Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 10 Contoh Soal EOQ Economic Order Quantity Dan Jawabannya 2021

Contoh Soal EOQ

Contoh Soal EOQ mengenai jumlah (kuantitas) pesanan dalam dunia ekonomi akan dibahas secara rinci pada artikel kursiguru kali ini. Dimana EOQ wajib dipahami oleh setiap perusahaan, khususnya pada bagian manajemen yang mempunyai tugas mengatur stok produk/barang.

Pada umumnya suatu perusahaan mempunyai model penyediaan produk dalam bentuk stok atau persediaan. Persediaan produk tersebut haruslah diatur sedemikian rupa agar tidak terjadi kelebihan permintaan terhadap produsen, ketika minat konsumen sedang mengalami penurunan.

EOQ (Economic Order Quantity) atau jika dibahasa Indonesia-kan berarti kuantitas permintaan ekonomis adalah metode hitung jumlah permintaan barang terbaik. Kata terbaik di sini artinya persediaan sebuah produk dalam perusahaan tidak terlalu banyak ataupun terlalu sedikit.

Memahami EOQ tidaklah sulit jika sudah tahu tentang pengertian, rumus, cara hitung, dan jawaban dari contoh soalnya. Karena itu di sini kursiguru akan membahas materi sekaligus contoh soal dan jawaban terkait pemesanan produk secara ekonomis tersebut.

Contoh Soal EOQ : Pengertian, Rumus, Pembahasan & Jawaban

Pengertian Dasar EOQ

Dalam dunia manajerial sebuah perusahaan tentu saja kamu akan bertemu berbagai jenis persoalan, termasuk tentang administrasi penyediaan barang/produk. Dimana menjaga kestabilan antara stok barang dengan permintaan konsumen merupakan proses penting agar perusahaan tidak mengalami kerugian akibat overstock ataupun understock.

Jika mengacu pada bahasan di atas, maka EOQ bisa dimengerti sebagai kuantitas paling ekonomis ketika melakukan pemesanan (permintaan) terhadap pihak produsen suatu jenis barang. Karena pada dasarnya suatu produk akan mengalami kenaikan serta penurunan minat konsumen seiring waktu, dimana efek buruknya adalah:

  • Overstok: stok berlimpah tapi minat konsumen turun, maka perusahaan mengalami kerugian materiil secara langsung.
  • Understok: kekurangan stok disaat minat tinggi, maka perusahaan kehilangan kepercayaan konsumen.

Rumus EOQ

Rumus atau persamaan untuk menghitung besarnya kuantitas (Q) dari EOQ bisa dituliskan secara sederhana seperti di bawah ini.

Rumus EOQ

Dari persamaan di atas dapat diketahui bahwa EOQ tak hanya mempengaruhi besarnya jumlah dalam setiap pesanan, namun juga mempengaruhi frekuensi dari permintaan untuk kurun waktu setahun.

Pembahasan Contoh Soal EOQ

Agar lebih memahami persoalan EOQ maka diperlukan sebuah contoh atau permisalan nyata. Untuk itu, di sini kursiguru akan memberikan contoh soal dari kuantitas pesanan ekonomis.

Contoh Soal EOQ

Kaido akan melakukan pemesanan suatu produk bernama Slime dari pabrik milik Doflamingo. Dimana harga Slime dibanderol oleh Doflamingo sebesar Rp. 66.666, sedangkan biaya pemesanannya sebesar Rp. 1.234.278. Kaido memprediksi bahwa tahun berikutnya akan membutuhkan Slime sebanyak 70.000 unit. Jika ongkos simpan Slime sebesar 5%, maka hitunglah EOQ serta frekuensi pesanan Kaido!

Berikut ini adalah jawaban dari soal EOQ kursiguru di atas.

R = 70.000 unit

S = Rp. 1.234.278.

P = Rp. 66.666.

I = 5% = 0,05.

Jawaban Contoh Soal EOQ

Sehingga pesanan Kaido harus melakukan pemesanan sebanyak 9 kali dengan jumlah Slime sekali pesan sebanyak 7.200 unit. Dari pembahasan soal EOQ di atas dapat disimpulkan bahwa menggunakan EOQ tak hanya membantu mencari jumlah unit barang yang akan di pesan, tapi seberapa sering pemesanan harus dilakukan.

Download Contoh Soal EOQ

Sebelum mengakhiri pembahasan, kursiguru juga akan membagikan kumpulan soal-soal EOQ untuk kamu pelajari secara mandiri. Kumpulan soal-soal EOQ dari kursiguru dapat langsung kamu download lewat link berikut ini. File soal EOQ di bawah ini gratis lho, jadi tak perlu ragu untuk mendownloadnya.

Download Contoh Soal EOQ

Itulah pembahasan lengkap seputar materi & contoh soal EOQ dari kursiguru. Setelah mengetahui EOQ pastikan kamu memahaminya secara mendalam agar perusahaanmu terhindar dari kerugian, baik materiil atau non-materiil.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

6 Replies to “√ 10 Contoh Soal EOQ Economic Order Quantity Dan Jawabannya 2021”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *