Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 15 Contoh Soal Ide Pokok Paragraf & Kalimat Utama Download [2021]

Contoh soal ide pokok

Contoh Soal Ide Pokok Paragraf akan dibahas di kesempatan kali ini. Tidak hanya berupa contoh soal yang akan Kursiguru berikan, namun mengenai pengertian, jenis, fungsi, struktur, dan ciri ide pokok paragraf juga akan dibahas. Selain itu, mengenai bagaimana cara mencari ide pokok di dalam paragraf juga akan dijelaskan di artikel ini.

Mengenai soal ide paragraf, sering kali kita temukan di dalam soal mata pelajaran bahasa Indonesia. Tidak hanya di ujian nasional kita temukan soal ide paragraf, melainkan ujian masuk kerja pun dimasukkan soal-soal mengenai ide paragraf. Padahal materi mengenai ide paragraf merupakan materi yang dipelajari dari SD hingga SMA.

Terdapat poin penting di dalam memasukan materi ide paragraf pada soal-soal ujian apapun. Poin pentingnya dapat menguji wawasan dan pengetahuan yang dimiliki oleh peserta ujian. Hal itu dikarenakan tema setiap paragraf bermacam-macam, seperti kesehatan, pendidikan, remaja, pemerintah, teknologi, dan tema lainnya. Selain menguji wawasan, mencari ide paragraf juga menguji kecepatan membaca peserta ujian.

Contoh Soal Ide Paragraf

Pengertian Ide Pokok Paragraf

Ide pokok disebut juga sebagai gagasan utama di dalam sebuah paragraf. Ide pokok merupakan topik utama yang dibahas dari suatu paragraf. Adapun di dalam ide pokok tersebut terdapat kalimat penjelas. Kalimat penjelas berfungsi sebagai menguraikan atau menjelaskan gagasan dari ide pokok tersebut.

Berkaitan dengan posisi di mana ide pokok berada itu beragam. Ide pokok bisa berada di awal paragraf maupun bisa di akhir paragraf. Jika ide pokok terdapat pada awal paragraf, maka paragraf tersebut dinamakan sebagai paragraf deduktif. Sedangkan, jika ide pokok terdapat pada akhir paragraf maka paragraf tersebut dinamakan sebagai paragraf induktif. Adapun paragraf campuran yang memiliki ide pokok di awal dan di akhir paragraf.

Fungsi dan Ciri Ide Pokok

Fungsi utama ide pokok di dalam paragraf adalah memberikan penjelasan dari keutamaan bacaan atau paragraf. Hal itu membuat pembaca dapat dengan mudah memahami paragraf. Selain itu juga, ide pokok  juga dapat memberitahu ide utama dari paragraf.

Adapun ciri-ciri ide pokok:

1. Terdapat kalimat pendukung atau penjelas

2. Terdapat kalimat penguatan alasan dari ide pokok

3. Memiliki inti dari sebuah paragraf atau pusat pembahasan

Cara Menentukan Ide Pokok

Cara paling utama dalam menentukan ide pokok adalah dengan suka membaca. Membaca bukan hanya melakukan proses membaca kemudian selesai. Akan tetapi, kamu harus memahami isi bacaan yang kamu baca. Di bawah ini adalah tiga cara menentukan ide pokok:

1. Menentukan kalimat utama

Pertama, kamu mencari kalimat utama di dalam paragraf. Hal ini dikarenakan kalimat merupakan kalimat yang paling menonjol. Jika kamu sudah menemukan kalimat utama, maka kamu bisa meninggalkan kalimat penjelas, atau bisa kamu coret kalimat penjelasnya agar kamu bisa fokus ke kalimat utama.

2. Fokus membaca

Kedua, fokuslah pada kalimat utama sebelumnya. Hal ini berguna agar kamu tidak pecah fokus ke kalimat lainnya. Jika kamu fokus pada kalimat utama, kamu dengan cepat menemukan ide pokok.

3. Kesimpulan paragraf

Ketiga, kamu bisa menulis beberapa hal penting dari berbagai bacaan. Misalnya di dalam buku-buku ilmiah yang terdapat satu paragraf lebih dari 5 kalimat. Bisa jadi paragraf dengan banyak kalimat itu merupakan ide pokok yang sedang dibahas di dalam bacaan.

Download Contoh Soal Ide Pokok Paragraf

Nah, sesuai dengan judul artikel ini, di bawah ini akan Kursiguru sajikan contoh soal mengenai mencari ide pokok paragraf. Contoh soal di bawah berupa rangkuman contoh-contoh soal dari berbagai sumber. Selain itu, seperti pembahasan di paragraf pertama artikel ini, contoh soal juga berupa kunci jawaban.

Download Contoh Soal

Demikian artikel mengenai contoh soal ide pokok paragraf yang bisa Kursiguru berikan. Adanya artikel ini semoga memberi kelancaran bagi kamu di dalam mengerjakan soal-soal di ujian apapun.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.