Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Analisis Kompetensi PAI Kelas 7 Semester 1 & 2 2021

Analisis Kompetensi PAI Kelas 7

Analisis Kompetensi PAI Kelas 7 – Sebagai pengajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP), seorang guru perlu merancang ataupun menyusun analisis kompetensi. Dimana analisis kompetensi tersebut merupakan sebuah perangkat dokumen yang memiliki fungsi cukup penting dalam kegiatan belajar mengajar.

Hal ini dikarenakan analisis kompetensi ialah salah satu administrasi yang menjadi titik awal dalam pendidikan penguatan karakter. Dengan mengetahui analisis kompetensi, guru akan memiliki gambaran kerangka pembelajaran yang sesuai dengan minat, bakat serta karakter para peserta didik.

Tentunya penyusunan analisis kompetensi tersebut harus dilakukan oleh semua guru dalam mata pelajaran apapun, termasuk Pendidikan Agama Islam (PAI). Idealnya, penyusunan analisis kompetensi baik itu Kompetensi Dasar (KD) ataupun Kompetensi Inti (KI) dilakukan di saat awal tahun pelajaran.

Salah satu alasannya yaitu supaya pengajar mempunyai gambaran terkait keterkaitan materi ajar dengan KI serta KD yang telah disusun. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit penjelasan mengenai analisis kompetensi PAI kelas 7 disertai link downloadnya.

Pengertian Analisis Kompetensi

Seperti dijelaskan sebelumnya, penyusunan analisis kompetensi diperlukan guna menunjang administrasi guru saat melangsungkan kegiatan belajar mengajar. Selain itu, analisis kompetensi juga menjelaskan kegiatan pembelajaran yang menjabarkan materi sesuai mata pelajarannya.

Di dalam analisis kompetensi, biasanya terdapat beberapa komponen seperti pengetahuan, keterampilan serta sikap atau tingkah laku seorang pelajar. Oleh sebab itu, analisis kompetensi sebagai perangkat pembelajaran harus dimiliki oleh seorang guru agar proses belajar mengajar dapat berjalan lancar sesuai perencanaan.

Komponen Analisis Kompetensi

Pada dasarnya, analisis kompetensi merupakan salah satu bagian dari SILABUS. Dimana silabus sendiri merupakan sebuah pedoman dalam pengembangan pembelajaran sehingga kerap dijadikan sebagai dasar pembuatan rencana pengelolaan kegiatan belajar mengajar, baik itu daring ataupun luring.

Sebagaimana diketahui, analisis kompetensi PAI kelas 7 SMP/MTS memiliki 2 komponen penting, yaitu Kompetensi Inti (KI) serta Kompetensi Dasar (KD). Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik penjelasan masing-masing jenis kompetensi tersebut di bawah ini.

Kompetensi Inti

Kompetensi Inti ialah tingkat kemampuan dalam mencapai Standar Kompetensi Kelulusan (SKL) yang harus dimiliki pelajar dalam setiap tingkat kelas ataupun program yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar. Dimana SKL tersebut biasanya meliputi aspek pengetahuan, sikap serta keterampilan.

Kompetensi Dasar

Sementara Kompetensi Dasar ialah sebuah kapabilitas pelajar seperti sikap, pengetahuan serta keterampilan yang mengacu pada Kompetensi Inti (KI). Jadi, pada intinya kedua kompetensi ini memiliki keterkaitan satu sama lain. KD dikembangkan dengan memperhatikan sejumlah aspek karakteristik, kemampuan awal pelajar sampai ciri dari suatu mata pelajaran.

Analisis Kompetensi PAI Kelas 7

Setelah mengetahui beberapa komponen di dalam analisis kompetensi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 7, selanjutnya anda juga harus mengetahui ringkasannya. Perlu diketahui, biasanya analisis kompetensi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas 7 pada semester 1 hingga semester 2 memiliki keterkaitan.

Di dalam analisis kompetensi PAI kelas 7 SMP/MTS terdapat penjelasan mengenai aktivitas atau kegiatan belajar peserta didik guna mencapai kompetensi. Selain itu, analisis kompetensi juga menjelaskan bagaimana teknik dan bentuk instrumen penilaiannya. Berikut adalah penjelasan keterkaitan masing-masing komponen tersebut.

Aktivitas Belajar Siswa

  • Mengamati.
  • Menanya.
  • Eksperimen atau explore.
  • Asosiasi.
  • Komunikasi.

Teknik Instrumen Penilaian

  • Tugas.
  • Observasi.
  • Portopolio.
  • Tes.

Pada intinya, materi ajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas 7 semester 1 hingga semester 2 yaitu mendalami Q.S. Al-Mujadilah (58) : 11 serta Q.S. Ar-Rahman (55) : 33. Maka dari itu, melalui analisis kompetensi tersebut diharapkan membantu guru saat melangsungkan kegiatan belajar mengajar.

Download Analisis Kompetensi PAI Kelas 7

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai ringkasan analisis kompetensi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 7 semester 1 sampai 2 kurikulum 2013. Selanjutnya, di bawah ini juga akan kami berikan link download analisis kompetensi PAI kelas 7 dalam format Word.

Akhir Kata

Dari ulasan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa analisis kompetensi mata pelajaran Pendidikan Agam Islam dan Budi Pekerti kelas 7 berisikan dua komponen utama, yaitu Kompetensi Dasar (KD) serta Kompetensi Inti (KI). Dimana kedua komponen tersebut memiliki keterkaitan antara satu sama lain guna menunjang kelancaran kegiatan belajar mengajar.

Itulah sekiranya pembahasan dari Kursiguru seputar analisis kompetensi PAI kelas 7 semester 1 hingga 2 mulai dari ringkasan hingga link unduhannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai referensi ketika sedang mencari analisis kompetensi Pendidikan Agama Islam kelas 7 SMP/MTS.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.