Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Materi Perbandingan Kelas 7 SMP MTs : Skala & Rasio [Download]

Materi Perbandingan Kelas 7

Materi Perbandingan Kelas 7 membahas mengenai salah satu ilmu dalam mata pelajaran matematika pada jenjang pendidikan sekolah menengah pertama. Dimana materi perbandingan diajarkan agar nantinya siswa kelas 7 mampu memahami berbagai materi lanjutan lainnya.

Definisi kata perbandingan berdasarkan kbbi adalah perbedaan kesamaan. Jika ditarik ke ranah ilmu matematika, maka perbandingan dapat diartikan sebagai penulisan selisih dua buah nilai besaran tertentu.

Materi perbandingan sangatlah penting untuk dipelajari dalam pejalaran matematika, karena memberikan banyak efek positif, seperti memudahkan penulisan hasil, memudahkan proses perhitungan, dan lainnya.

Karena materi perbandingan penting untuk dipelajari, temasuk oleh murid kelas 7, maka di sini kursiguru akan membahasnya. Selain itu, kursiguru juga akan membagikan file PDF terkait perbandingan di akhir artikel.

Pengertian Perbandingan

Seperti telah dijelaskan di atas, bahwa perbandingan merupakan sebuah salah satu ilmu penyederhanaan penulisan dalam matematika. Selain itu, perbandingan merupakan salah satu materi yang lebih mudah dipelajari melalui prinsip logika.

Sebagai contoh, ketika sebuah pekerjaan dilakukan oleh lebih banyak orang maka akan lebih cepat selesai. Apabila tidak menggunakan logika, bisa saja kamu justru memilih jawaban pekerjaan lebih lama selesainya.

Materi Perbandingan SMP MTs Kurikulum K13

Beberapa hal penting terkait materi perbandingan dalam silabus kelas 7 semester 2 kurikulum K13 adalah:

Jenis Perbandingan

Pada materi matematik kelas 7, ada 2 (dua) jenis perbandingan yang akan diajarkan, yaitu perbandingan senilai serta perbandingan berbalik nilai.

  • Perbandingan Senilai
    Logika perbandingan senilai adalah saat nilai pembandingnya naik atau makin besar, maka hasil perbandingannya juga semakin besar.
  • Perbandingan Berbalik Nilai
    Perbandingan berbalik nilai merupakan kebalikan dari perbandingan senilai. Dimana logikanya makin besar pembanding, maka makin kecil hasil perbandingan.

Besaran Perbandingan Kelas 7

Besaran atau nilai yang seringkali dibandingkan dalam soal matematika kelas 7 diantaranya adalah:

  • Usia/umur.
  • Tinggi (badan, gedung).
  • Luas (segitiga, persegi, persegi panjang, lingkaran).
  • Volume (tabung, prisma, limas, kubus, balok).
  • Berat (badan, benda).
  • Jarak tempuh.
  • Waktu (pengerjaan tugas).
  • Suhu.

Skala & Rasio Materi Perbandingan

Skala merupakan penerapan penulisan perbandingan. Penerapan skala di kehidupan sehari-hari akan kamu temui pada benda-benda seperti peta, denah, serta pada termometer.

  • Contoh Penerapan
    Misal sebuah peta memiliki skala sebesar 1:1.000.000.000 cm, maka 1 cm dalam peta akan sebanding dengan 1.000.000.000 cm ( 10.000 km) dalam ukuran asli.
    Tak jarang juga ditemui skala dengan beda besaran. Contohnya adalah peta berskala 1 cm : 100.000 km, artinya 1 cm peta mewakili ukuran 100.000 km dunia nyata.
  • Faktor Perbesaran & Pengecilan
    Skala tidak selalu lebih kecil dari benda aslinya, karena terkadang skala justru memberikan ukuran lebih besar. Hal itu tergantung faktornya, apakah faktornya adalah faktor pengecilan atau faktor perbesaran.
  • Rasio
    Rasio adalah istilah lain dari skala. Perbedaan keduanya adalah rasio selalu digunakan pada satuan tanpa minus, seperti panjang, tinggi, dll.

Satuan Pada Perbandingan Kelas 7

Satuan suatu nilai juga berpengaruh besar pada ilmu perbandingan. Sebab membandingkan dua besaran yang berbeda tanpa ada keterangan satuan masing-masing akan menjadi rancu.

Jika melihat pada contoh skala di atas jika penulisan sentimeter (cm) dan kilometer (km) tidak dituliskan maka skala peta menjadi salah. Jika skala peta atau denah salah, maka tidak seharusnya digunakan.

Penggunaan Materi Perbandingan Kelas 7

Meskipun perbandingan adalah suatu materi matematika tersendiri, tapi beberapa mata pelajaran IPA kelas 1 SMP/MTs juga turut menggunakannya.

Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa ilmu perbandingan kelas 7 akan terus menerus digunakan baik di jenjang pendidikan lanjutan serta di kehidupan sehari hari.

Itulah alasannya mengapa memahami ilmu perbandingan kelas 7 menjadi sangat penting. Agar lebih mudah mempelajari materi tersebut, kamu juga perlu mencoba mengerjakan contoh soal perbandingan.

Download Materi Perbandingan Kelas 7 K13 PDF

Bagi kamu yang membutuhkan materi perbandingan kelas 7 K13 lengkap, silakan download langsung melalu link berikut ini. File materi di bawah, penulis sediakan secara gratis.

Akhir Kata

Itulah pembahasan materi perbandingan untuk kelas 7 SMP dan MTs dari kursiguru. Semoga memudahkanmu untuk belajar salah satu materi dasar paling penting dalam bidang ilmu matematika (mtk).

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.