Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ Apa Itu UKT : 3 Jenis, Pengertian, Keunggulan & Cara Hitung

apa itu UKT

Apa Itu UKT – Bagi calon mahasiswa atau mahasiswa sedang berkuliah di perguruan tinggi negeri, tentu harus mengetahui sistem pembayaran terbaru diperguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia. Meskipun wajib dibayarakan, namun sebagian mahasiswa belum mengetahui dengan betul apa itu UKT.

UKT merupakan kepanjangan dari Uang Kuliah Tunggal. Sistem biaya itu sudah digunakan sejak 2013 di seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia. Tepatnya di tanggal 23 Mei tahun 2013, Kemendikbud membuat peraturan menteri No. 55 tahun 2013 mengenai sistem pembayaran UKT.

Sistem pembayaran ini dirasa sederhana dan meringankan mahasiswa. Mahasiswa pun bisa membuat surat permohonan penuruan UKT jika tidak sesuai dengan jumlah pembayaran. Hal itu dikarenakan, pembayaran uang kuliah mahasiswa dari awal semester hingga akhir nominalnya sama rata.

Selain sistem pembayaran tunggal, adapun istilah lain mengenai sistem pembayaran uang kuliah yaitu BKT (UI). Untuk mengetahui secara mendalam semua kebijakan pembayaran uang tersebut, Kursiguru akan menjelaskan semuanya secara lengkap, di bawah ini.

Pengertian UKT

Uang Kuliah Tunggal merupakan peraturan biaya kuliah dari Kemendikbud yang diberlakukan kepada mahasiswa di perguruan tinggi negeri di Indonesia. Melalui sistem ini, mahasiswa tidak dibebani biaya lain selama berkuliah, baik itu jenjang Diploma (D3, D4) maupun Sarjana (S1).

Dengan demikian, kebijakan itu tentunya meringankan biaya studi lanjutan di Indonesia. Selain itu, mahasiswa dari ekonomi kurang mampu juga berpeluang untuk tidak dibebani uang semester (Rp. 0 atau gratis) melalui program beasiswa bidikmisi.

Jenis UKT

Apa bea studi itu ada jenisnya? Ya, berdasarkan jalur masuk universitas besaran tanggungan semester tiap peserta studi bisa berbeda. Jenis uang semster berdasarkan jalur masuknya terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:

UKT Reguler

Jenis reguler dibebankan pada mahasiswa yang masuk ke PTN melalui jalur pendaftaran SNMPTN atau SBMPTN. Biasanya jenis reguler mendapat golongan tengah di dalam penggolongan ongkos studi.

UKT Bidikmisi

Sementara itu, jenis bidikmisi diberikan beban bayar paling rendah. Hal itu karena siswa bidikmisi perlu mendaftarkan dirinya menjadi penerima tunjangan pemerintah bagi keluarga tidak mampu. Besarnya ongkos studi bidikmisi ini mulai dari 0 rupiah hingga maksimal berkisar Rp. 1.000.000.

UKT Mandiri

Disamping itu, masih ada jenis mandiri. Dimana besarnya ongkos studi ini paling besar diantara jenis lainnya. Umumnya jenis ini dibebankan pada siswa yang memiliki orang tua/wali berpenghasilan tinggi.

Keunggulan UKT

Apa sistem pembayaran itu memiliki keunggulan? Tentu saja ada, yaitu memberikan kemudahan mahasiswa untuk memprediksi pengeluaran biaya kuliah tiap semesternya. Besar kecilnya disesuaikan pada masing-masing program studi serta besaran pendapatan orang tua/wali.

Cara Hitung Perkiraan UKT

Apa fungsi melakukan proses hitung? Penghitungan uang kuliah itu bertujuan agar mahasiswa tahu dan mempersiapkan kemungkinan besaran tagihan semester miliknya. Berikut cara penghitungan uang kuliah tunggal:

Mengetahui Apa Itu Golongan UKT

Umumnya, setiap perguruan tinggi negeri memiliki kebijakan tersendiri terkait penentuan golongan uang kuliah tunggal. Sistem golongan biaya kuliah digunakan untuk menyesuaikan kondisi finansial orangtua. Untuk mengetahui golongan, kamu bisa melihat di laman resmi setiap perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Menghitung Pendapatan Orangtua

Untuk memudahkan proses biaya perkuliahan, sebaiknya kamu mengisi jumlah penghasilan bersih orangtua yang sudah dikurangi dengan biaya cicilan atau biaya hidup per bulan. Hal itu dikarenakan sistem UKT tidak mendeteksi tanggungan keluarga kamu. Jadi, kamu harus mengisi penghasilan orangtua yang sudah dikurangan dengan biaya lain-lain.

Mengetahui Kesalahan Penggolongan

Dalam sistem uang kuliah tunggal, sampai saat ini masih terdapat permasalahan golongan. Terkadang jumlah tagihan tidak sesuai dengan pengisian penghasilan orangtua. Untuk mengatasi permasalahan itu, kamu bisa mengajukan permohonan penurunan biaya ke Rektor.

Caranya adalah dengan menyerahkan dokumen pengajuan ke pihak administrasi fakultas. Namun perlu diingat bahwa permohonan bisa memakan waktu cukup banyak, serta belum pasti apa permohonan disetujui atau tidak.

FAQ

Apa UKT dan SPP itu sama?

Serupa, namun terdapat perbedaan dalam proses bayarnya dimana UKT hanya dibayarkan sekali setiap semester sedangkan SPP dibayarkan setiap bulan.

Apa perguruan tingi swasta (PTS) ada yang menggunakan sistem uang semester itu?

Ya, ada beberapa PTS menggunakan biaya kuliah UKT.

Apa bea kegiatan kampus lainnya sudah dicover oleh biaya semester tunggal itu?

Tidak, kegiatan kampus selain pembelajaran dan praktikum tidak dicover.

Akhir Kata

Demikian ulasan Kursiguru mengenai apa itu UKT. Semoga ulasan ini dapat memberikan informasi mengenai sistem pembayaran uang kuliah tunggal di perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.