan mengikuti pelatihan pengembangan soft skill.

7. Beasiswa Erlangga

Beasiswa Erlangga merupakan beasiswa yang ditujukkan untuk mahasiswa S1 dan D3. Selain itu, mahasiswa masih berstatus aktif kuliah dan berasal dari keluarga kurang mampu. Tidak terlalu sulit mendapatkan beasiswa ini karena IPK mahasiswa sekurang-kurangnya 2.75. Akan tetapi, Erlangga hanya menampung 50 mahasiswa se Indonesia. Maka dari itu, bagi yang berminat dengan beasiswa ini harus bersedia bersaing dengan mahasiswa seluruh Indonesia.

8. Beasiswa Indonesian Leadership Foundation

ILF merupakan bentuk mitra kerja sama dengan Universitas Indonesia. ILF membuka program beasiswa ILF bagi mahasiswa S1 di Universitas Indonesia. ILF hanya khusus menerima mahasiswa yang beragama Kristen atau Katolik. Program ini memiliki tujuan membangun pemuda Indonesia agar menjadi pemimpin yang kompeten dan berilmu. Untuk mendapatkan beasiswa ini, Anda harus memiliki IPK 3.00 di setiap semester.

9. Beasiswa Data Print

Dalam dunia pendidikan, beasiswa data print bisa dibilang telah membuka program beasiswa. Tidak hanya untuk perguruan tinggi, tetapi juga untuk pelajar SMP dan SMA. Untuk mendapatkan beasiswa ini, Anda harus bisa membuat essay yang berisi opini sebanyak 100 hingga 500 kata. Setelah lolos, mahasiswa akan menerima uang sebesar Rp. 400.000 hingga Rp. 1.000.000.

10. Beasiswa Kementerian Kominfo

Beasiswa yang terakhir adalah beasiswa yang berasal secara khusus dari Kementerian Kominfo. Beasiswa ini ditujukkan bagi mahasiswa S2. Program ini bisa diikuti oleh mahasiswa S2 yang sudah PNS. Bentuk beasiswa ini berupa beasiswa UKT selama masa pendidikan normal. Selain itu, penerima juga akan menerima biaya hidup sebesar Rp. 1.500.000. Akan tetapi, beasiswa ini mengharuskan mahasiswa minimal sudah bekerja minimal dua tahun di mana pun.

Dari sepuluh beasiswa Universitas Indonesia, di atas, adapun persyaratan umum yang harus dipenuhi bagi yang ingin mendapatkan beasiswa, antara lain:

Syarat Beasiswa Universitas Indonesia

  • IPK mahasiswa minimal 3.01
  • Melampirkan salinan slip gaji orangtua
  • Melampirkan salinan kartu keluarga
  • Melampirkan kartu identitas mahasiswa
  • Melampirkan daftar riwayat hidup
  • Pendaftar mengisi formulis pendaftaran

Pendaftar beasiswa bisa mengajukan diri langsung ke pihak Universitas Indonesia. Ada beberapa cara untuk mendaftarkan diri:

Cara Mendaftar Beasiswa Universitas Indonesia

  1. Membuka alamat resmi beasiswa Universitas Indonesia http://beasiswa.ui.ac.id/web/.
  2. Memilih nama beasiswa yang diinginkan.
  3. Kemudian, silakan masuk/login menggunakan username dan pasword Universitas Indonesia yang anda miliki.
  4. Lengkapi biodata pada kolom yang sudah disediakan.
  5. Cetaklah bukti pendaftaran sebagai pengajuan persyaratan selanjutnya.

Adapun Kontak Universitas Indonesia yang bisa anda hubungi untuk memudahkan proses mendapatkan beasiswa Universitas Indonesia.

Call Center Universitas Indonesia

  • Alamat : Kampus Baru UI Depok, Jawa Barat, Indonesia
  • Narahubung: +62 21 786 7222
  • Fax: +62 21 78849060
  • Email: humas-ui@ui.ac.id
  • Twitter: @univ_indonesia

Demikian informasi mengenai beasiswa Universitas Indonesia yang bisa Kursiguru berikan. Bagi teman-teman yang berminat dengan beasiswa tersebut silakan langsung daftarkan diri. Mendapatkan beasiswa akan menjadi kebahagiaan diri sendiri dan orangtua.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *