Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

5 Beasiswa S1 Perguruan Tinggi Di Indonesia Terbaru [2020]

beasiswa s1 perguruan tinggi Indonesia

Beasiswa S1 perguruan tinggi yang ada di Indonesia dapat berasal dari berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta. Pada kesempatan kali ini, Kursiguru akan membagikan informasi beasiswa bagi teman-teman yang baru saja lulus SMA/SMK. Informasi beasiswa ini akan mendorong teman-teman SMA/SMK agar terus melanjutkan pendidikan ke jenjang S1.

Salah satu faktor teman-teman SMA/SMK tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 adalah biaya kuliah yang mahal. Biaya yang mahal tentu menjadi PR penting bagi pemerintah Indonesia. Apalagi setiap tahun biaya kuliah terus naik. Hal ini menjadi kesulitan bagi orangtua untuk dapat menyekolahkan anaknya kembali ke jenjang S1.

Sebenarnya, ada beberapa instansi pemerintah maupun swasta yang menawarkan beasiswa bagi siswa yang berprestasi. Selanjutnya, teman-teman tinggal memutuskan, ingin mencari beasiswa atau memilih jalur reguler.

Beasiswa S1 Perguruan Tinggi di Indonesia Terbaru

Di bawah ini adalah rangkuman dari Kursiguru mengenai informasi beasiswa dari berbagai instansi.

1. Program KIP Kuliah dari Pemerintah Indonesia

Pada tahun 2020, pemerintah memberikan subsidi beasiswa kuliah melalui program KIP kuliah. Program ini ditujukan kepada masyarakat tidak mampu. Sebelum menjadi program KIP Kuliah, program ini kita kenal dengan Beasiswa Bidikmisi. Kita tahu bahwa, beasiswa Bidikmisi merupakan beasiswa S1 yang diprogram sejak tahun 2010. Beasiswa ini ditujukan kepada golongan masyarakat tidak mampu. Mahasiswa yang terdaftar program Bidikmisi akan mendapatkan biaya kuliah selama 8 semester (S1) dan 6 semester (D3) ditambah dengan biaya hidup setiap bulannya.

Jika kita amati, sebenarnya antara Program KIP Kuliah dengan Bidikmisi tidak ada perbedaan. Hanya saja, program yang baru ini lebih terintegrasi. Artinya, berpadu atau bergabung agar menjadi kesatuan yang utuh. Prinsip dasar tetap sama, pemerintah Indonesia menjamin pendidikan tinggi bagi siswa yang tidak mampu dan memiliki prestasi akademik yang tinggi. Bagi teman-teman yang tertarik dengan program di atas, bisa membuka alamat resmi agar mendapat informasi lebih lengkap https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

2. Program Afirmasi Pendidikan Daerah 3T (ADik)

Program Afirmasi Pendidikan Daerah 3T (ADik) adalah program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia yang bersifat khusus dan diperuntukkan bagi siswa-siswa yang berasal dari daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) dan anak TKI. Program beasiswa Afirmasi Pendidikan Daerah 3T (ADik) merupakan bentuk kepedulian pemerintah yang diperuntukkan bagi siswa SMA/SMK yang berasal dari daerah Papua, Papua Barat maupun yang masuk dalam kategori 3T.

Berbeda dengan Beasiswa KIP Kuliah yang dikelola oleh Kemendikbud, Program Beasiswa Afirmasi dikelola oleh Kemenristekdikti. Program ini memberikan bantuan dari biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya pendampingan pendidikan bagi penerima program ini. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, teman-teman bisa langsung membuka di alamat resmi https://adik.ristekdikti.go.id/.

3. Djarum Beasiswa Plus

Djarum Beasiswa Plus merupakan program beasiswa yang diberikan dari PT. Djarum Indonesia. Beasiswa ini diberikan di jenjang D4 dan S1 PTN maupun PTS. Program ini sudah berlangsung seajak tahun 1984 dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan anak-anak Indonesia. Djarum Beasiswa Plus memberikan dana pendidikan sebesar Rp. 750.000 kepada setiap penerima selama 1 tahun. Selain dana pendidikan, penerima juga akan memperoleh keterampilan seperti Character Building, Nation Building, Leadership Development, Competition Challenges, dan International Exposure. Dari semua itu, dapat dilaksanakan dalam Community Empowerment.

Bagi teman-teman yang berminat di program Djarum Beasiswa Plus, bisa mengunjungi alamat resmi berikut https://djarumbeasiswaplus.org/.

4. Beasiswa dari Yayasan VDMS (Van Deventer-Maas) untuk Mahasiswa D3 dan S1

Jika di atas beasiswa yang berasal dari pemerintah, kali ini merupakan program beasiswa yang berasal dari instansi swasta yaitu Yayasan VDMS. Beasiswa ini ditujukan khusus bagi mahasiswa D3 dan S1 yang sedang kesulitas dalam membayar biaya kuliah.

Beasiswa VDMS akan diberikan bagi mahasiswa D3 dan S1 mulai dari tahun kedua kuliah hingga akhir masa studi. Selain itu, penerima beasiswa harus mempertahankan IPK di atas 3,00. Mahasiswa yang sudah menerima beasiswa ini tidak dibolehkan cuti kuliah, selalu memberi informasi penerimaan dana, dan harus memberikan laporan secara rutin. Bagi teman-teman yang berasal dari keluarga kurang mampu, bisa mendaftarkan diri di program beasiswa VDMS. Informasi lengkap bisa mengunjungi di alamat resmi berikut http://vandeventermaas.or.id/id/.

5. Beasiswa S1 dari INSTIPER Yogyakarta

Beasiswa dari INSTIPER Yogyakarta merupakan program beasiswa yang diberikan bagi lulusan SMA/SMK dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi dan berprestasi. Selain itu, program ini merupakan hasil kerja sama INSTIPER dengan intansi swasta yaitu perusahaan Sinar Mas Agribusiness dan Food.

Penerima beasiswa ini akan menerima bantuan dana pendidikan selama 4 tahun, sejak awal kuliah hingga selesai. Pemberian beasiswa ini diberikan kepada siswa-siswa yang melanjutkan S1 jurusan Perkebunan Kelapa Sawit di INSTIPER. Bagi teman-teman berminat dengan beasiswa ini, silakan mencari informasi lebih lengkap di alamat resmi berikut https://www.smart-tbk.com/daftar-beasiswa/.

Di atas adalah beberapa informasi yang dapat Kursiguru berikan mengenai program beasiswa dari berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Semoga informasi di atas dapat membantu teman-teman dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di Indonesia. Selamat Mencoba.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.