Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

6 Biaya Kuliah UKT ITB Semua Jalur Penerimaan Terbaru [2020]

BIAYA KULIAH UKT ITB

Biaya kuliah UKT ITB atau Institut Teknologi Bandung akan memberikan informasi rincian biaya yang perlu dibayarkan oleh seroang calon mahasiswa ITB untuk setiap semester. Mengacu pada Permendikbud, bahwa terdapat sistem pembayaran biaya kuliah untuk tiap satu semester atau 6 (enam) bulan yang bernama UKT. Sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) tersebut sudah harus diterapkan oleh semua PTN di Indonesia, tak terkecuali ITB.

Institut Teknologi Bandung (ITB) sesuai dengan namanya merupakan sebuah institut yang memiliki fokus dalam bidang teknologi. Kampus yang melaksanakan proses perkuliahan di Bandung ini telah beriri sejak tahun 1920 dan  mencetak banyak tokoh penting di Indonesia. Sebut saja nama Ir. Soekarno dan Ridwan Kamil merupakan contoh alumni ITB. Hal ini tentunya membuat banyak siswa ingin kuliah di salah satu universitas paling favorit.

Terlepas dari semua hal tersebut, seorang calon mahasiswa yang menghendaki dirinya kuliah di ITB harus memperhitungkan biaya yang diperlukan ketika mendaftar dan juga selama berkuliah disana. ITB telah menerapkan sistem pembayaran biaya kuliah dengan sistem UKT sejak beberapa tahun lalu. Besaran UKT yang dibebankan terhadap setiap mahasiswa akan berbeda-beda dengan menyesuaikan kemampuan dari orang tua. Penggolongan UKT kampus ITB sendiri dibagi menjadi 6 (enam) kelompok.

Sebelum tahun 2013, ITB masih membebankan biaya selain UKT kepada mahasiswanya, biaya tersebut adalah Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI) atau yang lebih dikenal dengan nama uang gedung. Namun mulai tahun 2013 hingga sekarang, untuk setiap mahasiswa yang berkuliah di ITB hanya dibebankan biaya per semester atau UKT saja.

Biaya Kuliah UKT ITB Untuk Semua Jalur Penerimaan

Banyak calon mahasiswa berpikir bahwa untuk berkuliah di kampus favorit seperti ITB pasti memerlukan biaya yang besar, padahal belum tentu seperti itu. Biaya yang dibebankan oleh kampus ITB akan diperhitungkan berdasarkan kemampuan bayar orang tua mahasiswa. ITB juga menerapkan sistem pengajuan keringanan biaya UKT bagi mahasiswanya yang kurang mampu, bahkan keringanan biaya yang diberikan oleh ITB dimulau dari angka 20% hingga 100% dari nilai UKT yang diberikan. Artinya kamu dmempunyai kesempatan untuk melangsungkan studi di ITB tanpa mengeluarkan uang sedikitpun untuk biaya kuliah.

Jalur penerimaan masuk ITB sendiri terbagi menjadi 3 (tiga) dengan pembagian daya tampung kuota masing-masing yaitu:

  1. Jalur SNMPTN (35% kuota)
  2. Jalur SBMPTN (35% kuota)
  3. Jalur Seleksi Mandiri (SM ITB) (30% kuota)

Dimana hanya jalur SNMPTN yang dilakukan tanpa melalui proses pengujian kemampuan akademik calon mahasiswa ITB.

Rincian UKT Institut Teknologi Bandung (ITB) Untuk Semua Jalur Penerimaan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk jenjang pendidikan S1 pengelompokan sistem UKT yang dilakukan oleh kampus ITB terbagi menjadi  6 (enam) kelompok. Dimana rincian kelompok UKT tersebut adalah sebagai berikut.

Jalur Penerimaan SNMPTN/SBMPTN

Biaya UKT Kelompok 1 : –

Biaya UKT Kelompok 2 : 2.500.000 Rupiah

Biaya UKT Kelompok 3 : 5.000.000 Rupiah

Biaya UKT Kelompok 4 : 7.500.000 Rupiah

Biaya UKT Kelompok 5 : 10.000.000 Rupiah

Biaya UKT Kelompok 6 : 12.500.000 Rupiah

Jalur Penerimaan Seleksi Mandiri (SM ITB)

Biaya UKT Kelompok 1 : –

Biaya UKT Kelompok 2 : 5000.000 Rupiah

Biaya UKT Kelompok 3 : 10.000.000 Rupiah

Biaya UKT Kelompok 4 : 15.000.000 Rupiah

Biaya UKT Kelompok 5 : 20.000.000 Rupiah

Biaya UKT Kelompok 6 : 25.000.000 Rupiah

Tiga Kategori Penghasilan Orang Tua Sebagai Acuan Penentuan UKT Di ITB

Dimana besarnya biaya UKT ITB tersebut akan digolongkan berdasarkan 3 (tiga) kategori penghasilan orang tua, yaitu:

  1. Penghasilan Rendah, dimana besarnya biaya kuliah untuk setiap semester (UKT) dimulai dari Rp. 0 untuk semua fakultas yang ada di ITB
  2. Penghasilan Sedang, dimana besarnya biaya kuliah untuk setiap semester (UKT) dimulai dari Rp. 7.500.000 hingga Rp. 10.000.000 untuk semua fakultas di ITB kecuali Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
  3. Penghasilan Tinggi, dimana besarnya biaya kuliah untuk setiap semester (UKT) dimulai dari Rp. 20.000.000 hingga Rp. 40.000.000 untuk semua program pendidikan di ITB

Kategori di atas adalah referensi yang digunakan oleh kampus ITB dalam menentukan beban UKT yang harus ditanggung seorang mahasiswa selama masa perkuliahannya.

Itulah rincian biaya kuliah yang berupa UKT di kampus ITB yang dapat Kursiguru sampaikan kepada anda. Terimakasih dan Selamat Mendaftar.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *