Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

7 Beasiswa Dikti Terbaru & Terlengkap dari Pemerintah 2020

beasiswa dikti

Beasiswa Dikti merupakan salah satu program beasiswa yang dicanangkan oleh pemerintah. Kamu bisa mencoba beasiswa ini sebagai semangat baru meningkatkan pendidikan. Tentu mendapatkan beasiswa dikti akan menjadi kebanggaan diri sendiri dan orangtua kamu.

Bagi kamu yang tertarik dengan beasiswa dikti, kamu bisa mengetahui informasi setiap tahun. Karena beasiswa yang berasal dari pemerintah khususnya Kementerian Ristek Dikti ini ditawarkan setiap tahunnya. Selain beasiswa dikti, kamu juga bisa mencari tahu beasiswa S1 di perguruan tinggi Indonesia.

Beasiswa Dikti sendiri memiliki tujuan untuk membantu mahasiswa dalam hal pembiayaan kuliah atau hidup. Bagi orangtua mahasiswa, beasiswa seperti itu sangatlah membantu karena tidak mengeluarkan biaya banyak lagi.

Beasiswa Dikti bisa dikatakan salah satu beasiswa yang menarik. Jika kamu mendapatkan beasiswa ini kamu akan mendapatkan biaya pendidikan penuh, biaya hidup, hingga biaya transportasi atau perjalanan. Beasiswa ini diperuntukkan untuk dosen, mahasiswa, dan atau tenaga pendidikan.

Daftar Beasiswa Dikti Terbaru

1. Beasiswa BPP-DN

Salah satu beasiswa dikti yang perlu kamu ketahui adalah beasiswa BPP-DN. Beasiswa ini diperuntukkan bagi dosen atau tenaga kependidikan yang berada di lingkup Kementerian Ristek dan Dikti. Selain itu, dosen dari perguruan tinggi negeri maupun swasta bisa mendapatkan beasiswa ini. Beasiswa BPP-DN memberikan beasiswa penuh bagi dan dapat digunakan untuk melanjutkan program pasca sarjana dan magister di sejumlah perguruan tinggi dalam negeri.

Kamu bisa melakukan pendaftaran secara online di laman resmi dikti. Pembukaan beasiswa tersebut biasanya dibuka secara gelombang per tahunnya. Untuk lebih jelasnya kamu bisa membuka laman resmi Beasiswa BPP-DN Kemristek Dikti.

2. Beasiswa BPP-LN

Selain menawarkan beasiswa BPP-DN, dikti juga menawarkan beasiswa BPP-LN. Hampir serupa dari kedua program beasiswa tersebut. Hanya saja berbeda dari tujuan pendidikan selanjutnya. Penerima beasiswa BPP-LN akan ditempatkan di perguruan tinggi luar negeri.

Seperti beasiswa dalam negeri, beasiswa luar negeri juga sama menyediakan beasiswa penuh seperti uang kuliah, biaya hidup, tunjangan biaya hidup, tiket pesawat, asuransi kesehatan, dan biaya buku referensi penelitian.

Beasiswa BPP-LN juga membuka pendaftaran secara online melalui laman resmi Dikti. Pendaftaran dibuka secara gelombang per tahunnya. Lebih jelasnya kamu bisa membuka laman resmi di Beasiswa BPP-LN.

3. Beasiswa PKPI (Sandwich-Like)

Beasiswa PKKPI merupakan kepanjangan dari beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional. Beasiswa ini ditujukkan bagi mahasiswa S3 yang sedang menyusun artikel ilmiah untuk jurnal internasional. Bentuk artikel berupa penguatan karya seni atau melakukan penelitian lanjutan yang dilakukan di Indonesia. Hal yang perlu kamu tahu dari beasiswa ini adalah bukan program beasiswa untuk menunjang gelar. Beasiswa ini merupakan beasiswa untuk membiayai penyusuan artikel ilmiah. Penerima beasiswa akan menerima di antaranya bench fee, biaya hidup, asuaransi kesehatan, biaya buku referensi, serta tiket pesawat pulang pergi. Jika kamu berminat dengan beasiswa ini, kamu bisa membuka laman resmi Beasiswa PKPI (Sandwich-Like).

4. Beasiswa Bidikmisi S1

Nah, beasiswa satu ini ditujukkan bagi kamu yang baru lulus SMA/SMK. Beasiswa ini bernama beasiswa Bidikmisi. Beasiswa ini lebih mengoptimalkan bagi lulusan SMA/SMK yang kurang mampu tapi ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Kamu bisa memilih program kuliah D3 atau S1.

Jika kamu berminat dengan beasisa ini, kamu bisa melakukan pendaftaran secara online. Akan tetapi, sebelum itu kamu harus sudah mendapatkan rekomendasi dari sekolah kamu. Setelah mendapatkan rekomendasi, kamu bisa melakukan sendiri secara online.

5. Beasiswa Bidikmisi S2

Serupa dengan beasiswa bidikmisi S1, dikti juga membuka beasiswa bidikmisi S1. Beasiswa ini ditujukkan bagi mahasiswa yang sebelumnya sudah menerima beasiswa bidikmisi S1. Mahasiswa yang berlatar belakang kurang mampu dan ingin melanjutkan pendidikan ke program magister.

Penerima beasiswa ini akan mendapatkan biaya kuliah penuh seperti uang pendaftaran, SPP, tunjangan buku, penyusunan tesis, dan biaya pendidikan lainnya. Selain itu, penerima juga mendapatkan biaya pendukung seperti transportasi, asuransi kesehatan, visa, tunjangan hidup bulanan, dan lain-lain. Jika kamu berminat dengan beasiswa ini, kamu bisa membuka laman resmi Beasiswa Bidikmisi S2.

6. Beasiswa PPA-BPP

Beasiswa PPA-BPP berasal dari kepanjangan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik dan bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan prestasi akademik. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 maupun Diploma di perguruan tinggi negeri dan swasta. Beasiswa PPA-BPP akan membantu bantuan pendidikan sebesar Rp. 350.000 per bulan. Mahasiswa yang mendaftar harus mahasiswa yang tercatat aktif di kampusnya.

Nah, bagi kamu yang berminat dengan beasiswa PPA-BPP bisa mencari informasi dari kampusnya sendiri atau menanyakan langsung ke pihak kampus.

7. Beasiswa PMDSU

Beasiswa yang terakhir adalah beasiswa PMDSU atau Program Beasiswa Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul. Dari namanya, kita sudah tahu beasiswa ini ditujukkan bagi mahasiswa S1 unggulan. Mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa pendidikan hingga program doktoral.

Program ini bisa dikatakan berbeda dengan beasiswa dikti lainnya. Dikarenakan beasiswa ini tujukkan bagi mahasiswa S1 yang ingin menjadi dosen. Bantuan yang diberikan berupa biaya riset, fasilitas riset luar negeri maupun dalam negeri, biaya seminar, biaya hidup, dan tunjangan mahasiswa. Informasi lebih lanjut bisa kamu buka laman resmi Beasiswa PMDSU.

Itulah beberapa informasi mengenai beasiswa dikti yang bisa Kursiguru berikan. Informasi di atas bisa menjadi bahan pertimbangan atau referensi anda untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Jika kamu mendapatkan salah satu program dari dikti ini, tentu akan membantu sekali orangtua.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.