Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

60 Contoh Soal Tes Tertulis Panwascam Terbaru Pemilu 2024

contoh soal tes tertulis panwascam

Contoh Soal Tes Tertulis Panwascam – Setelah terbentuknya Badan Pengawas Pemilu daerah atau kabupaten atau kota, maka akan diadakan rekrutmen anggota Panwascam. Sebagai peserta tes, tentunya kita harus mempersiapkan diri. Salah satu latihan mengerjakan contoh soal tes tertulis Panwascam

Rekrutmen ini ditujukan bagi para masyarakat Indonesia yang berminat mengawasi pelaksanaan pemilu di tingkat kecamatan. Anggota Panwascam ini akan ditugaskan di pemilu 2024 mendatang. Di mana pemilu 2024 dilakukan secara serentak, baik pemilihan Bupati/Walikota, Gubernur, dan Presiden.

Sebelumnya, Kursiguru juga telah menulis artikel mengenai contoh tes Bawaslu. Artikel tersebut juga bisa menjadi rujukan teman-teman dalam belajar. Sebelumnya nantinya akan mengikuti tes tertulis Panwascam.

Bagi teman-teman yang merasa masih bingung dan belum mendapatkan gambaran materi dan contoh soal tes tertulis Panwascam, silakan baca artikel berikut sampai tuntas.

Apa Itu Panwascam

Panwascam merupakan pemendekan dari Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan. Panwascam adalah bagian dari Badan Pengawas Pemilu daerah yang bertugas mengawasi jalannya pemilu di tingkat kecamatan. Jadi, para anggota panitia ini sangat penting adanya agar pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan baik.

Keanggotaan Panwascam sendiri terdiri tiga orang, setiap anggota memiliki tugas paling lambar dua bulan setelah rangkaian kegiatan pemilu selesai.

Syarat Pendaftaran Panwascam

Adapun bagi teman-teman yang ingin mendaftarkan diri menjadi Panwascam, bisa mengikuti persyaratan. Berikut syarat-syarat umum yang harus dimiliki dan dilaksanakan oleh para calon peserta rekrutmen Panwascam.

  • WNI, dibuktikan dengan KTP;
  • Usia paling rendah 25 tahun pada saat pendaftaran;
  • Taat pada dasar-dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Tidak memiliki riwayat dipenjara lima tahun atau lebih;
  • Memiliki kepribadian kuat, jujur, adil, dan berintegritas tinggi;
  • Domisili dari wilayah bersangkutan;
  • Memiliki keahlian dan kemampuan dalam proses pemilu;
  • Tidak masuk anggota parta politik atau mengundurkan diri sekurangnya lima tahun sebelum pendaftaran;
  • Tidak pernah menjadi tim kampanye salah satu pasangan calon;
  • Sehat jasmani, rohani, dan terbebas dari narkoba;
  • Telah mengundurkan diri dari jabatan politik, BUMN, dan BUMD;
  • Mampu bekerja penuh waktu;
  • Minimal pendidikan SMA atau sederajat;
  • Tidak memiliki hubungan perkawinan dengan sesama anggota Panwascam.
Baca  Contoh Soal Elastisitas Untuk SMA Word [Download]

Gambaran Materi Soal Tes Tertulis Panwascam

Sebelum membahas kumpulan contoh soal, kita lebih dulu mengetahui dan memahami gambaran materi atau kisi-kisi soal tes tulis Panwascam. Terdapat tiga tes tertulis yang perlu kamu ketahui sebagai berikut.

Dasar-Dasar Negara

Materi pertama, kita akan menemukan materi mengenai dasar-dasar negara. Kita ketahui bahwa dasar-dasar negara adalah Pancasila. Perlu pemahaman yang memadai untuk bisa menjawab setiap persoalan materi ini.

Tugas dan Wewenang Panwascam

Materi kedua, kita akan menjumpai materi mengenai tugas dan wewenang menjadi Panwascam. Agar kamu bisa menjawab soal ini, kamu bisa melihat langsung situs resmi Bawaslu mengenai tugas dan wewenang.

Tes Psikologi

Selain kedua materi tersebut, di tes tertulis juga kita akan menjawab soal mengenai psikologi. Sikap, kepemimpian, karakter, dan sifat kita akan diuji di soal ini. Perlu pengalaman organisasi dalam menjawab soal ini.

Kumpulan Contoh Soal Tes Tertulis Panwascam

Setelah kita mengupas tuntas seluk beluk Panwascam, selanjutnya kita akan membahas kumpulan contoh persoalan tes tertulis Panwascam. Kursiguru telah membuat beberapa contoh soal yang bisa kita pelajari bersama. Mari kita pelajari setiap contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal Tes Panwascam 1

Berikut ini yang bukan prinsip dari pelaksanaan pemilu…
a. Profesional
b. Efektif
c. Mandiri
d. Sendiri
e. Akuntabel
Jawaban : D

Contoh Soal Tes Panwascam 2

Berapa persen ambang batas parlemen nasional dalam pemilu 2024…
a. 3%
b. 4,5%
c. 5%
d. 4%
e. 5,5%
Jawaban : D

Contoh Soal Tes Panwascam 3

Jumlah Panwaslu di setiap kelurahan/desa yaitu…
a. 2 orang
b. 1 orang
c. 3 orang
d. 4 orang
e. 5 orang
Jawaban : B

Download Contoh Soal Tes Tertulis Panwascam

Beberapa contoh soal di atas hanyalah sampel. Kumpulan contoh persoalan lainnya disediakan dalam bentuk PDF. Kamu bisa memiliki kumpulan contoh soal ini dengan cara mendownload. Tentunya sangat mudah dan tanpa membayar. Bagi teman-teman yang membutuhkan contoh soal tes tertulis masuk menjadi Panwascam, langsung saja download link di bawah ini.

Baca  15 Contoh Soal TKA UTBK SBMPTN Saintek Terbaru 2022

Download Contoh Soal Tes Tertulis Panwascam

Akhir Kata

Itulah pembahasan kita mengenai kumpulan contoh soal tes tertulis untuk menjadi Panwascam. Semoga adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam menjalani proses belajar untuk menghadapi tes tertulis Panwascam. Nantikan artikel berikutnya bersama Kursiguru.

Sumber Gambar : Bawaslu.co.id

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *