Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

15 Pondok Pesantren Gratis Tanpa Biaya 2022 Seluruh Indonesia

Pondok Pesantren Gratis Tanpa Biaya

Pondok Pesantren Gratis Tanpa Biaya – Memiliki seorang anak yang religius serta aktif dalam aktivitas sosial merupakan impian bagi banyak orang tua. Salah satu caranya adalah dengan mendaftarkan anak ke pondok pesantren.

Apabila berbicara tentang pendidikan, pastinya pikiran yang pertama kali terlintas adalah biaya yang harus dikeluarkan. Namun hal tersebut sudah bukan menjadi masalah dengan kehadiran pondok pesantren gratis tanpa biaya.

Kendati segala pendidikan serta pembelajaran dilakukan secara sukarela, nyatanya pondok pesantren gratis tanpa biaya tersebut masih berkualitas. Jadi tidak ada salahnya mendaftarkan anak guna menempuh pendidikan di dalamnya.

Agar para wali lebih mudah dalam mencari referensi pondok pesantren gratis tanpa biaya, maka pada kesempatan kali ini Kursiguru akan membahasnya. Pastikan kamu menyimak setiap poin pembahasan guna mengenal setiap pondok pesantren.

Daftar Rekomendasi Pondok Pesantren Gratis Tanpa Biaya

Seluruh daftar rekomendasi pondok pesantren gratis pada kesempatan kali ini sudah terbukti memiliki pembelajaran berkulitas. Alhasil, lulusan mampu menggunakan keilmuannya secara bijak.

Berikut beberapa daftar pondok pesantren gratis tanpa biaya:

tisu murah
  • Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman
  • Pondok Pesantren Al Hilal
  • Pondok Pesantren Nurul Huda
  • Pondok Pesantren Darul Musafir
  • Pondok Pesantren Sulaimaniyah
  • Pondok Pesantren Darul Hamid
  • Pondok Pesantren Al-Haqq
  • Pondok Pesantren Darul Qur’an Li Banat Li Tahfidzil Qur’an
  • Pondok Pesantren Rijalul Qur’an Gunungpati
  • Pondok Pesantren Al-Firqoh An-Najiyah Malang
  • Pondok Pesantren Al Isyaraq Kebon Jeruk
  • Pondok Pesantren Darul Islah Jakarta
  • Pondok Pesantren Al Islah
  • Pondok Pesantren Maskanul Huffadz (Khusus Putri)
  • Pondok Pesantren Darul Fikri

1. Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman (Bogor)

Rekomendasi ponpes gratis tanpa biaya pertama datang dari daerah Bogor, yaitu Al Ishriyyah. Semua jenjang pendidikan dibuka secara umum untuk PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA.

Baca  Apa Itu ANBK : Tujuan, Materi, Soal & Keunggulan

2. Pondok Pesantren Al Hilal (Bandung) Gratis Tanpa Biaya

Selanjutnya terdapat ponpes gratis tanpa biaya di daerah Bandung, yaitu, Al Hilal. Semua kegiatan belajar mengajar dilakukan tanpa pungutan apapun dan terbuka bagi anak yatim serta penghafal Al-Qur’an.

3. Pondok Pesantren Nurul Huda (Cidadap)

Masih dengan ponpes di lingkup wilayah Bandung. Kali ini terdapat sebuah pesantren bernama Nurul Huda yang terbuka secara umum bagi anak yatim piatu dan kondisi kurang mampu. Silahkan daftarkan putra putri Anda pada ponpes tersebut.

4. Pondok Pesantren Darul Musafir (Cileunyi) Gratis Tanpa Biaya

Apabila Anda ingin anak menjadi seorang Tahfidz Al-Qur’an, maka ponpes Darul Musafir dapat menjadi pilihan. Pasalnya peserta didik akan diberi pendidikan guna menghafal setiap ayat Al-Qur’an dari awal hingga akhir serta mendalami maknanya.

5. Pondok Pesantren Sulaimaniyah (Seluruh Indonesia)

Kementerian Agama dengan Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam Indonesia selalu bekerjasama guna membuka beasiswa ponpes Sulaimaniyah. Perlu diketahui bahwa pesantren satu ini menjalin kerjasama dengan Turki.

Nantinya santri diharapkan untuk dapat menjadi Tahfidz Qur’an serta mendapatkan kesempatan menuntut ilmu di negara Turki. Tentunya semua biaya pendidikan gratis tanpa pungutan apapun.

6. Pondok Pesantren Darul Hamid (Cimahi) Gratis Tanpa Biaya

Meski terbilang sebagai ponpes baru, Pesantren Darul Hamid sudah dikenal luas masyarakat melalui pendidikan kurikulum terpadu yang digunakannya. Tentu pembelajaran dilakukan gratis tanpa biaya serta terbuka bagi umum.

7. Pondok Pesantren Al-Haqq (Sukabumi) Gratis Tanpa Biaya

Jawa Barat memang kental dengan suasana religius sehingga tidak heran banya pondok pesantren datang dari provinsi tersebut. Salah satunya adalah ponpes Al Haqq yang rutin membuka penerimaan santri baru.

Pembelajaran pada pesantren Al-Haqq dibuka menggunakan beasiswa sehingga orang tua / wali tidak perlu mengelurkan biaya alias gratis. Belum lagi kegiatan belajar juga ditunjang dengan fasilitas yang memadai.

8. Pondok Pesantren Darul Qur’an Li Banat Li Tahfidzil Qur’an (Kudus)

Selanjutnya ada sebuah ponpes khusus putri yang berasal dari Kudus, yaitu Darul Qur’an Li Banat Li Tahfidzil Qur’an. Semua proses belajar mengajar dilakukan secara gratis tanpa biaya, tetapi tetap memberikan fasilitas belajar memadai.

9. Pondok Pesantren Rijalul Qur’an Gunungpati (Semarang)

Ponpes Rijalul Qur’an Gunungpati merupakan salah satu rekomendasi tempat belajar bagi putra putri Anda. Namun perlu dicatat bahwa penerimaan santri gratis tanpa biaya hanya berlaku dengan kuota tertentu.

Kendati demikian, tetap secara umum anak yatim piatu serta (mohon maaf) berasal dari golongan kurang mampu bisa mendaftar. Silakan daftarkan anak Anda pada pondok pesantren tersebut.

Baca  Buku Saku Kebijakan PPDB Jenjang SMP 2022 (Jalur & Prosedur)

10. Pondok Pesantren Al-Firqoh An-Najiyah (Malang)

Apabila Anda memiliki tujuan untuk menyekolahkan anak dengan jenjang SMA sederajat, maka pesantren Al-Firqoh An-Najiyah Malang dapat menjadi pilihan. Pasalnya semua aktivitas belajar mengajar prakti dilakukan secara gratis.

11. Pondok Pesantren Al Isyaraq (Kebon Jeruk)

Ponpes Al Isyaraq merupakan salah satu rekomendasi tempat menimba ilmu atau pesantren di Jakarta. Dengan segala kurikulum Salafiyah yang digunakan, santri akan belajar tentang keilmuan agama.

Selain itu santri juga akan diajarkan bagaimana caranya bersosialisasi melalui beberapa tes ceramah serta kemampuan akademik melalui tes tertulis. Alhasil, lulusan dapat menjadi insan yang mampu menggunakan keilmuannya secara bijak.

12. Pondok Pesantren Darul Islah (Jakarta)

Masih dengan pondok pesantren yang terletak di wilayah Jakarta. Kali ini terdapat sebuah pesantren bernama Darul Islah. Semua pembelajaran serta biaya harian akan ditanggung oleh pihak pesantren. Alhasil, santri dapat belajar secara fokus.

13. Pondok Pesantren Al Islah (Cakung) Gratis Tanpa Biaya

Ponpes Al Islah merupakan salah satu pesantren gratis tanpa biaya yang terbuka secara umum untuk berbagai jenjang pendidikan. Tentunya anak yatim piatu serta (mohon maaf) berasal dari golongan kurang mampu akan diterima dengan tangan terbuka.

14. Pondok Pesantren Maskanul Huffadz (Bintaro)

Satu lagi ponpes khusus putrin yang terbuka untuk umum secara gratis tanpa biaya, yaitu Pesantren Maskanul Huffadz. Pondok pesantren tersebut didirikan oleh artis ternama Oki Setiana Dewi bagi para kaum duafa serta anak yatim piatu.

Setelah diterima di dalam pondok, anak harus belajar secara rajin karena adanya target guna menghafal Qur’an dalam kurun waktu 2 tahun. Belum lagi kuotanya yang terbatas hanya untuk 10 anak berusia 15 hingga 20 tahun.

15. Pondok Pesantren Darul Fikri (Ponorogo)

Ponpes Darul Fikri merupakan rekomendasi pesantren gratis tanpa biaya yang berasal dari daerah Ponorogo. Semua aktivitas belajar mengajar dilakukan tanpa pungutan biaya sehingga orang tua / wali tidak perlu mempersoalkan masalah tersebut.

Nantinya santri akan diarahkan sebagai seorang Tahfidz Qur’an yang berilmu dan berakhlak mulia.

Akhir Kata

Ternyata banyak sekali pondok pesantren gratis tanpa biaya yang bisa dijadikan sebagai tempat menimba ilmu untuk putra putri kita. Silahkan pilih salah satu yang dirasa cocok atau terdekat dengan wilayah.

Apabila nantinya membutuhkan sarana belajar, maka silahkan kunjungi pembahasan kami tentang Materi Tes Pondok Pesantren. Sekian pembahasan dari kursiguru dan semoga bisa memberikan pencerahan.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.