Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

12 Beasiswa UGM : Jenjang S1/S2/D3/D4 & Semua Jurusan [2021]

beasiswa ugm

Beasiswa UGM menjadi idaman bagi para calon maupun mahasiswa UGM. Mengingat banyak yang mengidamkannya, Kursiguru akan merangkum sederetan beasiswa di kampus yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut.

Menjadi mahasiswa Universitas Gadjah Mada ada sebuah kebanggaan diri sendiri dan orangtua. Karena UGM adalah salah satu kampus terbaik se Indonesia. Tidak hanya itu, UGM juga telah meluluskan orang-orang yang hebat menjadi kebanggaan Indonesia di luar negeri.

Apalagi ketika sudah kuliah di UGM, kemudian mendapatkan beasiswa, tentu sangat sekali sebuah prestasi yang luar biasa. Kita tahu bahwa biaya kuliah di UGM tidaklah murah. Berdasarkan informasi, biaya kuliah di UGM sekitar 6.000.000 per semester.

Dari besarnya biaya, tentu banyak sekali fasilitas yang akan diperoleh para mahasiswa. Maka dari itu, dengan adanya beasiswa akan dapat membantu proses pembiayaan kuliah di UGM.

Daftar Beasiswa UGM

Berikut adalah deretan beasiswa (scholarship) UGM yang telah dirangkum Kursiguru. Beasiswa berlaku bagi mahasiswa baru maupun mahasiswa lama UGM. Kursiguru juga akan sertakan syaratnya sehingga dengan mudah kamu mempersiapkannya. Daftar beasiswa Universitas Gadjah Mada di bawah merupakan beasiswa dari pemerintah dan lembaga swasta yang ada di Indonesia.

1. Djarum Beasiswa Plus

Djarum Beasiswa Plus

Beasiswa UGM pertama bernama Djarum Beasiswa Plus. Scholarship ini menawarkan ke mahasiswa S1/D4 pada semester IV. Syarat utamanya, adalah nilai IPK minimum 3.00 di semester III, serta mempertahankan IPK tersebut hingga semester IV. Untuk mengetahui pendaftaran beasiswanya, kamu klik saja laman resmi beasiswa plus.

2. Beasiswa Putera Sampoerna Foundation

Beasiswa Putera Sampoerna Foundation

Beasiswa UGM kedua adalah dari Putera Sampoerna Foundation. Beasiswa UGM kedua ditujukan bagi mahasiswa S1 reguler tahun 2021/2022. Calon penerima beasiswa berasal dari keluarga tidak mampu secara finansial serta memiliki prestasi sewaktu di SMA/MK/SLTA. Jika kamu tertarik, klik saja laman beasiswa Putera Sampoerna Foundation agar tahu info lengkap terkait beasiswa UGM PSF.

3. Beasiswa BFI Finance

Beasiswa BFI Finance

Ketiga, Beasiswa BFI Finance ditujukan bagi mahasiswa UGM S1, minimal di semester 4 seluruh jurusan. Namun, calon penerima diutamakan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) serta memiliki IPK minimal 3,00 secara berurutan hingga 3 semester. Setelah mahasiswa menerima beasiswa BFI, mahasiswa dapat bergabung atau magang di BFI management setelah lulus.

4. Beasiswa Program KPMG ASEAN

Beasiswa Program KPMG ASEAN

Keempat, scholarship berasal dari salah satu perusahaan jasa profesional audit, perpajakan, dan advisory sumber daya manusia. Nama beasiswa UGM tersebut adalah Beasiswa Program KPMG ASEAN. Beasiswa KPMG diperuntukkan untuk mahasiswa khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Scholarship program UGM KPMG memberimu 2 (dua) keuntungan utama, yaitu tunjangan pendidikan selama 3 tahun dan berkesempatan magang di KPMG Jakarta Head Quarter. Apabila tertarik dengan program UGM KPMG ASEAN, kamu bisa klik laman KPMG.

5. Beasiswa Bank Of Tokyo

Beasiswa Bank Of Tokyo

Beasiswa kelima diberikan oleh Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ (MUFG). Dimana MUFG scholarship diperuntukkan bagi mahasiswa UGM di jenjang S1. Syarat untuk mendapatkan beasiswa MUFG adalah minimal berkuliah pada semester 4 pada jurusan akuntansi, ilmu ekonomi, manajemen, ilmu hukum, dan sastra jepang.

Selain itu, ada juga syarat IPK minimal 3,0. Selain itu, mahasiswa juga wajib menyertakan transkip nilai dalam bahasa Inggris. Coba buka laman resmi beasiswa MUFG jika kamu tertarik.

6. Beasiswa PT. Indonesia Asahan Alumunium (INALUM)

Beasiswa PT. Indonesia Asahan Alumunium

Beasiswa Universitas Gadjah Mada keenam diberikan oleh PT. Indonesia Asahan Alumunium (INALUM). Bagi mahasiswa yang berasal dari 10 kota atau kabupaten di sekitaran daerah danau toba Sumatera Utara, kamu bisa mendapatkan beasiswa UGM ini.

Akan tetapi kamu harus mempunyai IPK minimal 2,75 untuk jurusan eksak dan 3,00 untuk non-eksak. Jika tertarik dengan beasiswa ini, kamu bisa klik laman INALUM.

7. Beasiswa Karya Salemba Empat

Beasiswa Karya Salemba Empat

Beasiswa UGM ketujuh berasal dari Yayasan Karya Salemba Empat. Seluruh mahasiswa UGM bisa mendapatkan beasiswa KSE. Berbeda dengan jenis lainnya, beasiswa Karya Salem Empat dapat diajukan tanpa adanya syarat IPK minimum. Langsung saja klik laman KSE untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

8. Beasiswa Bank Mayapada

Beasiswa Bank Mayapada

Sesuai namanya, beasiswa ini diberikan oleh salah satu bank swasta Indonesia Mayapada. Scholarship Bank Mayapada adalah sebuah program untuk seluruh mahasiswa aktif UGM masa studi semester 2. Jika tertarik dengan beasiswa ini, kamu wajib memiliki IPK minimal 3,00 serta aktif di organisasi kampus.

9. Beasiswa PLN

Beasiswa PLN

Kesembilan, yaitu beasiswa yang diberikan oleh Perusahaan Listrik Negara Indonesia (PLN). PLN membuat beasiswa UGM dengan memberi bantuan hidup mahasiswa sebesar Rp. 5.000.000 per tahun. Selain itu, PLN memberi kesempatan beasiswanya untuk seluruh mahasiswa UGM di jenjang S1, D4, dan D3 reguler. Mahasiswa tidak perlu melampirkan IPK nya .

10. Bantuan Biaya Pendidikan Bagi Mahasiswa DIY

Bantuan Biaya Pendidikan Bagi Mahasiswa DIY

Beasiswa lain diberikan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa UGM asli Yogyakarta. Selain itu, mahasiswa harus lebih dulu menempuh pendidikan selama 2 semester dan maksimal semester 5 bagi D3, serta semester 7 untuk S1. Mahasiswa pun harus memiliki nilai IPK minimal 2,75. Klik laman DITMAWA UGM.

11. BIDIKMISI

BIDIKMISI

Seperti kebanyakan universitas di Indonesia, UGM juga memiliki program Bidikmisi. Beasiswa Bidikmisi adalah program dengan dana pendidikan yang diberikan pada mahasiswa dari keluarga tak mampu secara finansial. Mahasiswa harus memiliki beberapa prestasi yang dibuktikan dengan hasil akademik maupun sertifikat.

Apabila kamu tertarik dengan beasiswa ini, lakukan proses pendaftarannya pada saat proses penerimaan mahasiswa baru berlangsung. Kamu bisa klik laman Bidikmisi dari pemerintah untuk mengetahui data lengkap terkait beasiswa Bidikmisi.

12. Beasiswa BCA Finance

Beasiswa BCA Finance 1

Terakhir adalah beasiswa dari BCA Finance. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki sejumlah prestasi dan memiliki nilai IPK minimal 3,00. Syaratnya, mahasiswa harus sudah menempuh masa studi selama 2 semester.

Bagi penerima beasiswa, akan mendapatkan sebesar Rp. 3.000.000 setiap semester. Penerima akan menerima dana tersebut selama 3 tahun dalam masa studi. Kamu bisa klik link BCA Finance untuk mengetahui informasi lengkapnya.

Itulah beberapa beasiswa UGM yang telah dirangkum Kursiguru. Untuk lebih lanjutnya, kamu bisa mengunjungi lama Universitas Gadjah Mada atau melalui call center di bawah ini.

Call Center Universitas Gadjah Mada

Alamat : Bulaksumur Yogyakarta 55281

Email : info@ugm.ac.id

Telepon : +62 (274) 6492599 (Whatshap)

Demikian artikel mengenai beasiswa UGM yang bisa Kursiguru berikan. Semoga adanya artikel ini menambah informasi bagi kamu dalam mencari beasiswa di UGM dan kamu bisa mendapatkan salah satu beasiswa di atas. Jangan lupa bagikan artikel pada teman seperjuanganmu yang juga sedang mencari informasi beasiswa UGM.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.