Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

√ Perbedaan AKM dan ANBK : Pengertian, Tujuan, & Pencapaian

PERBEDAAN AKM DAN ANBK

Perbedaan AKM dan ANBK – Kualitas belajar dan mengajar akan sebuah instansi pendidikan memang harus dibuktikan melalui pengujian. Beberapa waktu lalu pemerintah sudah mengeluarkan ANBK sebagai bentuk pengujian tersebut.

ANBK merupakan pengganti dari sebuah sistem ujian lama yang sebelumnya kita kenal dengan UNBK. Dari pengenalan ANBK tersebut, akhirnya muncul istilah baru, yaitu AKM. Hanya saja masih ada beberapa pihak yang mencari perbedaan AKM dan ANBK.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan AKM dan ANBK? Apakah keduanya merupakan satu kesatuan atau masing-masing justru berdiri sendiri? Mungkin hal ini bisa diketahui dengan mudah jika ada informasi mengenai perbedaan AKM dan ANBK.

Agar segala istilah tersebut jadi lebih jelas dan menemui titik terangnya, maka Kursiguru akan mencoba jelaskan perbedaan AKM dan ANBK secara lengkap. Jadi selepas pembahasan ini, kita lebih paham akan makna dari kedua istilah tersebut.

Sekilas Tentang AKM

AKM adalah akronim dari Asesmen Kompetensi Minimum, yaitu sebuah evaluasi yang dilakukan dalam rangka mengembangkan kemampuan dasar siswa. Diharapkan setelah adanya AKM, siswa mampu meningkatkan kapasitas diri dan produktivitas di tengah masyarakat.

AKM sendiri memiliki peran sebagai pengganti UN (Ujian Nasional) yang sudah berlangsung sejak lama. Nantinya hasil dari evaluasi terhadap siswa digunakan sebagai tolok ukur dalam kegiatan belajar selama mengenyam bangku pendidikan.

promo

Instrumen yang digunakan juga berpusat pada pengetahuan siswa mengenai Literasi dan Numerasi selama mengikuti kegiatan kognitif sekolah. Sementara ujiannya sendiri akan disebut sebagai Asesmen Nasional.

Baca  Apa Itu ANBK : Tujuan, Materi, Soal & Keunggulan

Sekilas Tentang ANBK

ANBK adalah akronim atau singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer, yaitu sebuah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengukur mutu satuan pendidikan. Tujuannya adalah melakukan pemerataan terhadap mutu belajar satuan pendidikan di setiap wilayah.

Adapun ANBK ini berlaku untuk semua satuan pendidikan dari berbagai jenjang. Mulai dari satuan pendidikan Dasar (SD/MI) dan Menengah (SMP/MTS dan SMA/SMK/MA). Peserta ANBK sendiri merupakan elemen satuan pendidikan mulai dari Kepala, Pendidik (Guru), dan Peserta Didik (Siswa).

Jika bicara instrumen penilaian, ANBK akan berfokus pada pengujian terkait dengan Asesmen Kompetensi Minimum, Survei Karakter (SK), dan Survei Lingkungan Belajar. Jadi tagetnya menguji mutu satuan pendidikan secara menyeluruh.

Agar lebih jelas mengenai sistematika, serta beberapa keunggulan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer tersebut, maka silahkan kunjungi pembahasan kami sebelumnya, yaitu Apa Itu ANBK. Jadi segala aspeknya bisa dipahami secara mudah.

Perbedaan AKM dan ANBK Secara Lengkap

Setelah melihat beberapa pengertian dari kedua istilah di atas, maka bisa kita simpulkan beberapa perbedaan yang mendasar. Agar lebih jelas, kita akan buatkan perbedaan dalam bentuk perbandingan dari berbagai sudut pandang.

Berikut beberapa perbedaan AKM dan ANBK dari berbagai sudut pandang.

1. Perbedaan Tujuan AKM dan ANBK

Dari segi tujuan, bisa ketahui perbedaannya dimana Asesmen Kompetensi Minimum dilakukan untuk evaluasi siswa sedangkan ANBK sebagai evaluasi mutu belajar satuan pendidikan.

2. Perbedaan Peserta AKM dan ANBK

Dari segi peserta, AKM akan diikuti oleh sebagian siswa kelas 5, 8, dan 11 saja. Sementara untuk ANBK diikuti seluruh elemen satuan pendidikan mulai dari Kepala, Guru, hingga Siswa.

3. Perbedaan Instrumen Penilaian AKM dan ANBK

Sementara dari instrumen penilaian, AKM akan menggunakan pengujian literasi dan numerasi. Sementara ANBK akan menggunakan Asesmen Komptensi Minimum, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

4. Perbedaan Kategori Pencapaian AKM dan ANBK

Sementara untuk kategori pencapaian sendiri bisa kita lihat pada tabel di bawah untuk letak perbedaannya.

Baca  3 Cara Menggunakan Mendeley Terbaru Pakai Laptop 2022
PerbedaanANBKAKM
TujuanEvaluasi mutu belajar dari satuan pendidikanEvaluasi hasil belajar siswa
Peserta– Kepala Satuan Pendidikan
– Pendidik (Guru)
– Peserta Didik (Siswa)
Peserta Didik (Siswa) Kelas V, 8, dan 11
35 siswa per Satuan Pendidikan Dasar
45 siswa per Satuan Pendidikan Menengah
Instrumen Penilaian– Asesmen Komptensi Minimum (AKM)
– Survei Karakter (SK)
– Survei Lingkungan Belajar
– Pengujian Literasi
– Pengujian Numerasi
Kategori Pencapaian1. Perlu Intervensi Khusus
2. Dasar
3. Mahir
4. Cakap
1. Perlu Intervensi Khusus
2. Dasar
3. Cakap
4. Terampil
5. Perlu Ruang Kreasi

Dari perbedaan di atas bisa disimpulkan bahwasanya Asesmen Kompetensi Minimum merupakan instrumen penilaian dari ANBK. Jadi keduanya merupakan satu kesatuan dimana AKM sebagai instrumen pengujiannya sedangkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer sebagai payung kegiatannya.

Perbedaan ANBK dan UNBK dari Berbagai Sudut Pandang

Apabila ingin membuat perbedaan, maka perbandingan antara ANBK dan UNBK akan lebih sesuai mengingat keduanya merupakan sama-sama payung kegiatan evaluasi pendidikan. Agar lebih mudah dipahami, berikut beberapa perbedaan antara ANBK dan UNBK.

1. Perbedaan Peserta

Peserta UNBK sebelumnya hanya terdiri dari siswa sekolah saja untuk berbagai jenjang SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK/MA. Sementara ANBK berlaku bagi seluruh elemen satuan pendidikan mulai dari kepala, guru, dan siswa.

2. Perbedaan Kuantitas Peserta

Jumlah peserta siswa dalam UNBK adalah keseluruhan siswa dari kelas 6, 9, 12. Sementara untuk ANBK sendiri hanya berupa sampel, kemudian pesertanya sendiri terdiri dari beberapa siswa kelas 5, 8, dan 11.

3. Perbedaan Jangka Waktu Pelaksanaan

Dalam hal pelaksanaan, UNBK membutuhkan waktu 4 hari agar semua kegiatan evaluasi berjalan sepenuhnya. Sementar ANBK hanya membutuhkan waktu 2 hari saja untuk menyelesaikan seluruh kegiatan evaluasi.

4. Perbedaan Praktik Pelaksanaan

Sebelumnya UNBK berfokus pada kegiatan semi daring dalam pelaksanaannya. Sementara ANBK sudah full online (full daring), semi daring, serta luring khusus bagi beberapa satuan pendidikan yang belum memiliki fasilitas online memadai.

Akhir Kata

Sekarang sudah jelas mengenai perbedaan AKM dan ANBK dari berbagai sudut pandang. Jadi nantinya siswa tidak akan menjumpai Ujian Nasional lagi. Sementara untuk satuan pendidikan akan dilakukan kegiatan ANBK sebagai pengganti UNBK.

Sekian pembahasan tentang perbedaan Asesmen Kompetensi Minimum dan Asesmen Nasional Berbasis Komputer dari Kursiguru. Nantikan informasi menarik seputar dunia pendidikan lainnya dari kami. Semoga pembahasan ini bisa membantu kalian dalam memahami ANBK.

Sumber Gambar: Tribunnews.com

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *