Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

2 Biaya Kuliah UI BOP Semua Jalur Penerimaan Terbaru [2020]

Biaya Kuliah UI BOP

Biaya kuliah UI BOP terbaru berisi rincian pembagian UKT untuk semua jalur penerimaan. Jalur penerimaan yang dimaksud diantaranya adalah PPKB, SNMPTN, SBMPTN, Talent Scouting, SIMAK UI, dan SIMAK Internasional. Dimana pembayaran UKT di UI sudah menyesuaikan kebijakan Permendikbud No. 73 tahun 2013.

Biaya Operasional Pendidikan atau disingkat menjadi BOP merupakan sistem pembayaran biaya kuliah yang digunakan oleh Universitas Indonesia. BOP sendiri merupakan istilah dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayarkan oleh mahasiswanya setiap semester. Selain BOP, UI menggunakan sistem pembayaran Uang Pangkal (UP). Namun UP hanya dibebankan kepada mahasiswa program Sekolah Vokasi, S1 Paralel, dan S1 Kelas Internasional.

Jalur Masuk Universitas Indonesia

Terdapat beberapa cara atau jalur masuk ke Universitas Indonesia. Jalur masuk tersebut terbagi ke dalam kategori tanpa tes dan kategori melalui tes. Penjelasan lengkap mengenai jalur masuk UI dapat dijabarkan sebagai berikut.

1. Jalur PPKB

Jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) adalah jalur dimana kampus mengirimkan undangan kepada SMA/SMK dari seluruh Indonesia. Tujuan PPKB ini adalah untuk memberikan kesempatan siswa berprestasi dapat mengikuti sekolah Vokasi di kampus UI. Jalur ini termasuk dalam jalur masuk UI tanpa tes.

2. Jalur SNMPTN

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah jenis seleksi masuk PTN yang diselenggarakan pemerintah melalui Kemendiknas untuk proses penerimaan mahasiswa baru program studi S1 reguler. Jalur seleksi ini dilakukan dengan cara serempak di seluruh Indonesia dan menggunakan sistem terpadu. Jalur ini termasuk dalam jalur masuk UI tanpa tes.

3. Jalur Talent Scouting

Jalur masuk UI tanpa tes yang terakhir adalah Jalur Talent Scouting. Sesuai dengan namanya, pihak kampus akan mengirimkan undangan kepada sekolah yang terpilih untuk menunjuk murid berprestasi agar mengikuti program S1 Kelas Khusus Internasional. Siswa yang terpilih harus membuktikan prestasi melalui nilai rapor dan juga prestasi yang telah diraih.

4. Jalur SBMPTN

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah jalur masuk PTN yang dilakukan dengan menggunakan sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Dimana terdapat 3 (tiga) kelompok ujian yang dapat dipilih oleh peserta, yaitu kelompok Saintek, Soshum, dan Campuran.

5. Jalur SIMAK UI

SIMAK atau Seleksi Masuk UI adalah jalur masuk yang disediakan oleh kampus kepada calon mahasiswa untuk mengikuti ujian kemampuan akademik. Penilaian kemampuan akademik dilakukan dengan melalui Tes Kemampuan Dasar (TKD), dan Tes Kemampuan IPA/IPS sesuai dengan prodi yang dipilih.

6. Jalur SIMAK Internasional

Jalir SIMAK Internasional adalah jalur masuk ke kelas Internasional. Jalur tes ini mengharuskan pendaftar melampirkan sertifikasi TOEFL atau IELTS sebagai tanda penguasaan bahasa asing. Materi yang diujikan terbagi menjadi 2 (dua), yaitu Natural Science untuk prodi Saintek dan Social Science untuk prodi Soshum.

Sistem Pembayaran Biaya Kuliah UI BOP

Sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Indonesia No. 513 tahun 2020 tentang pembayaran tarif Uang Kuliah Tunggal (UKT) dilaksanan dengan sistem BOP. BOP sebagai sistem pembayaran UKT dibagi menjadi 2 (dua) kategori, yaitu BOP-B dan BOP-P. Kategori BOP-Berkeadilan atau BOP-B adalah biaya kuliah yang nilainya menyesuaikan dengan kemampuan bayar dari wali calon mahasiswa. Dimana seorang calon mahasiswa baru UI diperbolehkan untuk mengajukan BOP-B dengan cara memberikan gambaran kondisi finansial penanggung biaya. Untuk BOP-B sendiri dibagi menjadi 6 (enam) kelas, mulai dari kelas 1 hingga kelas 6.

Untuk BOP-P atau BOP-Pilihan adalah biaya kuliah yang nilainya didasarkan kepada kesediaan dari wali calon mahasiswa. Dengan memilih BOP-P, seorang calon mahasiswa memiliki kesempatan untuk berkontribusi lebih dalam pendidikan kampus. Besarnya nilai BOP-P adalah lebih besar dari batas maksimal nilai BOP-B. BOP-P terbagi menjadi 3 (tiga) kelas yaitu kelas A, B, dan C. Untuk lebih jelasnya mengenai gambaran biaya BOP, anda dapat mendownload file PDF berikut ini.

Download File Rincian BOP Universitas Indonesia

Demikian informasi yang dapat Kursiguru bagikan mengenai pembayaran biaya kuliah UI yang menggunakan sistem BOP untuk semua jalur masuknya, semoga bermanfaat. Terimakasih dan Selamat Belajar.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *