Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

4 Materi Tes Pondok Pesantren & Tips Persiapan

Materi Tes Pondok Pesantren

Materi Tes Pondok Pesantren – memberikan penjelasan mengenai gambaran pokok bahasan yang akan muncul pada saat seorang mengikuti tes penerimaan santri baru di sebuah Pondok Pesantren (ponpes). Dimana sebagian besar pondok pesantren Indonesia memiliki kesamaan materi ujian masuk.

Advertisements

Pondok pesantren sebagai sebuah lembaga pendidikan dengan basis agama Islam telah menjadi pilihan bagi sebagian peserta didik serta orang tua dalam menempuh pendidikan. Meskipun terkadang masih terkesan tradisional, namun beberapa pondok pesantren telah menjadi lembaga modern.

Contoh dari modernisasi pondok pesantren adalah adanya penggunaan kurikulum setara dengan sekolah formal, yakni Madrasah Tsanawiyah (MTs) serta Madrasah Aliyah (MA). Selain itu, adanya tes seleksi masuk ponpes juga bisa menjadi indikator kemajuan sistem pembelajaran Islami.

Advertisements

Maka dari itu, di sini Kursiguru akan memberikan penjelasan mengenai contoh materi tes pendaftaran masuk pondok pesantren tingkat MTs serta MA. Selengkapnya mengenai materi ujian pondok pesantren bisa kamu simak langsung di uraian berikut ini.

Apa Itu Tes Pondok Pesantren

Pertama penulis akan menjelaskan terlebih dulu mengenai pengertian apa itu tes pondok pesantren. Dimana dengan mengetahui pengertiannya, nantinya kamu akan bisa lebih mudah memahami pokok bahasan materi ujian pontren tersebut.

Tes masuk pondok pesantren sendiri merupakan proses seleksi pondok modern, dimana beberapa kemampuan calon santri akan diuji dalam tes tersebut. Tes pondok pesantren ini akan menilai seberapa jauh kemampuan akademik serta kesiapan peserta untuk masuk pondok pesantren.

Baca  √ 60 Contoh Soal Probabilitas & Cara Penyelesaiannya Lengkap 2021

Jenis Tes Pondok Pesantren

Karena tak hanya menguji kemampuan akademik seorang pendaftar, maka kamu tentunya perlu mengetahui apa saja jenis tes yang akan muncul ketika mengikuti tes pondok pesantren. Dimana secara umum, pihak pondok pesantren membagi jenis tes menjadi 4 (empat) bagian, yaitu:

1. Tes Potensi Akademik (TPA)

Seperti sudah disinggung di atas bahwa kemampuan akademik menjadi satu bagian penting pada tes masuk pondok pesantren. Materi pada TPA pondok pesantren umumnya membahas seputar mata pelajaran di sekolah, selain itu tes TPA pondok pesantren ini termasuk dalam tes tulis.

2. Tes Kemampuan Bahasa Arab

Karena menggunakan dasar sistem pembelajaran agama Islam, tentunya tes pondok pesantren modern tidak dapat lepas dari ujian kemampuan bahasa Arab. Materi dalam tes kedua ini berkutat pada kemampuan membaca Al-Qur’an hingga menulis bahasa Arab.

Advertisements

3. Tes Psikotes

Tes umum lainnya yang digunakan sebagian besar pondok pesantren modern adalah tes psikotes. Dimana materi tes psikotes di sini juga tak berbeda jauh dibandingkan Soal Psikotes Umum.

4. Tes Wawancara Pondok Pesantren

Tahap terakhir dalam tes pondok pesantren biasanya ditutup dengan tes wawancara, yakni tes untuk mengetahui apakah calon siswa pondok pesantren sudah siap menerima seluruh ketentuan pondok. Selain itu, beberapa pondok pesantren juga menggunakan tes wawancara bahasa Arab.

Materi Tes Pondok Pesantren

Selanjutnya kamu tentu ingin mengetahui lebih lanjut seputar apa saja materi yang mungkin muncul ketika mengikuti tes masuk pondok pesantren. Berikut telah penulis rangkum gambaran materi tes pondok pesantren secara umum.

1. Materi Tes TPA Pondok Pesantren

  • Pendidikan Agama Islam (sejarah, ahlak, pengamalan di kehidupan nyata).
  • Matematika (Aljabar, sistem persamaan, trigonometri).
Baca  √ 15 Contoh Soal Pertumbuhan Penduduk : Alami, Total & Proyeksi [2021]

2. Materi Tes Kemampuan Bahasa Arab

  • Qira’ah Al-Quran (membaca Al-Quran dan Tajwid nya).
  • Hafalan surat Al-Quran.
  • Menulis bahasa Arab dasar.

3. Materi Psikotes

  • Sinonim, antonim & analogi kata.
  • Deret & barisan bilangan.
  • Materi spasial (gambar).

4. Materi Wawancara

  • Penelusuran minat masuk pondok pesantren.
  • Kemampuan bahasa Arab (lisan).

Dari penjelasan di atas bisa diketahui bahwa poin penting ketika ingin mengikuti tes masuk pondok pesantren maka harus mendalami baca tulis Al-Quran serta bahasa Arab.

Tips Persiapan Tes Pondok Pesantren

Selain gambaran materi di atas, di sini penulis akan memberikan beberapa tips dalam mempersiapkan diri mengikuti tes pondok pesantren.

  1. Pelajari ujian tulis dengan ikhtiar maksimal.
  2. Dalami hafalan surat-surat Al-Quran.
  3. Berikan jawaban jujur ketika wawancara.

Salah satu titik terpenting agar mudah diterima di pondok pesantren adalah berkata jujur ketika ditanya minat. Artinya jika kamu mengatakan bahwa sebenarnya tidak berminat masuk pesantren tetapi orang tua memaksa, maka pihak pondok biasanya akan memberi penolakan.

Akhir Kata

Demikian bahasan Kursiguru seputar pengertian, jenis, materi tes pondok pesantren beserta tips menghadapi ujian seleksi calon santri. Semoga setelah membaca penjelasan materi di atas, para calon santri semakin mantap untuk menimba ilmu di pondok pesantren, baik tingkatan SMA/MA maupun SMP/MTs.

Advertisements

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *