Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

5 Contoh Soal Momentum dan Impuls K13 : Rumus & Jawaban PDF

Contoh Soal Momentum dan Impuls
Advertisements

Contoh Soal Momentum dan Impuls – membahas mengenai contoh persoalan seputar materi fisika kelas 10 semester satu. Dimana momentum dan impuls adalah pengembangan ilmu lebih lanjut terkait adanya gaya pada suatu benda.

Dunia fisika tidak pernah terlepas dari pembahasan mengenai gaya, termasuk ilmu turunannya seperti momentum dan impuls. Karena itu saat belajar mapel fisika nantinya para murid juga akan menemui contoh soal momentum dan impuls.

Lalu apa sebenarnya momentum dan impuls? Bagaimana rumus serta cara menghitungnya? Untuk bisa menjawab pertanyaan itu, harus ada pembahasan tersendiri seputar materi serta contoh soal momentum dan impuls.

Advertisements

Maka di kesempatan kali ini, Kursiguru hendak menjelaskan berbagai hal penting terkait contoh soal momentum dan impuls mulai dari rangkuman materinya, rumus, cara menghitung hingga jawaban serta pembahasan setiap soal.

Rangkuman Pelajaran Fisika Momentum dan Impuls

Sebelum mempelajari contoh soalnya, ada baiknya kamu memahami lebih dulu bagaimana rangkuman fisika momentum dan impuls. Berikut adalah ringkasan seputar definisi dari masing-masing momentum serta impuls.

Konsepsi Dasar Momentum

Momentum mempunyai pengertian dasar sebagai sebuah besaran turunan hasil dari perkalian besaran massa dan juga kecepatan benda. Dimana kecepatan sendiri juga merupakan besaran turunan. Karena momentum mendapatkan nilainya dari perkalian maka semakin tinggi massa dan kecepatan akan makin besar pula momentumnya.

Konsepsi Dasar Impuls

Berbeda dengan momentum, impuls memiliki definisi dasar sebagai perubahan momentum yang terjadi kepada benda karena adanya gaya bekerja dalam waktu singkat. Poin penting dari impuls adalah lamanya waktu saat gaya bekerja di suatu objek. Contoh sederhana dari proses terjadinya impuls adalah ditendang atau dipukulnya bola.

Baca  7 Contoh Soal Bunga Majemuk dan Tunggal : Rumus & Jawaban 2022

Keterkaitan Momentum dan Impuls

Berdasarkan pengertian kedua besaran di atas, momentum dan impuls pasti memiliki hubungan atau keterkaitan erat. Jika dituliskan dari sudut pandang sains, maka keterkaitan momentum dan impuls adalah berbanding lurus. Dengan kata lain, semakin besar impulsnya maka makin tinggi juga momentumnya serta sebaliknya.

Rumus Hitung Momentum dan Impuls

Untuk memudahkanmu mempelajari contoh soal seputar momentum maupun impuls, kali ini penulis juga ingin membagikan rumus perhitungannya. Dimana rumus hitung dalam soal momentum dan impuls dapat kamu simak pada gambar berikut.

Rumus Hitung Soal Momentum dan Impuls
Advertisements

Contoh Soal Momentum dan Impuls Beserta Jawabannya

Setelah mengetahui berbagai informasi seputar momentum dan impuls di atas, selanjutnya silakan simak uraian mengenai contoh persoalan momentum dan impuls di bawah. Dimana masing-masing contoh soal nantinya disertai juga dengan jawaban serta pembahasan.

Contoh Soal (1) – Momentum

Suatu hari Andrew memutuskan untuk berjalan-jalan dengan mengendarai motor miliknya. Hitunglah momentum Andrew bersama motornya apabila total massanya sebesar 150 kg serta berkecepatan 180 km/jam.
a. 7.500 kgm/s
b. 12.500 kgm/s
c. 25.000 kgm/s
d. 27.000 kgm/s
e. 30.000 kgm/s

Jawaban : A. 7500 kgm/s

Pertama buatlah semua menjadi dalam satuan standar
m = 150 kg
v = 180 km/jam = 180/3,6 = 50 m/s
Kemudian hitung menggunakan rumus momentum, sehingga
p = m×v = 150×50 = 7.500

Contoh Soal (2) – Momentum

Dalam sebuah latihan perlombaan lari, terdapat empat orang peserta yakni Fian, Firman, Kiki serta Anang. Dari program pelatihan itu didapat data seperti pada tabel berikut.

Nama PesertaMassa Tubuh (kg)Hasil Uji Coba Lari (m/s)
Anang5010
Fian6511
Firman5212
Kiki5013

Siapakah peserta yang memiliki momentum lari paling besar?
a. Anang
b. Fian
c. Firman
d. Kiki
e. Semuanya sama

Jawaban : B. Fian

Langsung saja hitung momentum tiap peserta
Anang = 50×10 = 500 kgm/s
Fian = 65×11 = 715 kgm/s
Firman = 52×12 = 624 kgm/s
Kiki = 50×13 = 650 kgm/s
Jadi sudah jelas bahwa Fian memiliki momentum paling besar

Baca  √ 5 Contoh Soal Kartu Pesanan & Perhitungan Lengkapnya [PDF] 2022

Contoh Soal (3) – Momentum

Berdasarkan contoh soal nomor satu, jika laju motor Andrew berubah menjadi hanya setengah nilai awal , sementara massa totalnya menjadi hanya 125 kg maka berapakah momentumnya?
a. 2.125
b. 2.625
c. 3.125
d. 3.625
e. 4.125

Jawaban : C. 3.125

Kini kondisi variabel Andrew beserta motornya berubah menjadi
m = 125 kg
v = 90 km/jam = 90/3,6 = 25 m/s
Kemudian hitung menggunakan rumus momentum, sehingga
p = m×v = 125×25 = 3.125

Contoh Soal (4) – Impuls

Seorang pemain basket bernama Kuroko melakukan passing bola tempo cepat dengan gaya sebesar 30 Newton. Jika lamanya sentuhan Kuroko terhadap bola basket adalah 200 milisekon, berapakah besar impuls Kuroko?
a. 6000 Ns
b. 600 Ns
c. 60 Ns
d. 6 Ns
e. 0,6 Ns

Jawaban : D. 6 Ns

Buatlah satuannya ke bentuk standar
F = 30 Newton = 30 N
Δt = 200 milisekon = 0,2 s
I = F×Δt = 30×0,2 = 6 Ns

Contoh Soal (5) – Impuls

Ketika berjalan di tepi pantai, badan Fani terkena bola voli berkecepatan 30 m/s dari arah utara, sehingga bolanya terpantul dengan laju 20 m/s ke selatan. Bila massa bola voli itu adalah 250 gram, berapa besar impulsnya?
a. -2,5 Ns
b. -5 Ns
c. -7,5 Ns
d. -10 Ns
e. -12,5 Ns

Jawaban : E. -12,5 Ns

Berdasarkan soal terlihat bahwa bola voli memiliki variabel
m = 250 gram = 0,25 kg
v1 = 30 m/s ; v2 = -20 m/s
Sehingga
I = m×(v2-v1)
I = 0,25×(-20-(-30))
I = 0,25×(-50) = -12,5 Ns

Download Contoh Soal Latihan Momentum dan Impuls K13 PDF

Selain beberapa contoh soal di atas, kamu juga bisa melatih pengetahuan seputar momentum dan impuls dengan cara belajar mandiri di rumah. Silakan gunakan file PDF contoh soal latihan momentum dan impuls berikut sebagai bahannya.

Akhir Kata

Sekian uraian Kursiguru mengenai contoh soal momentum dan impuls beserta rumus, jawaban hingga pembahasan soalnya. Sebagai bagian dari materi fisika, contoh soal momentum dan impuls nantinya sangat berguna untuk siswa yang ingin melanjutkan studinya di ranah teknik.

Advertisements
Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.