Bahtiar Seorang guru aktif di salah satu sekolah ternama di Indonesia. Yang sekarang juga aktif menulis di website https://www.kursiguru.com/.

√ Komponen RPP 1 Lembar K13 Kemendikbud Terbaru PDF [2021]

Komponen RPP 1 Lembar K13

Komponen RPP 1 Lembar K13 – akan membahas seputar berbagai unsur yang berkaitan dengan isi RPP. Dimana komponen dari RPP terus mengalami perubahan seiring pergantian kurikulum pendidikan. Hal itu membuat guru harus mampu mengikuti perkembangan ilmu dalam menyusun RPP, termasuk memahami komponennya.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau lebih dikenal sebagai RPP di kalangan guru, merupakan sebuah pedoman bagi guru di semua jenjang pendidikan dalam melaksanakan proses pembelajaran. RPP dapat di ibaratkan sebagai catatan seorang guru tentang bagaimana proses yang akan Ia lakukan nantinya.

Susunan dari isi dan komponen RPP sendiri akan mengikuti jenis kurikulum yang digunakan oleh sekolah atau pemerintah. Seperti untuk saat ini, sebagian besar sekolah masih menggunakan RPP kurikulum k13. Padahal pemerintah melalui Kemendikbud telah mengeluarkan kebijakan RPP 1 lembar.

Ya, kamu tidak salah baca, RPP beserta seluruh komponen di dalamnya kini bisa dibuat dalam 1 lembar kertas saja. Dimana RPP 1 lembar mengambil komponen paling utama dari RPP k13. Jika kamu belum mengetahui apa saja isi komponen RPP 1 lembar tersebut, silakan langsung simak penjelasan dari Kursiguru di bawah.

Komponen RPP 1 Lembar K13

Perubahan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

RPP sebagai sebuah produk perencanaan yang disusun berdasarkan SILABUS, dimana keduanya mengalami perubahan sejalan dengan pergantian kurikulum pendidikan. Dimana RPP dari kurikulum k13 tersusun atas 14 komponen utama, padahal RPP KTSP hanya memiliki 11 komponen saja.

Awalnya penambahan komponen RPP k13 dibuat agar siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar. Namun, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, menganggap RPP itu memberikan beban lebih pada para guru. Itulah sebabnya RPP k13 dikompres sedemikian rupa menjadi RPP 1 lembar.

Komponen RPP Terbaru

Meskipun seolah berbeda, namun RPP 1 lembar dan RPP K13 pada dasarnya memiliki pondasi yang sama. Untuk lebih jelasnya, simaklah komponen RPP K13 berikut ini.

Komponen RPP K13

Pada kurikulum K13, rencana pelaksanaan pembelajaran harus memuat:

– Nama/identitas sekolah tempat RPP digunakan.
– Jenis/nama mata pelajaran (Mapel).
– Keterangan kelas/jenjang serta semester saat RPP tersebut dirancang.
– Materi utama/inti.
– Pengalokasian lamanya waktu proses belajar.
– Kompetensi Inti (KI).
– Kompetensi Dasar (KD).
– Indikator tercapai atau tidaknya KD.
– Tujuan akhir proses belajar.
– Materi atau isi bahan ajaran.
– Metode pada proses belajar-mengajar.
– Media dan sumber materi pengajaran.
– Langkah kegiatan belajar-mengajar.
– Penilaian selama proses belajar-mengajar.

Sebelum adanya kebijakan terbaru, seluruh guru harus menyertakan seluruh komponen tersebut pada RPP yang dirancangnya.

Komponen RPP 1 Lembar K13

Namun, pada RPP 1 lembar komponen RPP K13 dipersingkat menjadi 3 (tiga) komponen utama saja, yaitu:

1. Tujuan Pembelajaran.

2. Kegiatan Pembelajaran.

3. Asesmen Pembelajaran.

Selain ketiga komponen utama di atas hanya dijadikan komponen tambahan. Artinya seorang guru boleh saja memasukkan komponen lainnya namun tidak menjadi masalah jika tak menyertakannya.

Perbandingan RPP

Untuk bisa memahami lebih lanjut mengenai perbandingan komponen RPP 1 lembar dan RPP k13, kamu bisa mendownload kedua berkas tersesbut pada link di bawah ini. Berkas yang kursiguru sediakan berbentuk file PDF, sehingga bisa kamu cetak langsung setelah didownload.

Download Contoh RPP K13

Download Contoh RPP 1 Lembar K13

Jika dibandingkan secara langsung maka akan tergambarkan betapa mudahnya menyusun RPP 1 lembar dibanding menyusun RPP biasa. RPP 1 Lembar juga lebih fleksibel sehingga bisa digunakan pada metode belajar-mengajar daring atau online.

Sekiranya itulah informasi dari kursiguru seputar komponen RPP 1 lembar dengan dasar kurikulum K13. File di atas juga bisa kamu gunakan sebagai bahan acuan untuk menyusun RPP di kemudian hari. Menurut kursiguru sendiri, RPP 1 lembar adalah terobosan besar dalam dunia pendidikan di Indonesia, karena lebih efisien bagi guru serta efektif bagi murid.

Bahtiar Seorang guru aktif di salah satu sekolah ternama di Indonesia. Yang sekarang juga aktif menulis di website https://www.kursiguru.com/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *