Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Biaya Kuliah UKT UGM Semua Jurusan Terbaru [2020]

Biaya Kuliah UKT UGM Semua Jurusan

Biaya kuliah UKT UGM ini dapat digunakan sebagai acuan bagi semua calon mahasiswa dan orang tua calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan disana. Dimana uang kuliah setiap semester untuk setiap jurusan memiliki jumlah yang berbeda-beda. Penentuan uang kuliah juga dilakukan berdasarkan gaji orang tua seorang mahasiswa.

Uang kuliah tunggal atau disingkat sebagai UKT adalah biaya yang perlu dibayarkan seorang mahasiswa kepada pihak universitas untuk masa waktu satu semester. Dimana hal tersebut telah diatur berdasarkan Permendikbud No. 55 Tahun 2013, yaitu setiap mahasiswa hanya membayar satu komponen per semester. UKT biasanya harus dibayarkan saat melakukan daftar ulang untuk mahasiswa baru, dan sebelum dimulainya masa perkuliahan untuk mahasiswa lama. Jumlah UKT akan ditentukan berdasarkan beberapa faktor yang diantaranya adalah pendapatan orang tua per bulan, gaji dan tunjangan, luas tanah, banyak rumah, banyak mobil dan motor, dan beberapa faktor lainnya.

Setelah seorang calon mahasiswa dinyatakan diterima pada sebuah universitas selanjutnya harus melakukan proses daftar ulang. Pada saat itu seorang mahasiswa diharuskan mengisis formulir yang berisi pertanyaan terkait faktor penentuan UKT tadi. Selanjutnya pihak universitas akan memberikan informasi mengenai jumlah biaya yang diberikan pada mahasiswa yang bersangkutan.

Biaya Kuliah UKT UGM Semua Jurusan

Universitas Gadjah Mada atau lebih terkenal dengan sebutan UGM merupakan salah satu PTN favorit yang berlokasi di Yogyakarta. Universitas yang telah berdiri sejak 19 Desember 1949 hingga kini telah memiliki 18 Fakultas yang terbagi menjadi 265 program studi. Sebagai salah satu universitas unggulan di Indonesia, UGM juga telah menggunakan sistem UKT sebagai biaya kuliah setiap mahasiswanya. UKT tersebut juga memiliki jumlah yang sama untuk setiap jalur pendaftaran masuk, jadi untuk mahasiswa yang masuk melalui ujian mandiri pun juga akan dikenai biaya yang sesuai penghasilan orang tua.

Untuk tahun ini, UGM telah memberikan informasi mengenai UKT dalam Surat Keputusan Rektor Nomor 895. Dimana dalam surat tersebut diberikan informasi mengenai rincian biaya pendidikan UGM untuk tahun akademik 2020/2021. Surat tersebut telah mengatur UKT untuk setiap jenjang perkuliahan dan untuk setiap program studi. Dimana UKT untuk jenjang S1 dikelompokan menjadi 8 kelas yaitu dimulai dari kelas I higga kelas VIII, yang nilainya semakin besar untuk setiap kenaikan kelas.

Agar lebih mudah dalam memahami UKT masing-masing jurusan yang ada, anda dapat mendownload secara langsung surat keputusan mengenai UKT UGM melalui link dibawah ini.

Download Rincian UKT UGM Terbaru

Untuk metode pembayaran UTK tersebut, UGM menyediakan sistem pembayaran dengan beberapa cara. Cara-cara yang dimaksud disini yaitu dapat dilakukan dengan membayar ke teller, melalui ATM, dan juga Internet Banking. Sehubungan dengan hal tersebut pihak UGM telah menunjuk beberapa bank untuk menyediakan pelayanan tersebut, diantaranya adalah Bank BNI 46, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri dan juga Bank Syariah Mandiri (BSM). Sebagai catatan file yang kami sediakan memiliki format PDF sehingga anda juga dapat mencetaknya dengan menggunakan printer biasa.

Hal penting lain yang perlu anda ketahui terkait biaya kuliah pada universitas ini adalah tidak adanya perbedaan besaran nilai UKT pada semua jalur pendaftaran masuk. Artinya semua jalur pendaftaran seperti SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri, dan jalur lain akan memiliki sistem pengelompokan UKT yang sama. Namun untuk jalur Ujian Mandiri bisa saja sewaktu-waktu dibebankan uang pangkal, karena memang diperbolehkan jika pihak kampus merasa membutuhkannya.

Demikian pembahasan mengenai biaya kuliah UKT Universitas Gadjah Mada yang dapat Kursiguru sampaikan kepada anda, semoga bermanfaat. Terimakasih dan Selamat Mendaftar.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *