Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

7 Gambar Bangun Ruang Prisma Segitiga & Jaring-Jaring

Gambar Bangun Ruang Prisma Segitiga

Gambar Bangun Ruang Prisma Segitiga – membahas mengenai berbagai hal terkait salah satu jenis bangun ruang dasar yakni prisma segitiga. Dimana prisma segitiga bisa digambarkan pada sebuah kertas biasa ataupun buku kotak asalkan tahu contohnya.

Advertisements

Ilmu matematika di tingkat sekolah dasar yaitu SD serta MI tentu saja tak dapat lepas dari materi mengenai bangun datar maupun bangun ruang. Dimana ketika mempelajari tentang bangun ruang, para peserta didik wajib memahami bentuk, gambar hingga ciri-ciri seluruh bangun ruang.

Salah satu dari berbagai jenis bangun ruang yang nantinya perlu dipelajari murid sekolah dasar adalah bangun prisma segitiga. Maka sudah seharusnya baik guru, siswa maupun orang tua tahu bagaimana contoh gambar prisma segitiga tersebut.

Advertisements

Oleh karena itu, di sini Kursiguru hendak memberikan pembahasan seputar bangun ruang prisma segitiga, mulai dari gambar dasar, jaring-jaring beserta ciri sebuah prisma segitiga. Pembahasan lengkap terkait gambar prisma segitiga bisa kamu simak di ulasan berikut ini.

Apa Itu Prisma Segitiga

Sebelum membahas mengenai gambar bangun ruangnya, di sini penulis hendak menjelaskan terlebih dulu pengertian apa itu prisma segitiga. Prisma segitiga mempunyai pengertian sebagai sebagai bangun ruang dengan jumlah sisinya sebanyak 5 (lima).

Kelima sisi bangun ruang prisma segitiga terbagi menjadi 1 alas, 1 atas serta 3 sisi tegak. Dimana sisi alas serta atas dari sebuah prisma segitiga memiliki bentuk dan juga ukuran yang sama persis. Prisma segitiga dapat dibentuk dari sebuah balok atau kubus, kemudian dipotong di bagian diagonal.

Baca  10 Contoh Soal Refleksi : Pengertian, Jawaban & Pembahasan Lengkap

Ciri-Ciri Bangun Prisma Segitiga

Selanjutnya penulis hendak memberi penjelasan mengenai ciri sebuah bangun ruang prisma segitiga. Dimana gambar bangun ruang segitiga mempunyai setidaknya 5 (lima) ciri atau sifat seperti berikut ini.

  • Memiliki 5 (lima) sisi, yaitu 2 sisi segitiga sebagai alas & atas dan 3 sisi tegak di bagian samping.
  • Ketiga sisi tegak prisma segitiga bisa berbentuk persegi maupun persegi panjang.
  • Memiliki 9 (sembilan) rusuk, yaitu 6 rusuk mendatar & 3 rusuk tegak.
  • Memiliki 6 (enam) titik sudut.
  • Bisa dibentuk dari sebuah kubus maupun balok yang dipotong di bagian diagonal.

Jenis Prisma Segitiga

Karena bentuk alasnya adalah bangun datar segitiga, maka bangun ruang prisma segitiga terbagi menjadi 3 (tiga) jenis yaitu :

  • Bangun ruang prisma segitiga siku-siku.
  • Bangun ruang prisma segitiga sama sisi.
  • Bangun ruang prisma segitiga sama kaki.

Memahami jenis prisma segitiga perlu dilakukan agar tidak kesulitan saat harus mencari nilai luas permukaan, volume ataupun luas alasnya.

Gambar Bangun Ruang Prisma Segitiga

Setelah paham dengan gambaran materi tentang bangun ruang prisma segitiga di atas, selanjutnya kamu perlu tahu bagaimana bentuk gambar prisma segitiga. Berikut adalah beberapa gambar prisma segitiga yang sudah penulis ambil dari berbagai sumber.

1. Gambar Prisma Segitiga Siku-Siku

Gambar Prisma Segitiga Siku Siku

Keterangan :
– AD = BE = CF
– Sudut siku-siku = C & F

2. Gambar Prisma Segitiga Sama Sisi

Gambar Prisma Segitiga Sama Sisi

Keterangan :
– DE = DF = EF
– AB = AC = BC
– AD = BE = CF

Advertisements

Gambar Prisma Segitiga Sama Kaki

Gambar Prisma Segitiga Sama Kaki

Keterangan :
– AB = AC
– DE = DF
– AD = BE = CF

Gambar Pembentukan Prisma Segitiga Melalui Bangun Ruang Balok

Pembentukan Prisma Segitiga Dari Sebuah Balok

Keterangan :
(a) = gambar balok
(b) = gambar pemotongan balok menjadi dua buah prisma segitiga
(c) = gambar hasil pemotongan yakni prisma segitiga

Baca  √ 50 Contoh Soal AKG Terbaru 2021 : Download PDF & Pembahasan

Gambar bangun ruang prisma segitiga hanya bisa dipahami sepenuhnya apabila kamu telah paham tentang bangun datar segitiga. Oleh karena itu, sebaiknya simaklah juga penjelasan Kursiguru mengenai Gambar Bangun Datar.

Gambar Jaring-Jaring Prisma Segitiga

Selain beberapa contoh gambar di atas, di sini penulis hendak memberi contoh gambar jaring-jaring prisma segitiga.

1. Gambar Jaring-Jaring Bangun Prisma Segitiga Siku-Siku

Jaring Jaring Bangun Prisma Segitiga Siku Siku

2. Gambar Jaring-Jaring Prisma Segitiga Sama Sisi

Jaring Jaring Bangun Prisma Segitiga Sama Sisi

3. Gambar Jaring-Jaring Prisma Segitiga Sama Kaki

Jaring Jaring Prisma Segitiga Sama Kaki

Akhir Kata

Demikian bahasan Kursiguru seputar contoh gambar bangun ruang prisma segitiga dan jaring-jaringnya untuk siswa SD serta MI. Semoga setelah membaca penjelasan terkait bangun ruang prisma segitiga di atas, kamu bisa mendapat gambaran terkait bentuk prisma segitiga.

Advertisements

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *