Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

3 Beasiswa Institut Teknologi Bandung Terbaru [2020]

beasiswa institut teknologi bandung

Beasiswa Institut Teknologi Bandung ini ditujukan untuk siswa SMA/SMK yang baru lulus dan akan mendaftar ke ITB, dan juga untuk mahasiswa ITB yang sedang menjalankan proses studi. Kita tidak bisa menyangka bahwa sebenarnya untuk mendapatkan beasiswa ITB mudah didapatakan. Memang, ITB dikatakan adalah kampus yang memiliki kredibilitas dari masyarakat Indonesia. ITB telah mencetak alumni-alumni yang hebat. Selain itu, ITB merupakan kampus yang memiliki banyak fasilitas untuk mahasiswanya.

Dari fasilitas ITB yang kaya, teman-teman bisa memperolenya dengan beasiswa yang ada di ITB. Adanya beasiswa ITB akan membuat kehidupan di kampus bisa terpenuhi. Untuk mendapatkan beasiswa pun kita harus meningkatkan prestasi sekolah kita saat di SMA/SMK atau semasa kuliah di ITB.

 Daftar Beasiswa Institut Teknologi Bandung yang Mudah Didapatkan

Kesempatan kali ini, Kursiguru akan membagikan informasi mengenai beasiswa Institut Teknologi Bandung yang mudah kita dapatkan.

1. Beasiswa Dikti

Salah satu beasiswa ITB yang dapat kita peroleh adalah beasiswa dari pemerintah atau khususnya dari Dikti. Dikti memberikan bantuan dana beasiswa kepada calon mahasiswa yang ingin kuliah di ITB. Bantuan dana beasiswa berupa pembebasan biaya masuk kuliah dan biasa semester selama 4 tahun.

Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan beasiswa ini, teman-teman bisa mendapatkan dengan mudah asal mengikuti alur pendaftaran dengan benar. Teman-teman bisa membuka resmi beasiswa ITB melalui Dikti di bawah ini: https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/default/login

Sebenarnya untuk peserta didik kelas XII yang mempunyai reputasi prestasi yang baik di sekolah, tidak perlu susah payah mendaftarkan diri, karena dari pihak sekolah akan merekomendasikan peserta didiknya untuk diikutkan dalam beasiswa ITB dari Dikti.

2. Program Beasiswa ITB Untuk Semua

Beasiswa ITB yang kedua adalah beasiswa yang langsung dari ITB. Program beasiswa ini bernama ITB Untuk Semua. Beasiswa ITB Untuk Semua adalah salah satu skema penerimaan mahasiswa baru ITB. Beasiswa ini secara khusus menyediakan kuota mahasiswa bagi para lulusan SMA/SMK dari keluarga yang tidak mampu secara penghasilan orangtua.

Beasiswa ITB Untuk Semua akan memberikan dana bantuan seperti uang pendidikan, ongkos tempat tinggal, dan biaya hidup selama menempuh kuliah di ITB. ITB mengalokasikan dana sejumalh 100.000.000 per anak untuk setiap tahun. Dana tersebut diperoleh dari alumni ITB, baik perorangan atau kelompok. Sekitar 100 kuota akan disedikan bagi penerima beasiswa ITB ini.

Adapun persyaratan bagi calon penerima beasiswa ITB Untuk Semua, antara lain:

  1. Calon lulusan SMA dari bidang studi IPA untuk Fakultas Sains dan Teknik.
  2. Berasal dari keluarga tidak mampu ekonomi. Penghasilan orangtua di bawah UMR setempat.
  3. Memiliki prestasi akademi yang baik
  4. Aktif dalam berkegiatan ekstrakulikuler sekolah
  5. Mendapat rekomendasi dari sekolah
  6. Bersedia mengikuti ujian penerimaan ITB

Pilihan Fakultas Beasiswa ITB Untuk Semua

Beasiswa ITB Untuk Semua memiliki pilihan fakultas yang dapat dipilih oleh calon penerima, antara lain:

  • Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
  • Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)
  • Fakultas Teknologi Industri (FTI)
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
  • Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)
  • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)
  • Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (FTEI)
  • Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)
  • Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB)
  • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)
  • Sekolah Farmasi (SF)
  • Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, teman-teman bisa mengunjungi lama resmi beasiswa ITB tersebut https://usm.itb.ac.id/itb_versi1/.

3. Program Beasiswa Dari Perusahaan

Selain beasiswa ITB yang diberikan pemerintah dan ITB langsung, ITB juga mendapatkan kerjasama dari banyak perusahan-perusahan di dunia perihal penyaluran beasiswa. Beasiswa ITB yang diberikan dari perusahan-perusahan telah mendanai sekitar 1.287 mahasiswa ITB. Beasiswa-beasiswa tersebut di antaranya dari perusahaan ABB, Asan Sofan, BIUS, Chandra Asri Petrochemical TBK, Djarum Foundation, Dompet Dhuafa Jabar, Eka Tjipta Foundation, HSBC, Indocement, Indonesian International Education Foundation, IDM-ITB, Komatsu Indonesia, Konan Sekke, Karya Salemba Empat Recapital, Sampoerna Foundation, Marga Jaya, Mitsubishi Corparation, Pertamina, POSCO, Recapital, Smapoerna Foundation, Syamsi Dhuha Foundation, Semen Indonesia, Tanoto-Foundation, Toyota Astra, Valbury, VDMS, Vivere, Wardah, Yayasan Asahi Glass Indonesia, YPKAAR, dan YPTI.

Di atas adalah beberapa informasi mengenai beasiswa ITB yang bisa Kursiguru berika, semoga informasi di atas memberi kemudahan teman-teman dalam melanjutkan studi pendidikan yang lebih baik.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.