5 Materi Fisika Kelas 10 Semester 2 Kurikulum Merdeka 2023 PDF

Materi Fisika Kelas 10 Semester 2 – Tidak berhenti di pembahasan materi, penulis akan kembali mengajak kamu untuk membahas materi berikutnya, yakni materi Fisika kelas 10 semester 2. Tentunya materi ini sangat dinanti-nanti oleh guru maupun siswa kelas 10, karena sebentar lagi pergantian semester genap akan berlangsung dalam waktu dekat ini.

Sampai hari ini, mapel Fisika masih dipelajari oleh siswa. Hal itu dikarenakan ilmu fisika penting bagi kehidupan kita sehari-hari. Karena materi tersebut adalah ilmu yang sangat dekat dengan aktivitas-aktivitas manusia. Contohnya saja, ketika kita meletakan air es di gelas, maka akan terjadi titik-titik air di luar gelas. Namanya adalah menyublim.

Seperti di pembahasan materi matematika kelas 9 semester 2, materi ini juga akan mengacu pada kurikulum merdeka. Di mana kurikulum merdeka adalah kurikulum terbaru yang digunakan oleh semua jenjang sekolah. Jadi, pembahasan ini berlaku untuk beberapa tahun kemudian.

Apabila kamu sedang mencari materi mata pelajaran Fisika kelas X semester genap, Kursiguru akan membantumu menemukan materi tersebut. Selain itu, di akhir pembahasan, kamu juga akan mendapatkan buku dalam bentuk e-book atau bentuk file PDF. Tanpa panjang lebar, mari kita bahas materinya di bawah ini.

Kompetensi Dasar Materi Fisika Kelas 10 Semester 2

Di pembahasan awal kita akan mencari tahu kompetensi dasar dalam pembelajaran Fisika kelas 10 semester 2. KD adalah satu hal penting dalam pembelajaran supaya bisa berjalan sesuai dengan rencana. Berikut beberapa KD dalam materi Fisika kelas X semester 2.

KD Materi Fisika Kelas 10 Semester 2 – Hukum Newton

  • KD 3.7 – Menelaah hitungan interaksi gaya dari hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus.
  • KD 4.7 – Melakukan percobaan terkait interaksi gaya serta hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus.

KD Materi Fisika Kelas 10 Semester 2 – Hukum Newton Tentang Gravitasi

  • KD 3.8 – Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum Newton.
  • KD 4.8 – Menyajikan karya mengenai gerak satelit buatan yang memutari bumi. pemanfaatan, dan dampak dari berbagai sumber informasi.

KD Materi Fisika Kelas X Semester 2 – Usaha dan Energi

  • KD 3.9 – Menganalisis konsep energi, usaha, hubungan usaha, dan perubahan hukum kekekalan energi, serta hubungannya dengan peristiwa sehari-hari.
  • KD. 4.9 – Menyampaikan gagasan penyelesaian masalah gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan metode ilmiah, konsep energi, usaha, dan hukum kekekalan energi.

KD Materi Fisika Kelas X Semester 2 – Momentum dan Impuls

  • KD 3.10 – Menerapkan konsep momentum dan impuls, serta hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari.
  • KD 4.10 – Menyampaikan hasil pengujian penerapan hukum kekekalan momentum.

KD Materi Fisika Kelas X Semester 2 – Getaran Harmonis

  • KD 3.11 – Menganalisis hubungan antara gaya dan getaran dalam peristiwa sehari-hari.
  • KD 4.11 – Melakukan percobaan getaran harmonis pada ayunan sederhana atau getaran pegas.

Ringkasan Materi Fisika Kelas 10 Semester 2

Setelah mengetahui kompetensi dasar mapel Fisika kelas X semester genap, saatnya kita membahas setiap materi pada KD di atas. Apabila kita baca penjelasan KD di atas, terdapat 5 materi yang perlu dipelajari oleh semua siswa kelas 10. Berikut ringkasan setiap materinya.

Materi Hukum Newton

Dalam ilmu Fisika, hukum Newton merupakan resultan gaya yang berfungsi pada benda dengan satuan yang sama dengan nol. Di mana awal benda itu diam, maka akan selamanya diam. Sedangkan benda yang awalnya bergerak beraturan, maka akan selalu bergerak. Itulah hukum Newton.

Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi

Sedangkan hukum Newton tentang gravitasi adalah simpulan Newton bahwa gaya tarik gravitasi berfungsi antara dua benda sebanding dengan massa di masing-masing benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua benda.

Materi Usaha dan Energi

Selanjutnya usaha dan energi dalam ilmu fisika. Usaha merupakan energi yang tersalur agar berhasil menggerakan atau menggeser dengan gaya. Sedangkan energi merupakan kemampuan melakukan usaha. Hubungan usaha dan energi sendiri adalah energi adalah salah satu komponen yang kuat dengan usaha.

Materi Momentum dan Impuls

Materi keempat adalah materi yang dikenal sebagai teorema impuls momentum. Impuls digambarkan sebagai jumlah yang menyatakan efek dari total gaya yang bekerja di suatu benda. Sedangkan momentum digambarkan sebagai kuantitas yang melawan suatu benda untuk berhenti.

Materi Getaran Harmonis

Materi terakhir yaitu getaran harmonis. Dalam ilmu Fisika, getaran harmonis merupakan suatu benda yang bergerak secara bolak baik atau secara periodik melalui titik kesetimbangan. Gerak secara periodik pada lintasan yang sama disebut sebagai gerak osilasi atau getaran. Contoh benda yang bergetas harmonis yakni bandul jam.

Download Materi Fisika Kelas 10 Semester 2

Nah, itulah pembahasan keseluruhan dari materi Fisika kelas X semester genap. Sebelum menutup pembahasan ini, Kursiguru akan membagikan lebih dulu e-book materi sesuai dengan janji di awal artikel ini. Kamu bisa mendonwload e-book ini dengan mudah dan cepat dengan klik tautan yang tersedia.

Download Materi Fisika Kelas X Semester Genap

Akhir Kata

Itulah pembahasan kita mengenai materi Fisika kelas X semester 2. Semoga dengan adanya artikel Kursiguru ini, kamu mendapatkan penjelasan materi secara tepat dan kamu bisa belajar dengan mudah.

Sumber Gambar : Admin Kursiguru.com

Tinggalkan komentar