Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 110 Contoh Soal PPPK 2021 : Pilihan Ganda & Jawabannya [Download]

Contoh Soal PPPK

Contoh soal PPPK atau yang sering disebut dengan P3K ini akan disajikan pada artikel ini. Tapi sebelum Kursiguru menyajikan contoh soalnya, alangkah baiknya kita membahas dulu mengenai apa itu PPPK bagaimana caranya agar bisa mengikuti ujiannya. Hal itu dikarenakan masyarakat masih bingung mengenai program PPPK atau P3K dari pemerintah tersebut.

Mengutip dari beberapa sumber, bahwa pemerintahan saat ini akan membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Seleksi tersebut diprioritaskan bagi seluruh guru yang masih honorer, baik di sekolah negeri maupun swasta. Salah satu syaratnya guru tersebut telah terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Tidak hanya itu, seleksi PPPK juga boleh diikuti oleh guru lulusan program pendidikan profesi guru, yang sedang tidak mengajar. Dari seleksi PPPK tersebut, nantinya peserta akan diangkat dan dipekerjakan dengan perjanjian kontrak sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditetapkan. Berdasarkan Undang-undang nomor 5 tahun 2014, PPPK dikontrak minimal satu tahun. Setelah satu tahun, boleh diperpanjang selama 30 tahun.

Contoh Soal PPPK

Pengertian PPPK

PPPK atau P3K adalah status bagi WNI yang melaksanakan tugas pemerintah berdasarkan perjanjian kerja dengan jangka waktu tertentu. PPPK adalah bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki kewajiban sama dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Akan tetapi, untuk memperoleh hak tentulah berbeda.

Untuk pengelolaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja dilakukan oleh manajemen PPPK itu sendiri. Pengelolaan dilakukan agar bisa menghasilkan pegawai pemerintah yang profesional, memiliki nilai, etika profesi, bebas intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Seleksi PPPK

Seperti penjambaran di atas, PPPK atau P3K ditentukan dengan proses seleksi. Dari beberapa sumber, seleksi diperkirakan akan digelar kembali pada tahun 2021. Tidak hanya itu, menurut MenPANRB, seleksi PPPK 2021 tidak dibuka hanya sekali, namun dibuka hingga tiga kali.

Sampai akhir-akhir ini, formasi guru PPPK dibuka hingga 174.077 sesuai permintaan dari setiap daerah mulai dari 32 provinsi, 370 kabupaten, dan 89 kota. Akan tetapi, untuk sampai saat ini pun, pemerintah masih menunggu usulan kebutuhan dari setiap daerah. Banyaknya formasi di atas, maka kamu jangan sia-siakan berjuang mendaftar PPPK.

Syarat Seleksi PPPK

Adapun persyaratan yang harus disiapkan oleh seluruh peserta seleksi PPPK. Syarat-syarat tersebut agar kamu bisa lolos rekrutmen seleksi PPPK. Sembari menunggu pendaftaran seleksi PPPK, alangkah baiknya ketahui persyaratan berikut ini:

1. Usia minimal 20 tahun dan maksimal satu tahun sebelum batas usia sesuai jabatan yang dilamar. Misal, batas pensiun PPPK 60 tahun, maka umur 59 tahun masih diperkenankan ikut seleksi.

2. Tidak pernah diberhentikan tidak hormat dari instansi sebelum bekerja.

3. Tidak pernah memiliki status kejahatan hingga pernah dipenjara.

4. Tidak berada pada anggota partai politik maupun turut serta dalam tindakan politik bersifat praktis.

5. Memiliki pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.

6. Memiliki sertifikasi keahlian tertentu dari lembaga profesi yang sesuai.

Kamu bisa mengunjungi laman Badan Kepegawaian Negeri untuk mengetahui lebih lanjut informasi pendaftaran. Kamu bisa langsung memilih PPPK atau P3K di menu BKN tersebut.

Download Contoh Soal PPPK

Sesuai dengan judul artikel di atas, maka Kursiguru akan membagikan contoh soal PPPK atau P3K. Kumpulan soal ini berasal dari beberapa sumber yang sudah disatukan. Tidak hanya soal, Kursiguru menyajikan beserta kunci jawaban, sehingga kamu bisa mempelajarinya dengan mudah. Kamu dengan mudah mengunduh soal di bawah ini dan tentunya gratis.

Download Soal

Demikian artikel ini yang bisa Kursiguru sajikan. Semoga artikel mengenai contoh soal PPPK  bisa menjadi bahan referensi belajar kamu dalam mempersiapkan seleksi PPPK. Dan di saat seleksi, kamu bisa terbantu dengan contoh soal ini.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.