Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Apa Itu ANBK : Tujuan, Materi, Soal & Keunggulan

APA ITU ANBK

Apa Itu ANBK – Di saat Indonesia dilanda pandemi yang luar biasa, pemerintah mencoba membuat sebuah inovasi di segala aspek. Salah satunya inovasi dalam aspek pendidikan. Pemerintah telah berinovasi agar pendidikan di Indonesia lebih baik salah satunya dengan adanya ujian berbasis komputer.

Di tahun ini, hampir seluruh sekolah mulai dari jenjang SD hingga SMA di Indonesia telah melaksanakan ANBK. Beberapa sekolah ada yang belum melaksanakan dikarenakan terhambat masalah fasilitas seperti komputer atau laptop dan jaringan internet.

Meski pelaksanaan sudah berlangsung, nyatanya masih ada beberapa pihak belum memahami apa itu ANBK. Padahal pemerintah sudah memberikan sosialisasi melalui berbagai media. Lantas apa yang dimaksud dengan asesmen terbaru tersebut?

Pada kesempatan kali ini, Kursiguru mencoba membahas mengenai apa itu ANBK secara tuntas. Pembahasan mulai dari pengertian, tujuan, materi, contoh soal, dan keunggulan. Lebih terangnya, mari kita simak ulasan pembahasan berikut.

Pengertian ANBK

ANBK menjadi sebuah inovasi baru di pendidikan Indonesia. ANBK sendiri merupakan kependekan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Inovasi ini merupakan sebuah trobosan pemerintah dalam mengevaluasi dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Menurut Kemendikbudristekdikti, asesmen ini perlu diselenggarakan guna merancang dan memperbaiki mutu belajar-mengajar di sekolah. Peserta dalam asesmen adalah peserta didik mulai dari jenjang SD hingga SMA.

promo

Tujuan ANBK

Adapun dalam proses berlangsungnya asesmen, terdapat tujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, ada beberapa tujuan berikut ini yang perlu kamu ketahui.

Meningkatkan Mutu Proses Belajar

Asesmen ini diharapkan dapat memperbaiki mutu dalam proses belajar-mengajar. Kendati hal itu, kualitas pendidikan Indonesia perlu ditingkatkan kembali. Jika dalam proses belajar-mengajar berjalan dengan sempurna, tentunya akan menghasilkan peserta didik yang berkualitas.

Baca  10 Bimbel SBMPTN Online Terbaik Gratis & Murah 2022

Meningkatkan Literasi Peserta Didik

Dalam proses berjalannya pelaksanaan asesmen, diupayakan dapat meningkatkan minat baca peserta didik. Diketahui bahwa masyarakat Indonesia masih di bawah sempurna dalam hal literasi. Maka, adanya asesmen ini diharapkan dapat meningkatkan literasi peserta didik.

Meningkatkan Ketajaman Numerasi Peserta Didik

Melalui asesmen juga dapat meningkatkan ketajaman numerasi peserta didik. Perlu adanya ketajaman numerasi seseorang guna memberikan pemikiran yang rasional, kritis, dan sistemasi dalam merampungkan sebuah masalah.

Mengamati Karakter Peserta Didik

Selain ketiga tujuan di atas, asesmen juga memiliki tujuan mengenal dan mengamati karakter peserta didik. Sangat penting seorang guru mengetahui karakter peserta didik agar dalam proses pembelajaran berjalan dengan baik.

Materi ANBK

Ada beberapa materi atau instrumen yang diujikan dalam asesmen. Instrumen itu memuat seperti Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Asesmen Kompetensi Minimum

Asesmen Kompetensi Minimum atau yang sering disingkat AKM merupakan instrumen materi ujian. Asesmen ini bertujuan guna mengevaluasi hasil belajar kognitif peserta didik dalam lingkup literasi membaca dan numerasi. Ada beberapa komponen materi dalam AKM meliputi konten, level kognitif, dan konteks.

Survei Karakter

Selain materi di atas, asesmen juga memuat materi mengenai survei lingkungan belajar. Dalam hal ini, survei lingkungan dilakukan supaya bisa mengukur hasil belajar nonkognitif peserta didik. Materi yang dihadirkan seperti sikap, kebiasaan, nilai-nilai, dan kebiasaan.

Survei Lingkungan Belajar

Materi yang terakhir adalah survei lingkungan belajar. Instrumen ini diadakan guna mengetahui mutu lingkungan belajar di sekolah. Pengukuran dilakukan mulai dari iklim keamanan, inklusivitas, dan kebhinekaan, serta mutu proses pembelajaran di sekolah.

Kumpulan Contoh Soal ANBK

Selanjutnya kita akan mencoba membahas contoh soal Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Contoh soal di bawah ini telah disediakan soal beserta jawaban setiap soalnya.

Contoh Soal ANBK (1)

Kalimat pembuka pidato di bawah ini yang paling benar adalah..
a. Saudara-saudara sekalian yang kami hormati, mohon untuk tidak keberatan jika saya berpidato di acara ini.
b. Untuk menghemat waktu, saya akan mulai membuka acara ini.
c. Saudara-saudara yang saya hormati, saya berterimakasih atas kehadiran saudara di acara ini.
d. Pada hari yang berbahagia ini saya mengucapkan banyak terima kasih, karena saya belum pernah berdiri di mimbar ini.
Jawaban: c

Baca  80+ Contoh Soal ANBK 2022 Beserta Jawabannya, Format PDF

Contoh Soal ANBK (2)

Berikut merupakan usaha untuk menjaga hewan dan tumbuhan yang hampir punah, kecuali…
a. Konservasi
b. Cagar Alama
c. Penangkaran
d. Suaka Margasatwa
Jawaban: c

Contoh Soal ANBK (3)

Siku Ayah berdarah sehingga harus diobati. Makna dari imbuhan ber- pada petikan tersebut adalah…
a. Melakukan pekerjaan
b. Memiliki
c. Sedang dalam keadaan
d. Mengeluarkan
Jawaban: c

Contoh Soala ANBK (4)

Kamu mempunyai sahabat yang berbeda agama, suatu saat kamu kamu diundang menghadiri sebuah hajatan di rumah sahabatmu.
Tindakan baik yang akan kamu lakukan adalah…
a. Pura-pura tidak tahu
b. Menolak dengan alasan ada acara
c. Menghadiri
d. Menelpon dan mengucapkan selamat
Jawaban: c

Contoh Soal Asesmen (5)

Contoh Soal Asesmen 5

Pada warung beras di atas, jenis beras mana yang paling banyak terjual adalah…
a. Rojolele
b. Pandan Wangi
c. Beras Merah
d. IR46
Jawaban: a

Keunggulan ANBK

Setelah mengulas berbagai hal mengenai Asesmen Nasional Berbasis Komputer, mulai dari pengertian, tujuan, materi, dan contoh soal, kita menyimpulkan keunggulan dari asesmen terbaru ini. Dapat kita tarik keunggulannya adalah asesmen berbasis komputer mampu memberi semua informasi yang ada di lingkup sekolah, kelulusan tidak ditentukan dari nilai asesmen, peserta asesmen hanya diikuti 15% dari kelas 8 dan 9, serta guru tidak perlu menyiapkan bank soal layaknya seperti ujian nasional atau ujian sekolah.

FAQ

Apa itu ANBK?

ANBK kependekan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer.

Tujuan ANBK?

Tujuan dari Asesmen adalah meningkatkan mutu pendidikan, meningkatkan literasi peserta didik, meningkatkan ketajaman numerasi peserta didik, dan mengamati karakter peserta didik.

Perbedaan ANBK dan UNBK?

ANBK sebuah bentuk evaluasi kinerja satuan pendidikan, sedangkan UNBK adalah penilaian yang ditujukan kepada siswa untuk kelulusannya.

Akhir Kata

Setelah membaca pembahasan di atas, kalian sudah tahu ya apa itu ANBK. Dari uraian di atas, tentunya sangat penting kita mengetahui asesmen tersebut supaya kita bisa menghadapinya. Harapannya kamu bisa meghadapi ujian dengan percaya diri agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Sumber Gambar : kemdikbud.go.id, kompas.tv

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *