Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ 75 Contoh Soal Matriks & Pembahasannya Kelas 11 SMA 2021 [PDF]

Contoh Soal Matriks

Contoh Soal Matriks mapel matematika kelas 11 akan dibahas di artikel kursiguru kali ini. Dimana matriks sendiri merupakan penggambaran hasil transformasi fungsi linear dalam bentuk baris dan kolom yang tersusun atas angka atau objek lainya.

Pemakaian matriks di perhitungan matematika ditujukan untuk menyederhanakan tampilan data sehingga akan mempermudah jika data akan diolah lebih lanjut. Jika sudah pernah memakai aplikasi Microsoft Excel, tanpa sadar sebenarnya kamu telah memakai penerapan matriks di dunia nyata versi terbaru.

Matriks mempunyai berbagai macam jenis serta sifat. Kedua hal tersebut mempengaruhi besarnya determinan matriks. Dimana determinan matriks merupakan gambaran skala dari sebuah matriks berbentuk persegi ordo tertentu (2×2, 3×3, 4×4, dst).

Agar mudah mempelajari materi matriks ini, kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengerjakan & menyelesaikan contoh soal matriks. Oleh karena itu, di sini kursiguru akan memberi contoh soal-soal matriks beserta pembahasan lengkapnya.

Contoh Soal Matriks : Materi & Penjelasan

Sebagai siswa-siswi pemerhati ilmu pengetahuan alam, jangan kira matriks hanya dipakai ketika mempelajari matematika saja. Karena nantinya ilmu lain seperti fisika, kimia, dan bahkan biologi lanjutan juga memakai materi matriks. Karena itu simaklah dengan baik penjelasan kursiguru berikut.

Terkait Matriks & Operasi Hitungnya

Matriks mempunyai komponen isi, dimana komponen tersebut ditulis secara berurutan menggunakan sebuah koordinat kolom-baris.

Koordinat Matriks

Meskipun bentuk matriks sangat bermacam-macam tapi cara penggunaan operasi hitungnya bisa dipastikan secara mudah. Dimana beberapa operasi hitung soal matriks adalah:

Baca  √ 10 Contoh Soal Hukum Faraday Elektrolisis Kimia Kelas 12 SMA [2021]

1. Penjumlahan Matriks (A+B)

Penjumlahan matriks hanya bisa digunakan untuk matriks berordo sama, jika berbeda sedikit saja maka soal matriks tak bisa memakai operasi matriks.

2. Pengurangan Matriks (A-B)

Tak berbeda jauh dengan penjumlahan, pengurangan matriks juga wajib memperhatikan bentuk matriksnya. Jika ordonya berbeda maka soal matriks tak bisa dikurangkan.

3. Perkalian Matriks (A×B)

Operasi perkalian matriks ada 2 (dua) jenis, yaitu perkalian dengan nilai skalar (konstanta) atau sesama matriks.

  • Perkalian matriks × skalar
    Jika menghadapi contoh soal matriks dikalikan sebuah nilai skalar, maka langsung saja kalikan setiap komponen matriks itu dengan nilai skalar.
  • Perkalian antar matriks
    Matriks hanya bisa dikalikan jika isi kolom matriks pertama jumlahnya sama dengan isi komponen baris kolom kedua. Contoh: matriks 1×3 bisa dikalikan matriks 3×1. Agar lebih jelas perhatikanlah contoh perkalian matriks di bawah ini.

Perkalian Matriks Persegi Ordo Dua

4. Determinan Matriks (det A atau |A|)

Determinan matriks bisa diartikan sebagai proses skalarisasi sebuah matriks berdasarkan pada isi komponennya. Perhatikan contoh soal determinan matriks dari kursiguru berikut.

Memahami Contoh Determinan Matriks Mudah

5. Transpos Matriks (Matrix Transpose)

Untuk operasi transpos matriks, kamu tidak memerlukan kecepatan mengalikan isi matriks. Karena proses transformasi matriks ini hanya merubah posisi kolom ke baris serta baris ke kolom. Coba perhatikan contoh soal transpos matriks dari kursiguru berikut.

Contoh Soal Transpos Matriks Sederhana

6. Invers Matriks (Matrix Inverse)

Selanjutnya ada operasi lain bernama invers matriks, dimana invers hanya bisa dilakukan jika hasil hitung determinan soal matriks itu tidaklah bernilai nol (0). Contoh:

Proses Pengerjaan Inverse Matriks

Download Contoh Soal Matriks

Setelah mempelajari proses hitung dari pembahasan kursiguru di atas, sekarang yang dibutuhkan adalah contoh soalnya. Karena itu, di sini kursiguru akan membagikan contoh soal-soal matriks yang bisa dipakai untuk belajar mandiri, karena di dalamnya juga ada pembahasannya.

Baca  12 Contoh Soal Pengamalan Pancasila & Pembahasan [Download]

Download Contoh Soal Matriks PDF

Di atas adalah pembahasan mengenai matriks beserta proses penghitungannya dari kursiguru. Contoh-contoh di atas penulis dapatkan dari berbagai sumber, yaitu buku, bank soal, internet serta pengetahuan pribadi penulis selama bersekolah. Jadi jika ada sedikit perbedaan antara penyampaian gurumu, diskusikan saja mana cara yang akan dipakai ketika mengerjakan sebuah soal matriks.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *