Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

3 Cara Menggunakan Mendeley Terbaru Pakai Laptop 2020

Cara Menggunakan Mendeley

Cara menggunakan mendeley mungkin bisa membantu menyempurnakan artikel kamu, saat ini. Apalagi kamu yang sedang menyusun tugas akhir kuliah atau skripsi, aplikasi ini akan sangat membantu. Dengan penyusuan yang benar dan sesuai aturan, maka pembimbing skripsi akan menerima dengan senang hati.

Kita tahu bahwa menyusun sebuah artikel membutuhkan ketelitian yang serius. Penyusunan karya tulis ilmiah tidak sembarangan seperti mencopot tulisan dari orang lain kemudian kita letakkan di tulisan kita. Jika hal demikian kita lakukan, maka angka plagiasi akan tinggi dan tulisan kita pasti tidak diterima.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada satu software yang dapat mengatur referensi dan jaringan sosial akademis, software tersebut adalah mendeley. Masih banyak masyarakat khususnya para akademis belum mengetahui adanya aplikasi ini. Mendeley membantu penulis menemukan publikasi penelitian terakhir. Penulis bisa mencari file referensi seperti buku atau artikel dari jurnal yang berbentuk PDF.

Adapun cara menggunakan mendeley. Kursiguru akan menjabarkan satu persatu menggunakan aplikasi tersebut. Kursiguru menyarankan kamu menggunakan laptop agar lebih mudah menggunakan mendeley. Alangkah baiknya kamu mengunduh aplikasinya di sini.

Cara Menggunakan Mendeley

Panduan Cara Menggunakan Mendeley

Menghubungkan Mendeley Dengan Microsoft Word

1. Setelah kamu menginstal mendeley, silakan dibuka kemudian akan muncul layar seperti di bawah ini

2. Klik menu Tools > Instal Microsoft Word Plugin untuk menghubungkan Microsoft Word. Diusahakan kamu belum membuka file Microsoft Word.

3. Setelah kamu mengeklik Ok, maka plugin mendeley akan terpasang di Microsoft Word secara otomatis. Pada saat membuka Microsoft Word akan muncul tampilan seperti di bawah ini

Memasukkan Data Referensi Ke Mendeley

1. Siapkan bahan referensi seperti junal atau artikel yang berbentuk file pdf

2. Buatlah folder baru dengan memberi judul dari nama artikel atau skripsi kamu

3. Untuk mempercepat memasukkan file, kamu bisa mengedrag file pdf secara bersamaan. Di bawah adalah contoh file yang sudah masuk di dalam folder mendeley

4. Pastikan judul, nama penulis, tahun, dan halaman tertera di kolom sebelah kanan dengan benar. Jika belum tertera belum benar maka kamu harus mengedit secara manual.

Mencantumkan Sitasi dan Referensi Secara Otomatis

1. Memilih style citation yang akan digunakan. Pilih View > Citation Style > Pilih Salah Style

2. Kamu bisa mengunduh style sitasi sesuai keinginan di sini

3. Tulislah nama jurnal yang akan kamu gunakan. Kemudian klik nama jurnal, secara otomatis akan terunduh

4. File jurnal yang sudah kamu unduh letakkan pada folder seperti berikut: Local Disk C > Program Files > Mendeley Desktop > Cytation Styles 1.0

5. Ulangi langkah pertama

6. Pada saat menyisipkan sitasi, klik Ms. Work Klik References > Insert Citation

7. Tulislah nama dari salah satu penulis atau judul artikel, kemudian klik Ok

8. Terakhir untuk membuat daftar pustaka kamu klik References > Insert Bibliography

Itulah beberapa panduan cara menggunakan mendeley secara runtut. Semoga artikel yang Kursiguru susun ini dapat memberikan kemudahan kamu dalam menyelesaikan tugas akhir atau skripsi.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *