Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

150+ Contoh Soal Bilangan Bulat Positif dan Negatif

contoh soal bilangan bulat positif dan negatif

Contoh Soal Bilangan Bulat Positif dan Negatif – Mengupas kembali mengenai kumpulan contoh soal yang sangat dibutuh oleh para peserta didik. Tidak hanya dibutuhkan oleh peserta didik sebagai bahan belajar tambahan, namun kumpulan contoh soal ini akan dibutuhkan oleh para guru. Di mana digunakan sebagai bahan referensi untuk membuat soal-soal.

Sebelumnya, kita sudah membahas mengenai contoh soal eksponen kelas 10 yang bisa dibuka dan dijadikan bahan belajar di rumah. Pada kesempatan kali ini, Kursiguru akan mengajar kalian untuk mengupas contoh soal bilangan bilangan bulat positif dan negatif.

Bilangan bulat positif dan negatif merupakan materi yang ada di dalam mata pelajaran matematika. Materi bisa ditemukan di salah satu jenjang kelas 6 SD. Nah, bagi kalian yang sedang mencari contoh soal bilangan bulat positif dan negatif, silakan simak artikel ini sampai selesai.

Tidak hanya mengupas mengenai contoh soal, Kursiguru juga akan memberikan file PDF kumpulan contoh soal disertai dengan kunci jawabannya. Lebih terangnya, kita langsung saja kupas satu persatu.

Sekilas Tentang Bilangan Bulat Positif dan Negatif

Sebelum kita membahas contoh soal bilangan bulat positif dan negatif, kita lebih dulu memahami apa itu bilangan bulat positif dan negatif. Pemahaman ini perlu dipahami guna melancarkan mengerjakan soal latihan soalnya. Bilangan bulat merupakan himpunan dari beberapa bilangan yang memiliki nilai bulat. Bilangan bulat memiliki dua bilangan yaitu bilangan positif dan negatif. Berikut penjelasan dari kedua bilangan bulat tersebut.

Baca  10 Contoh Soal Termodinamika : SMA & Mahasiswa Teknik PDF

Bilangan Bulat Positif

Bilangan bulat positif merupakan bilangan bulat yang memiliki nilai positif atau bertambah. Agar kita bisa menentukan bilangan positif, kita bisa melihat pada garis bilangan sebelah kanan. Contoh bilangan bulat positif adalah 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan seterusnya.

promo

Bilangan Bulat negatif

Berbeda dengan bilangan bulat positif positif, bilangan bulat negatif merupakan bilangan bulat yang memiliki nilai negatif. Bilangan tersebut berada di sebelah kiri dari garis bilangan. Contoh bilangan bulat negatif adalah -1, -2, -3, -4, -5, -6, -7, dan seterusnya. Untuk mengetahui perbedaan lebih jelas, bisa simak kedua bilangan bulat tersebut melalui gambar garis bilangan di bawah ini.

bilangan bulat
Gambar Garis Bilangan Bulat Positif dan Negatif

Karakter Bilangan Bulat Positif dan Negatif

Setelah kita mengetahui apa itu bilangan bulat dan perbedaan antara bilangan bulat positif dan negatif, kita membahas karakter yang dimiliki oleh kedua bilangan tersebut. Menurut Suganda (2019: 16), bilangan bulat memiliki empat karakter antara lain tertutup, komutatif (pertukaran), asosiatif, dan distributif. Di bawah ini penjelasan mengenai empat karakter tersebut.

Tertutup

Karakter pertama yaitu tertutup. Karakter ini merupakan pengoperasian yang memiliki bilangan bulat yang sama. Dicontohkan bilangan menggunakan huruf a dan b, rumusnya bisa a + b = c. Dari pengoperasian tersebut dikatakan memiliki bilangan bulat yang sama. contohnya di bilangan adalah 6 + 7 = 13.

Komutatif (pertukaran)

Karakter kedua yaitu komutatif atau pertukaran. Karakter ini disebut dengan jenis pengoperasian yang memiliki dua operasi hitung yaitu hitung penjumlahan dan hitung perkalian. Hasil dari hitungan ini tidak ada perbedaan karena hanya dilakukan pertukaran. Selain itu, karakter komutatif hanya digunakan untuk perkalian dan penjumlahan. Berikut rumus komutatif.

a + b = b + a atau a x b = b x a

3 + 4 = 4 + 3 atau 3 x b = b x a

Asosiatif

karakter ketiga adalah karakter asosiatif. Karakter ini biasa diartikan sebagai pengelompokan. Sama halnya dengan karakter komutatif, karakter ini hanya berlaku untuk pengoperasian perkalian dan penjumlahan. Tidak diperuntukkan untuk pengurangan atau pembagian. Berikut rumus asosiatif yang biasa digunakan.

Baca  60 Contoh Soal UAS PKN Kelas 3 SD Semester 1 Kurikulum 2013

(a + b) + c = a + (b + c)

(3 + 10) + 12 = 3 + (10 + 12)

atau

(d x e) x f = d x (e x f)

(3 x 10) x 12 = 3 x (10 x 12)

Distributif

Karakter terakhir adalah distributif. Karakter ini biasa disebut dengan pengoperasian penyebaran. Karakter distributif memiliki kegunaan penting pada bilangan bulat. Berbeda dengan ketiga karakter lainnya, karakter ini bisa digunakan dalam pengoperasian penjumlahan dan pengurangan maupun perkalian. Berikut rumus yang bisa digunakan.

d x (e – f) = (d x e) – (d x f)

3 x (2 – 5) = (3 x 2) – (3 x 5)

Kumpulan Beberapa Contoh Soal Bilangan Bulat Positif dan Negatif

Nah, sudah tahu ya apa itu bilangan bulat positif dan negatif, perbedaan, beserta karakter yang dimiliki bilangan bulat. Di paragraf ini, kita akan mengupas tuntas contoh soal yang tentunya sudah disediakan oleh Kursiguru. Yuk, ikuti pembahasannya di bawah ini.

Contoh Soal Bilangan Bulat (1)

Contoh Soal Bilangan Bulat 1

Contoh Soal Bilangan Bulat (2)

Contoh Soal Bilangan Bulat 2

Contoh Soal Bilangan Bulat (3)

Contoh Soal Bilangan Bulat 3

Download Soal Bilangan Bulat Positif dan Negatif

Setelah membahas beberapa contoh soal di atas, Kursiguru telah menyediakan contoh lainnya. Kumpulan soal ini berbentuk file PDF yang bisa kalian download dengan mudah dan gratis. Silakan download file di bawah ini sebagai bahan belajar.

Download Soal Bilangan Bulat Positif dan Negatif

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai contoh soal bilangan bulat positif dan negatif yang bisa Kursiguru berikan. Semoga dengan adanya artikel ini, kalian bisa lebih percaya diri dan yakin mengerjakan soal-soal yang sesungguhnya.

Sumber Gambar : Suara.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *