Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.

15 Contoh Soal Translasi Lengkap 2020 : Download Word & PDF

Contoh Soal Translasi

Contoh Soal Translasi – akan kita bahas di kesempatan kali ini. Contoh soal ini diperuntukkan bagi kamu yang sedang duduk di bangku SMA sederajat. Kursiguru akan membagikan contoh soal translasi secara cuma-cuma bagi kamu. Selain itu, kamu bisa mengunduh atau mendownload secara mudah dan tentunya gratis. Sebelum mengunduh contoh soal, Kursiguru akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai apa itu translasi.

Translasi sendiri termasuk di dalam 4 macam transformasi geometri. Transformasi diartikan dengan suatu perubahan yang dilakukan sebuah benda. Jika kamu pernah melihat film transformer pasti melihat sebuah mobil yang bisa berubah menjadi robot.

Jika diartikan di dunia geometri matematika, transformasi adalah perubahan yang terjadi dalam geometri. Transformasi geometri (Geometric Transformation) merupakan pengubahan posisi atau perpindahan posisi koordinat tertentu, posisi awal G (x, y) ke posisi lainnya G’ (x’, y’). Dimana besar perubahan akan ditentukan penambahan nilai dalam soal.

Pengertian Translasi

Translasi atau kata lain dari pergeseran merupakan materi yang ada di dalam pelajaran matematika SMA. Translasi berasal dari bentuk transformasi yang dilakukan secara geometri dari persamaan maupun titik pada koordinat kartesius. Koordinat kartesius merupakan penggambaran dari berbagai macam grafik persamaan. Koordinat kartesius berupa komponen horizontal (sumbu x) dan vertikal (sumbu y).

Selain di pelajaran matematika SMA diartikan sebagai persamaan, translasi  diartikan sebagai perubahan objek dengan menggeser objek dari posisi ke posisi lainnya dengan jarak tertentu. Untuk menentukan hasil objek sangat mudah hanya dengan melalui translasi. Kita bisa menambahkan absis dan ordinat melalui jarak tertentu sesuai ketentuan.

Rumus Translasi

Seperti kalimat di paragraf di atas, untuk menentuk hasil objek melalui translasi sangatlah mudah. Caranya adalah  menambahkan besaran absis serta ordinat dengan nilai tertentu sesuai dengan ketentuan soal. Perhatikan gambar di bawah ini.

Contoh Translasi Mudah

Gambar di atas merupakan contoh translasi atau pergeseran koordinat (A menjadi A’) dan (P menjadi P’). Kita dapat ketahui bahwa translasi hanya mengubah sebuah koordinat sesuai dengan nilai yang ditambahkan. Untuk ukuran hasilnya tetap sama. Translasi memiliki rumus umum, yaitu:

G’ (c’,d’) = (c , d) + (v , w)

atau bisa juga diperjelas menjadi,

G’ = G + (v , w)

G'(c’ , d’) = (c , d) + (v , w)

G'(c’ , d’) = [(c+v) , (d+w)]

Keterangan:

Penggunaan huruf (x,y) lebih umum digunakan daripada (c,d) seperti di atas. Namun, hal itu tidak merubah dasar dari rumus matematisnya.

Meskipun terlihat sederhana, tapi ketika mengerjakan soal translasi seperti di atas harus menggunakan ketelitian tingkat tinggi. Karena jika tidak teliti akan menyebabkan kesalahan hasil.

Contoh Soal Translasi

Sesuai judul di artikel ini, Kursiguru akan memberikan atau membagikan contoh soal translasi. Ada sejumlah 15 butir soal di bawah ini. Kursiguru menyertakan pembahasan di beberapa butir soal. Dimana kamu bisa mempelajarinya dengan mudah. Kamu bisa mengunduh atau mendownloadnya dengan mudah dan tentunya gratis. Bentuk file dari soal translasi di bawah adalah PDF serta Word, jadi contoh soal ini juga bisa kamu cetak menggunakan printer biasa.

Download Soal Translasi PDF

Download Soal Translasi [PDF]

Download Soal Translasi Word

Download Contoh Soal Translasi [Docx]

Demikian, artikel mengenai contoh soal translasi yang bisa Kursiguru berikan. Semoga dengan adanya contoh soal di atas bisa menambah kemampuan kamu di mata pelajaran matematika. Selain itu, bisa mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru maupun nanti saat mengikuti ujian masuk seleksi kuliah di perguruan tinggi negeri. Sebagai informasi tambahan, ilmu translasi ini juga dipakai oleh berbagai jurusan yang berhubungan dengan desain lho.

Aditya Setyawan Seorang Pengajar Di Salah Satu Sekolah Swasta Di Indonesia. Sedang Melanjutkan Program Magister Di Perguruan Tinggi Swasta. Selain Menulis Di Kursiguru.com, Tulisan-tulisan Penulis Juga Tersebar Di Beberapa Surat Kabar Lokal.