Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

15 Contoh Soal Tes Substantif PPG Prajabatan Lengkap 2022

Contoh Soal Tes Substantif PPG Prajabatan

Contoh Soal Tes Substantif PPG Prajabatan – masih membahas mengenai soal-soal yang berkaitan dengan pendidikan. Namun, pada kesempatan kali ini pembahasannya adalah kumpulan contoh soal tes substantif PPG Prajabatan.

Pembahasan ini sangatlah penting, mengingat guru adalah seorang pendidik yang perlu disejahterakan. Dengan lulusnya guru dalam tes PPG Prajabatan, maka otomatis akan mengangkat derajat pekerjaan yang diemban penuh kasih sayang.

Pada tahun ini, Kemendikbud telah menyampaikan adanya seleksi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan. Tes ini diharapkan bisa diikuti oleh para lulusan S1. Selain itu, tes ini juga tidak hanya diikuti oleh para lulusan dari jurusan pendidikan, dari non pendidikan juga bisa mengikutinya.

Selain membahas kumpulan soal tes substantif PPG Prajabatan, Kursiguru juga akan membagikan file PDF berisi soal latihan. Untuk lebih jelasnya, kita bahas secara rinci contoh soal tes substantif PPG Prajabat, berikut.

Gambaran Materi Tes Substantif PPG Prajabatan

Sebelumnya kami mengajak kepada kalian untuk membahas apa saja gambaran materi tes substantif PPG Prajabatan. Ada 3 materi yang terdapat pada tes substantif, seperti penguatan bidang keahlian, penguatan literasi, dan numerasi. Berikut kami jelaskan mengenai ketiga materi tersebut.

Penguatan Bidang Keahlian

Tes penguatan bidang keahlian merupakan tes untuk mengukur seberapa kemampuan atau kompetensi individu melalui bidang pendidikan. Ada dua penilaian dalam penguatan bidang keahlian yaitu High-Touch dan High Tech. Kedua penilaian tersebut diharapkan bisa dimiliki oleh guru agar nantinya pada saat terjun dalam lingkungan sekolah bisa beradaptasi dengan baik.

promo

High-Touch merupakan penilaian tingkat tinggi mengenai aspek-aspek kepribadian dan kemanusiaan dalam mendidik. Dalam penilaian High-Touch, ada beberapa aspek yang dinilai antara lain adalah pengakuan dan penerimaan, kasih sayang dan kelembutan, pengarahan dan keteladanan, pemeberian penguatan, serta tindakan keputusan dalam mendidik.

Selain penilaian di atas, adapun penilaian High-Tech yang diartikan sebagai penilaian tingkat tinggi mengenai kualitas keahlian. Ada beberapa aspek yang dinilai antara lain materi pembelajaran, metode pembelajaran, alat bantu pembelajaran, lingkungan pembelajaran, penilaian pembelajaran, kualitas karakter kepribadian, dan tanggung jawab.

Penguatan Literasi dan Penguatan Numerasi

Tes penguatan literasi dan numerasi merupakan sebuah tes yang mengutamaka pada kemampuan nalar dengan bahasa dan kemampuan nalar dengan hitungan matematika. Ada beberapa hal yang dinilai antara lainya adalah berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar, serta keterampilan memilih dan memilah informasi yang didapati.

Baca  6 Contoh Soal PTS Biologi Kelas 11 Semester 2 & Jawaban PDF

Selain penilaian-penilaian di atas, ada juga kompone dalam materi literasi dan numerasi yaitu konten, proses kognitif, dan konteks. Kaitannya dengan konten, yang diuji ada kemampuan membaca teks informasi maupun fiksi. Proses kognitif merupakan pengujian menemukan informasi, mengintegrasikan, dan menginterpretasi isi dari teks. Selain itu juga, diupayakan dapat mengevaluasi. Terakhir adalah penilaian konteks. Penilaian konteks merupakan proses pengujian secara pribadi tentang sosial budaya yang ada di sekitarnya.

Kumpulan Soal Tes Substantif PPG Prajabatan

Setelah membahas materi yang ada dalam soal tes substantif, selanjutnya kita beranjak mengulas contoh soal tes substantif PPG Prajabatan. Di mana soal ini memuat materi yang sudah dibahas di atas. Berikut Kursiguru berikan kumpulan contoh soal tes substantif PPG Prajabatan.

Soal Tes Substantif PPG Prajabatan (1)

Pak Andi memperoleh berita bahwa dalam pendidikan abad 21, komunikasi adalah salah satu hal yang harus dimiliki oleh peserta didik. Komunikasi ini berkenaan dengan berbagai pendapat penyampaian gagasan. Pak Andi memiliki cita-cita besar agar peserta didiknya dapat menguasai karakteristik komunikasi dalam hal pembelajaran. Kegiatan apa yang bisa diupayakan Pak Andi agar peserta didiknya memiliki karakter tersebut antara lain….
A. Peserta didik diajarkan untuk menentukan pernyataan benar dan salah
B. Pak Andi memberi tugas kelompok untuk membuat poster
C. Pak Andi memberi tugas kelompok supaya membuat poster serta poster yang dibuat adalah hasil pendapat dari beberapa orang kemudian dituangkan menjadi satu
D. Pak Andi menyusun soal latihan untuk memacu peserta didik agar bisa memecahkan masalah
E. Peserta didik menyampaikan pendapat dalam sesi diskusi sementara kawan satu kelas mengikuti apa yang disampaikan
Jawaban: C

Soal Tes Substantif PPG Prajabatan (2)

Saudara merupakan seorang guru mapel bahasa Indonesia yang akan mendapatkan tempat penugasan di luar kota. Setelah mendapatkan tempat kerja baru, teryata sarana dan prasaran untuk pembelajaran kurang mendukung. Sebagai guru mapel Bahasa Indonesia yang akan saudara lakukan adalah….
A. Meminta peserta didik untuk tetap bersemangat belajar Bahasa Indonesia dengan keterbatasan sarana dan untuk sabar.
B. Mengatur waktu mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia sehingga kehadiran di sekolah tidak setiap hari.
C. Mengusulkan ke instansi terkait supaya menambah sarana dan prasarana pembelajaran matematika.
D. Tetap melaksanakan proses belajar mengajar dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
E. Mengajukan donasi orang tua peserta didik guna memperkaya sarana prasarana pembelajaran Bahasa Indonesia.
Jawaban: D

Soal Tes Substantif PPG Prajabatan (3)

Di sebuah proses belajar mengajar terdapat peserta didik mengalami kesulitan merampungkan soal tentang membedakan sebuah buku fiksi dan non fiksi. Tindakan saudara sebagai guru yang paling tepat adalah….
A. Meminta peserta didik menghapal pengertian fiksi dan nonfiksi.
B. Meminta peserta didik supaya membaca kembali buku
C. Meminta peserta didik membaca tulisan-tulisan dari buku fiksi dan non fiksi
D. Menyampaikan kembali pengertian fiksi dan nonfiksi
E. Memberikan contoh-contoh tulisan-tulisan yang berbentuk fiksi dan nonfiksi
Jawaban:E

Baca  3 Contoh Soal Pajak Penghasilan dan Kunci Jawabannya 2022

Soal Tes Substantif PPG Prajabatan (4)

Ibu Susi sangat sadar sekali dengan pengertian pembelajaran abad 21. Hal yang perlu dimiliki oleh peserta didik adalah berfikir kritis. Berpikir kritis merupakan melihat masalah dan cara baru kemudian menalarkan pada mata pelajaran. Upaya pembelajaran yang harus dilakukan Ibu Susi agar peserta didik dapat memiliki karakter berpikir kritis antara lain….
A. Peserta didik menyampaikan ide di sesi presentasi sementara teman yang lain mendiskusikan hal yang disampaikan
B. Ibu Susi menampilkan 5 gambar benda sementara meminta peserta didik memilih salah satu gambar dengan karakteristik tertentu disertai alasan logisnya.
C. Ibu Susi membuat kelompok supaya membuat poster dari hasil pendapat orang yang kemudian dituangkan dalam karya
D. Ibu Susi menyusun soal latihan untuk mendorong anak supaya memecahkan masalah
E. Peserta mengerjakan soal tipe sulit
Jawaban:A

Soal Tes Substantif PPG Prajabatan (5)

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pandemi Covid- 19 ini mengakibatkan kehilangan proses pembelajaran yang utama bagi siswa. Karena itu memungkinkan peserta didik kelas IX SMP memiliki pengetahuan Bahasa Inggris setara dengan kelas VII atau VIII. Hal ini tentu bisa membawa peserta didik kesulitan dalam mengikuti seleksi ujian masuk SMA/SMK Negeri. Jika saudara mengajar di kelas IX, hal yang saudara lakukan adalah….
A. Meminta peserta didik untuk belajar Bahasa Inggris dengan waktu yang lebih banyak guna mengganti waktu belajar sebelumnya
B. Melakukan pengujian diagnostik atau melakukan apersepsi sebelum pembelajaran dimulai.
C. Meminta peserta didik agar belajar mandiri dengan materi yang sudah ada dalam buku
D. Mendatangi rumah peserta didik untuk les privat
E. Melakukan pembukaan materi di awal pembelajaran
Jawaban: B

Download Kumpulan Soal Tes Substantif PPG Prajabatan

Setelah kita sudah mengulas secara tuntas dari gambaran materi dan contoh soal tes substantif PPG Prajabatan, kali ini kalian bisa mengunduh kumpulan contoh soal. Di bawah ini Kursiguru sudah menyediakan file dengan format PDF yang bisa kamu undud dengan mudah dan tentunya gratis.

Akhir Kata

Demikian pembahasan dari Kursiguru mengenai contoh soal tes substantif PPG Prajabatan yang dilengkapi dengan file downloadnya. Besar harapan dari artikel ini bisa membantu kamu dalam persiapan menghadapi ujian PPG Prajabatan tahun ini.

Sumber Gambar : Kompas.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *