Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

100 Gambar Mewarnai Garuda Pancasila: Arti, Cara Mewarnai & Lagu

Gambar Mewarnai Garuda Pancasila

Gambar Mewarnai Garuda Pancasila – membahas mengenai contoh sketsa 2 dimensi hitam putih yang bisa dipakai berlatih. Untuk anak TK dan SD, tentunya sangat menyenangkan menggambar dan mewarnai apalagi jika ditemani oleh gurunya ataupun orang tuanya.

Kali ini kursiguru.com akan memberikan contoh gambar mewarnai burung garuda anak TK dan SD. Dimana tema ini sangat menarik dan memang patut untuk dipelajari oleh anak-anak TK.

Pasalnya mewarnai gambar pensil Garuda Pancasila menjadikan anak-anak kita tahu betapa pentingnya makna dari lambang Pancasila dan burung garuda bagi negara Indonesia yang kita cintai. Mewarnai atau yang dikenal juga dengan sketsa merupakan sebuah aktivitas yang mampu mengembangkan imajinasi anak-anak di usia dini.

Sebaiknya ketika anak-anak disuruh untuk mewarnai sketsa burung garuda dan lambang pancasila. Kita sebagai pendidik dan orang tua menjelaskan pula makna dari lambang pancasila dan burung garuda.

Contoh Gambar Mewarnai Garuda Pancasila

Buat guru TK dan SD yang sedang mencari contoh gambar mewarnai burung Garuda Pancasila yang bisa di print dan hasilnya bagus. Maka bisa download gambar mewarnai Garuda Pancasila yang sudah dihimpun oleh kursiguru.com dan sudah pilih yang kualitasnya bagus.

Cara Mewarnai Burung Garuda Pancasila

Selain contoh di atas, para guru harus juga mengajarkan bagaimana cara mewarnai gambar burung Garuda Pancasila dengan baik dan benar. Dimana contoh gambar mewarnai burung Garuda Pancasila yang benar adalah seperti di bawah ini.

Contoh Mewarnai

Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila

Makna

Makna dari lambang Garuda Pancasila umumnya menggambarkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Dimana para pendiri bangsa sangat tahu betul bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman suku dan budaya, sehingga mereka memilih lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila.

Baca  20 Gambar Mewarnai Untuk Anak Tema Kemerdekaan 17 Agustus

Itu arti secara keseluruhan sedangkan jika dimaknai secara bagian tubuh Garuda Pancasila. Bisa kalian simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Lambang Garuda Pancasila

1. Kepala

Kepala pada burung Garuda Pancasila yang menghadap ke arah kanan memiliki makna kebajikan.

2. Perisai

Burung Garuda Pancasila memiliki perisai pada bagian dadanya, dimana perisai ini memiliki arti menyatukan sila pertama sampai ke lima.

3. Pita di Kaki

Garuda Pancasila pada bagian kakinya mengapit sebuah pita yang bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika“. Dimana arti semboyan tersebut adalah “Berbeda Beda tetap Satu Jua“. Semboyan ini memberikan gambaran sebuah persatuan dan kesatuan semua suku di negara Indonesia yang kita cintai.

4. Pangkal Leher dan Ekor

Garuda Pancasila juga mempunyai makna lain di bagian pangkal leher serta ekornya. Dimana arti dari jumlah bulu di pangkal leher serta ekor Garuda Pancasila melambangkan tahun berdirinya NKRI yaitu tahun 1945.

5. Sayap

Selain tahun, Garuda Pancasila memiliki makna tanggal di bagian sayap yaitu sejumlah 17 helai. Hal itu melambangkan tanggal berdirinya negara Indonesia yaitu pada 17 Agustus. Itulah kenapa setiap 17 Agustus semua masyarakat memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia.

6. Ekor

Bagian tubuh Garuda Pancasila dengan makna terakhir adalah ekornya. Di ekor Garuda Pancasila ada 8 helai bulu yakni sebagai lambang bulan kemerdekaan Indonesia di bulan Agustus.

Pengertian Simbol Pancasila

Setelah tahu makna dari bagian tubuh Garuda Pancasila, selanjutnya anak-anak TK maupun SD juga perlu tahu pengertian simbol Pancasila di gambar mewarnai Garuda Pancasila. Arti dari masing-masing simbol gambar mewarnai di dalam tameng Garuda Pancasila adalah sebagai berikut:

1. Bintang

Bintang sebagai simbol sila pertama Pancasila yang mempunyai bunyi “Ketuhanan yang Maha Esa” mempunyai makna bahwa semua masyarakat Indonesia menjunjung tinggi ketuhanan sebagai cahaya kehidupan bangsa.

Baca  12 Contoh Soal Pengamalan Pancasila & Pembahasan [Download]

2. Tali Rantai

Tali dan juga Rantai di sila kedua Pancasila mempunyai bunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” dengan makna bahwa warga negara Indonesia selalu bersama-sama serta membutuhkan satu sama lain.

3. Pohon Beringin

Pohon Beringin yang memberikan keteduhan di dunia nyata juga menjadi simbol Pancasila yakni pada sila ketiga dengan bunyi “Persatuan Indonesia“, artinya sampai kapan pun NKRI akan tetap bersatu padu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.

4. Kepala Banteng

Di sila keempat ada simbol Kepala Banteng serta memiliki bunyi Pancasila “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan“. Artinya kita semua harus selalu melaksanakan musyawarah saat mengambil suatu keputusan.

5. Padi dan Kapas

Pancasila sila kelima sendiri mempunyai simbol Padi dan Kapas beserta bunyinya “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia“. Makna simbolis padi dan kapas dalam Pancasila adalah negara wajib menjamin semua kebutuhan utama semua masyarakatnya.

Lirik Lagu Garuda Pancasila

Lagu Garuda Pancasila diciptakan oleh Sudharmoto sebelumnya lagu tersebut diberi judul Mars Pancasila. Sampai pada tahun 1950 diganti menjadi lagu Garuda Pancasila. Berikut lirik lagu Garuda Pancasila:

Garuda pancasila

Akulah pendukungmu

Patriot proklamasi

Sedia berkorban untukmu

Pancasila dasar negara

Rakyat adil makmur sentosa

Pribadi bangsaku

Ayo maju maju

Ayo maju maju

Ayo maju maju

Garuda pancasila

Akulah pendukungmu

Patriot proklamasi

Sedia berkorban untukmu

Pancasila dasar negara

Rakyat adil makmur sentosa

Pribadi bangsaku

Ayo maju maju

Ayo maju maju

Ayo maju maju

Akhir Kata

Demikian pembahasan dari Kursiguru seputar mewarnai gambar Garuda Pancasila disertai cara mewarnai, arti lambang, simbol hingga lirik lagu Garuda Pancasila. Sekali lagi penulis ingatkan untuk para guru ataupun orang tua harus memberikan pelajaran Garuda Pancasila sebagai dasar NKRI sedini mungkin, agar terwujud kemakmuran bangsa kita.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.